‘TAWURAN’ Ala Siswa SMK di Depok

Pada Jum’at 28 September 2012 pukul 14.30 siang di lantai utama Depok Town Square (DETOS) telah terjadi lagi ‘TAWURAN’ yang melibatkan puluhan siswa SMK di sekitar Kota Depok. Terlihat sekitar 20an siswa dari 10 SMK yang ada di wilayah Kota Depok itu saling ‘bertarung’ untuk mengalahkan lawan-lawannya. Selama 30 menitan para ‘jagoan’ SMK tersebut dengan seragam khas sekolahnya masing-masing itu bertarung untuk mengalahkan lawan-lawannya yang berasal dari sekolah kejuruan sejenis seolah mereka tidak ingin memberikan kesempatan kepada sang lawan untuk memenangkan pertarungan.

Dengan bersenjatakan obeng, lempengan motherboard, processor, casing, RAM/memory, dan hardisk, serta peralatan lainnya seolah menjadi senjata mematikan untuk menaklukkan sang lawan. Yaa…TAWURAN lagiii….!!! Namun, pada akhirnya setelah lelah bertarung mereka akhirnya malah mendapat applause dari para penonton yang hadir serta mendapatkan hadiah dari para sponsor semisal pengusaha komputer dan juga ucapan selamat dari Wakil Walikota Depok Bpk.KH Moh.Idris Abdul Shomad beserta Kabid Pendas (Plt.Disdik Depok) Bpk. Moh.Nurdin, S.Pd, MM. Lohhh..koq bisa gitu???

Ternyata…eh…ternyata ‘TAWURAN’ yang dimaksud adalah akronim dari TArung untuk WUjudkan Remaja ANdal…hehehe….!!! Jadi, sebenarnya yang terjadi adalah telah diadakan sebuah kegiatan yang digagas oleh Depok Cyber Community (Pimpinan Bpk. Rudi Malau-Giant Computer dan Pak Subhan, S.Pd-Guru Seni Budaya SMP Negeri 14 Depok) bersama APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia-pimpinan Ibu Rachmawaty) dan beberapa sponsor lain semisal Dinas Pendidikan Kota Depok serta tentunya restu dari Pemda Depok lewat beberapa pejabat Kota Depok yang hadir. Ajang tersebut diberi nama Lomba Merakit PC secara Cepat antar Siswa SMK se-Kota Depok 2012 yang bertempat di DETOS.

Kegiatan tersebut berbarengan dengan ‚hajatan‘ APKOMINDO yang sedang mengadakan Computer Sale 2012 yang mengambil tema Dengan Penyelenggaraan Computer Sale Kita Sukseskan Kota Depok Sebagai Kota Cyber. Momen tersebut dirasa sangat tepat untuk mendukung gerakan penyuksesan salah satu misi Kota Depok yang disebut Cyber City.

Akhirnya pada lomba yang diikuti 10 SMK di Kota Depok tersebut telah melahirkan lima pemenang yaitu SMK YPPD, SMKN 1 Depok, SMK Citra Negara, SMK Kesuma Bangsa, dan SMK Bina Rahayu. Hadiah yang sangat bermanfaat tentunya telah mereka terima dari sponsor kegiatan. Dan yang tidak kalah menarik adalah para undangan yang hadir di DETOS tersebut semisal para Kepala Sekolah SMP, SMA, SMK, para guru pendamping, para pejabat Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan dan DPRD Kota Depok juga mendapatkan hadiah undian dari kartu undangan yang telah diberi nomor seri oleh panitia. Hadiah tersebut antara lain berupa Tablet PC, Flashdisk 16 Gb, Speaker Aktif, dll seolah ingin melengkapi kepuasan para pejuang pendidikan di lingkungan Kota Depok.

Namun demikian, menurut penulis ada hal lain yang tidak kalah penting adalah pesan moral yang kuat yang dapat mengembalikan citra baik siswa SMK maupun siswa SMA yang beberapa pekan terakhir menjadi pembicaraan nasional di media TV dan media massa dengan kejadian tawuran antar siswa di beberapa kota di Indonesia. Dan yang lebih mengerikan lagi ada korban jiwa dalam kejadian tawuran tersebut. Sungguh miris melihatnya!!!

Namun ada yang membuat kita tersenyum sekaligus bangga jika kita melihat para siswa SMK/SMA bertarung secara jantan di ‘ring’ yang jauh lebih fair dan bermartabat semisal keberadaan Kegiatan Lomba Rakit PC antar siswa SMK tadi. Kegiatn tersebut seolah ingin membuktikan bahwa masih banyak cara untuk menunjukkan bahwa siswa SMK (maupun SMA) bisa tetap tegak berdiri dengan banyak prestasi yang bisa diukir lewat berbagai event. Kegiatan di atas adalah hanya menjadi salah satu contoh kegiatan positif bagi para siswa SMK/SMA yang seharusnya dapat diteladani bagi siswa lainnya yang sederajat.

Kekuatan ‘menaklukkan hawa nafsu’ untuk menunjukkan kehebatan pemuda saat ini bisa dilakukan secara jauh lebih elegan dibanding mereka bertarung di jalanan untuk ‘beradu otot’ setelah tidak cukup puas berjam-jam di sekolah ‘beradu otak’ yang seolah mereka telah melupakan pembentukan WATAK.

Berita ini penulis sampaikan lewat guraru dengan harapan bahwa siswa SMK maupun SMA masih punya banyak alternatif pilihan kegiatan yang dapat menyalurkan energi positif mereka sekaligus sebagai wadah pembentukan karakter seperti kerja keras, siap bersaing, memiliki lifeskills, kerjasama, siap menerima kekalahan, dan tidak jumawa karena kemenangan. Harapan tadi akan terwujud asalkan seluruh stakeholders (para orangtua siswa, guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, pemerintah daerah dan didukung kekuatan pengusaha swasta yang peduli) mau dan mampu menyisihkan waktunya untuk memberikan perhatian lebih pada para generasi penerus bangsa ini.

Untuk melihat gambar berupa foto-foto kegiatan bisa di klik kiri dan kanan pada tanda panah foto di atas artikel ini!

Sedangkan jika ingin melihat sekilas videonya bisa dilihat di bawah ini:

Wahai siswa SMK dan SMA tunjukkan dirimu bahwa kalian adalah kekuatan masa depan bangsa ini!!! Dig Potency Get Achievement!!! Gali Potensi Raih Prestasi!!!

Salam TAWURAN (TArung untuk WUjudkan Remaja ANdal)!!!

‘TAWURAN’ Ala Siswa SMK di Depok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: