TTS Touchscreen Ala Devlas

Terinspirasi oleh beberapa rekan guru di guraru.org yang telah berhasil menciptakan pembelajaran yang menyenangkan siswanya dengan menggunakan teknik Teka Teki Silang atau yang disingkat TTS. Bahkan gara-gara membaca artikel di guraru yang bertema TTS penulis menjadi penasaran dan dalam beberapa momen penulis berupaya menggunakan aplikasi yang memang diperuntukkan bagi penyusunan TTS semisal Hot Potatoes, Crossword Forge, dan Eclipse Crossword.

Kali ini penulis ingin berbagi pengalaman seputar pemanfaatan TTS yang dikreasikan menjadi media belajar bertipe layar sentuh atau touchscreen, dimana penulis memanfaatkan asisten proyektor dan aplikasi smartnotebook 10.7 yang didalamnya sudah ada template yang diperuntukkan bagi penggunaan ‘Crossword’ atau TTS dalam pembelajaran.

Keunikan daripada pemanfaatan template ‘Crossword’ ini adalah pada penggunaanya yang interaktif bagi siswa dimana siswa tidak ‘mendatangi’ laptop untuk mengerjakan TTS tetapi mereka langsung menyentuh permukaan whiteboard untuk berinteraksi dengan TTS yang telah guru buat dengan memanfaatkan aplikasi smartnotebook 10.7. Pada beberapa kesempatan penulis telah mencoba mempraktekkan media belajar TTS Touchsreen ini di kelas IX sebagai misal saat mengajar di Kelas IX.1 SMP Negeri 14 Depok (yang kadang-kadang nama sekolah kami ini dibuat bahasa ‘slank’ oleh para siswa dengan sebutan DEVLAS yang artinya Depok Empat Belas).

Adapun langkah penyusunan pembuatan TTS Touchscreen ini cukup mudah dengan hanya membuka template yang telah ada di smartnotebook 10.7 kita tinggal mengedit atau mengisi sepuluh answer atau jawaban beserta kesepuluh clues yang diperlukan bagi siswa untuk menebak kata apa yang seharusnya mereka tulis baik secara mendatar atau menurun. Bentuk menurun dan mendatarnya tergantung dari karakter yang diinput ke masing-masing kotak ‘word‘ maupun kotak ‘clue’. Jika kesepuluh pasangan kotak tersebut selesai diisi maka kita tinggal mengklik ‘Generate’ sehingga akan muncul Crossword atau TTS yang siap diisi.

Nah, cara mengisi Crossword tersebut dilakukan oleh sepasang siswa yang memanfaatkan pen infra merah dengan terlebih dahulu memunculkan ‘Smart Keyboard’ yang berguna bagi pengetikan karakter huruf ke masing-masing kotak TTS.

Setelah dipraktekkan pemandangan pembelajaran interaktif mulai nampak ketika sebelum mengisi TTS para siswa secara bergiliran mendapatkan kesempatan secara acak diundi oleh guru untuk maju ke depan kelas untuk mendatangi whiteboard dan menjelaskan terlebih dahulu materi pelajaran yang akan di-TTS-kan semisal Bab tentang Globalisasi dan Modernisasi Kelas IX pada mata pelajaran IPS SMP. Dimana materi tersebut dirangkum dan diubah menjadi Mind Map atau peta pikiran yang interaktif dengan memanfaatkan aplikasi Mindjet Mind Manager Pro 7.

Pengundian siapa saja sepasang siswa yang akan maju dilakukan guru dengan memanfaatkan smartnotebook 10.7 yang memungkinkan guru dapat secara otomatis tanpa mengucapkan suara untuk memilih siswa mana yang akan tampil. Dengan hanya sekali klik maka tombol akan bergerak berseliweran memilih sendiri siswa yang akan terpilih. Nama templatenya adalah Random Name Picker yang berfungsi secara otomatis mampu menampung sejumlah nama siswa di satu page seperti sejumlah empat puluh siswa di kelas.

Jika sudah terpilih sepasang siswa yang tampil maka siswa-siswi tersebut akan mempresentasikan terlebih dahulu materi pelajaran tadi dengan mind map interaktif. Setelah selesai mendengarkan sepasang siswa tadi mempresentasikan materi ajar maka guru mengundi lagi dengan Random Name Picker untuk memilih sepasang siswa lagi yang akan mengisi TTS secara bergantian dalam kondisi bekerja sama untuk mengisi setiap nomor baik menurun maupun mendatar di TTS tersebut.

Terlihat siswa senang sekali menggerakkan pen infra merah mereka untuk mengisi TTS touchscreen tersebut. Apalagi jika mereka berhasil mengisi satu kata yang mereka tebak sesuai dengan clue yang telah disediakan. Setiap meng-klik satu nomor atau angka maka clue-nya secara otomatis akan muncul di pojok kanan template Crossword.

Ada beberapa nama siswa yang mendapat perhatian lebih dari penulis selaku guru dikarenakan mereka sangat aktif dan begitu percaya diri ketika berpresentasi dan saat mengisi TTS Touchscreen tersebut. Sebut saja misalnya Ivan Abdurahman, Aprilia Choirunnisa, Shinta Novebi, dan Putia. Mereka cukup pandai merangkai kata-kata dan memiliki kepercyaan diri yang cukup untuk berbicara di depan kelas sehingga teman-teman mereka memahami apa yang mereka sampaikan.

Sedangkan jika ingin melihat video praktek pembelajarannya bisa dilihat di:

1.Video praktek TTS Touchscreen.bisa anda lihat dibawah ini:

2. Video praktek presentasi dengan Mind Map Interaktif (touchscreen) bisa anda lihat di bawah ini:

3. Video praktek cara panggil siswa dengan Random Name Picker bisa anda lihat di bawah ini: 

Sedangkan Foto-foto kegiatannya bisa anda lihat di bawah ini!

TTS Touchscreen Ala Devlas

Iklan

7 responses

  1. Mantap…maju terus Pak Taufik…selamat terus membuat karya

    1. Trims Pak Heru! Salam buat teman-teman di NF Kelapa Dua!

  2. pak sekalian ya pak ntar taro video anak 7.4 nya .
    hehehe

  3. wah saya baru liat blog bapak. devlas semakin berinovasi begitupun guru nya, #software nya keren pak

    1. Wah..Risna, apa kabar? Trims ya telah mampir di blog ini! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: