Cara Asyik Belajar Sejarah dengan TIK

Foto Tampilan Autoplay UMKITIK benar-benar memberikan manfaat yang begitu besar dalam penciptaan pembelajaran yang PAKEM sekaligus dapat membawa para peserta didik mau dan mampu menyelami hikmah dari belajar sejarah. Bukan sekedar memahami urutan kejadian, bukan sekedar hapalan materi sejarah itu sendiri. Namun, lebih daripada itu pengkondisian siswa untuk bisa merasakan betapa beratnya perjuangan para pendahulu mereka terutama saat berupaya keras mempertahankan kemerdekaan negeri ini dari belenggu penjajahan dunia, idealnya dapat dirasakan oleh para siswa. Dalam konteks ini penulis ingin berbagi pengalaman terutama ketika penulis mencoba untuk mengkondisikan atau mengorkestrasikan pembelajaran sejarah bertema ‘Upaya Mempertahankan Kemerdekaan RI’ dengan memanfaatkan TIK.


Pembelajaran sejarah dilakukan dengan memanfaatkan berbagai aplikasi antara lain: Autoplay Media Studio, Ms.Power Point untuk kuis penutup, Microsoft Mouse Mischief untuk kompetisi menjawab soal antar kelompok, GOM Player untuk menjalankan Video Cuplikan Film Perjuangan, File Sound tipe mp3 dan tipe WAV, Mindjet MindManager Pro 7 untuk membuat Mind Map, serta satu laptop bagi tiap kelompok (ada 8 kelompok).

Secara rinci urutan pembelajaran atau orkestrasi pembelajaran sejarah berlangsung sebagai berikut ini:

1. Guru membuka file autorun autoplay untuk menampilkan tombol-tombol pembelajaran “Upaya Mempertahankan Kemerdekaan RI”, maka akan terlihat 8 tombol (dengan background gambar pasukan Gerilya Jenderal Soedirman dengan anak buahnya) yang siap diklik untuk memandu jalannya pembelajaran. Tombol-tombol tersebut terdiri dari: A.Pendahuluan, B. Question, C. Video-Foto, D. Kerja Kelompok, E. Lembar NHT, F. Soal Mouse Mischief, G. Kuis Power Point, dan tombol Musik On/Off untuk menjalankan Minus One “Maju Tak Gentar,

2. Tombol A. Pendahuluan
Diawal pembelajaran guru membuka file bertipe mind map yang berisi tentang materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan tersebut, tujuan dari pembelajaran, serta bentuk kegiatan yang harus dilaksanakan siswa agar tujuan pembelajaran tercapai,

3. Sebelum pembelajaran inti dimulai guru mengajak siswa membawakan lagu perjuangan “Maju Tak Gentar” dengan mengandalkan file mp3 minus one yang telah disediakan guru, mengajak seluruh siswa berdiri sambil membawakan lagu perjuangan tersebut dengan penuh semangat,

4. Tombol B. Question
Dimanfaatkan guru untuk memancing pengetahuan awal siswa tentang “Upaya Mempertahankan kemerdekaan RI” lewat tayangan beberapa pertanyaan yang menarik siswa dalam bentuk tampilan power point, Terlihat beberapa siswa beradu cepat untuk memberikan jawaban yang menurut mereka paling tepat.

5. Tombol C. Video-Foto
Dimanfaatkan guru untuk menampilkan beberapa slide power point berisi foto-foto sejarah proses perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI, cuplikan video film perjuangan, serta cuplikan ceramah suara Bung Tomo yang membakar semangat perjuangan, Banyak tanggapan dari siswa ketika melihat beberapa foto masa perjuangan, terutama juga saat menyaksikan cuplikan film perjuangan yang menurut mereka cukup seru dan yang menggemaskan mereka adalah penampilan para pemeran penjajah yang membuat mereka begitu geregetan seolah para siswa ingin sekali ikut berperang di dalamnya, saat mendengarkan suara pidato Bung Tomo banyak siswa yang berpendapat bahwa suara beliau begitu keras dan sangat bersemangat untuk menyerukan ‘Merdeka atau Mati’,

6. Tombol D. Kerja Kelompok
Dimanfaatkan guru untuk menampilkan file mind map (sambil beberapa siswa mengambil file tsb dari flashdisk yang disediakan guru dan juga lembar rangkuman materi sebagai bahan mengisi mind map tadi) yang harus diisi tiap kelompok serta file NHT interaktif menggunakan SmartNotebook 10.7 untuk mengundi penampilan kelompok/siswa,

Adapun kegiatan ini secara rinci sebagai berikut : Siswa belajar dan bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang dengan masing-masing kelompok membawa satu laptop, mengisi mind map kosong yang filenya sudah disediakan guru yang kemudian diisi oleh tiap kelompok di laptopnya masing-masing,setelah selesai diisi dipresentasikan dan tanya jawab oleh tiap kelompok (dalam proses ini guru memanfaatkan Model NHT interaktif untuk memilih kelompok dan siswa mana yang akan presentasi atau bertanya-jawab),selama proses pembelajaran berlangsung guru menilai kinerja siswa dengan memanfaatkan rubrik penilaian proses Lembar NHT.

Dengan mengerjakan mind map tersebut para siswa terkondisi untuk ‘berani’ mengambil kata kunci dan gambar yang cocok, sehingga mereka tidak ‘tersiksa’ lagi jika melihat isi buku teks yang nampak begitu banyak yang mereka harus hapal. namun, dengan mind map digital dengan mudah mereka memahami isi materi ajar terutama tahapan perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan melalui dua cara yaitu perjuangan diplomasi dan bersenjata.

Pada saat presentasi dan diskusi tanya jawab terlihat bahwa siswa tidak lagi canggung dalam membawakan materi karena mereka terkondisi untuk menyampaikan materi sesuai dengan bahasa mereka yang tidak harus selalu sama dengan isi buku. Jadi, mereka cukup mengandalkan kata kunci yang kemudian mereka kembangkan dengan kalimat mereka sendiri terutama saat menjelaskan proses perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI,

7. Tombol E. Lembar NHT
Dimanfaatkan guru untuk menampilkan lembar pengamatan guru untuk menilai ‘pergerakan’ siswa selam proses pembelajarn sehingga seluruh siswa mengetahui bahwa setiap tindak tanduk mereka diamati oleh gurunya,

8. Tombol F. Soal Mouse Mischief
Setelah sesi mind map tadi guru mengajak tiap kelompok berkompetisi menjawab soal dengan memanfaatkan Miscrosoft Mouse Mischief yang dalam prakteknya tiap kelompok memegang satu mouse di meja khusus dimana tiap kelompok diwakili oleh satu orang siswa untuk menjawab soal di layar LCD, sungguh mengasyikkan melihat para wakil siswa menggerakan simbol mouse mereka berseliweran untuk memilih jawaban yang paling pas, sementara rekan mereka di kelompok begitu riuh bersuara ikut memberikan saran untuk memilih jawaban,

9. Tombol G. Kuis Penutup Interaktif (Power Point)
Dimanfaatkan guru untuk menampilkan beberapa pertanyaan lisan sebagai kuis penutup pembelajaran tentang materi ajar yang sebelumnya telah dibahas, sehingga mengkondisikan siswa untuk berlomba dalam menjawab pertanyaan guru yang ditampilkan di layar LCD berupa slide power point yang interaktif, para siswa tinggal meminta gambar dengan warna apa yang ingin mereka munculkan dimana dibalik tiap gambar atau warna tersebut jika di klik akan memunculkan pertanyaan yang harus mereka jawab secara cepat dan tepat. Terlihat siswa begitu antusias untuk berebut menjawab dari pertanyaan yang muncul apalagi timer terus bergerak sehingga seluruh siswa ingin secepatnya menjawab soal kuis tersebut,

10. Pada bagian akhir guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dengan mengajak seluruh siswa berdiri memberikan applause yang meriah untuk kelompok terbaik tersebut, saat terakhir guru berpesan bahwa kegiatan pembelajaran akan dilanjutkan di pertemuan berikutnya dengan harapan kelompok atau siswa yang belum sempat tampil akan mendapatkan gikirannya di pertemuan berikutnya.

Dari pengalaman penulis mempraktekkan model pembelajaran orkestrasi sejarah tersebut di atas khsusunya di kelas IX.3 dan IX.4 SMP Negeri 14 Depok terlihat bahwa seluruh siswa sangat antusias dan memiliki keasyikan tersendiri terkondisi untuk belajar dan bekerja dalam satu kelompok. Terutama yang paling menyenangkan bagi guru adalah seluruh siswa terkondisi untuk ‘berjuang’ mencapai hasil yang terbaik seolah mereka mampu ‘menterjemahkan’ saat-saat di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan negeri ini.

Sedangkan video beberapa momen pembelajaran bisa dilihat di :

1. Video ketika siswa berkompetisi dengan siswa lain memanfaatkan Mouse Mischief


2. Video demo cara memanfaatkan autoplay media sejarah

Artikel terkait:
1. Mindjet MindManager dan Microsoft Mouse Mischief
2. Autoplay Media Studio

Semoga bermanfaat!!! Salam Guraru!!!

Iklan

4 responses

  1. terimakasih untuk informasinya

    1. Iya sama-sama semoga bermanfaat! 🙂

  2. […] mempraktekkan pembelajaran IPS-Sejarah di kelas 9 dengan teknik Autoplay dan Flipbook […]

  3. GOOD. VERRY GOOD. TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: