Teknologi Pendidikan

Definisi Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah bidang yang luas. Saat ini kita dapat menemukan banyak definisi, beberapa di antaranya saling bertentangan. Teknologi pendidikan dapat dianggap sebagai desain ilmu atau sebagai kumpulan kepentingan penelitian yang berbeda akan isu-isu fundamental belajar mengajar dan organisasi sosial. Namun demikian, ada beberapa hal/unsur yang sebagian besar peneliti dan praktisi mungkin setuju, yaitu :

1. Prinsipnya adalah penggunaan/pemanfaatan teknologi : Teknologi berarti aplikasi sistematis dari pengetahuan ilmiah untuk tugas-tugas praktis. Oleh karena itu, teknologi pendidikan didasarkan pada pengetahuan teoritis diambil dari berbagai disiplin ilmu (komunikasi, pendidikan, psikologi, sosiologi, filsafat, kecerdasan buatan, ilmu komputer, dll) ditambah pengetahuan pengalaman yang diambil dari praktik pendidikan.

2. Teknologi pendidikan bertujuan untuk meningkatkan pendidikan. Teknologi harus memfasilitasi proses pembelajaran dan meningkatkan kinerja sistem pendidikan juga berkaitan dengan efektivitas dan/atau efisiensi.

Beberapa sumber awal definisi teknologi pendidikan dari berbagai sumber lainnya :

Definisi Lain dari Berbagai Sumber

Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktek untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran. Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses dan sistem dalam belajar dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem lain yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.

Sumber: Kubuka.net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: