The Real Quantum Learning

Terinspirasi oleh rekan-rekan guru yang telah menulis artikel tentang Quantum Learning (QL) maupun Quantum Teaching (QT), maka penulis teringat lagi oleh pengalaman pelatihan QL di bulan Oktober dan November 2007 yang lampau. Sejak mengenal strategi praktek nyata QL maupun QT di kelas penulis sangat terinspirasi untuk mempraktekkan hasil pelatihan tersebut secara nyata di SMPN 14 Depok dengan mengkombinasikannya dengan TIK.

Kita sudah banyak membaca dan mempelajari teori-teori terkait pembelajaran tentang Quantum Learning yang dipopulerkan oleh Bobi De Potter. Nah, kali ini penulis ingin berbagi pengalaman terkait ha-hal yang sifatnya teknis sekaligus trik pelaksanaan pembelajaran ala QL yang terkenal itu.

Berawal dari Pelatihan Quantum Learning bagi guru-guru di Kota Depok yang dipandu oleh guru-guru muda nan enerjik dari sebuah komunitas yang dinamakan Konsorsium Pendidikan Islam-Surabaya yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok serta Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, maka penulis merasa cukup beruntung mendapat tugas dinas untuk mengikuti pelatihan tersebut selama 4 (empat) hari yang bertempat di Grha Insan Cita Depok. Selama itu kami para guru SD, SMP, dan SMA baik swasta maupun negeri mendapatkan materi yang sangat berharga bagi guru untuk secara praktis dapat melaksanakan pembelajaran Quantum Learning di kelas masing-masing.

Adapun materi yang kami terima ada 3 (tiga) bagian besar yaitu Super Memory System (SMS), Mind Mapping, dan Speed Reading. Untuk artikel kali ini penulis sementara akan berbagi untuk materi yang pertama yaitu Super Memory System atau yang disingkat SMS. Konten materi SMS ini terdiri dari 4 sistem yaitu Sistem Cerita, Sistem Pengganti, Sistem Lokasi, dan Sistem Angka.

Selama pelatihan kami dilatih untuk praktek langsung dengan sesama rekan guru di ruangan untuk membuktikan berbagai teori yang telah kami kenal sebelumnya terkait QL. Suasana pelatihan yang menyegarkan sangat terasa sehingga pelatihan yang berlangsung setiap harinya mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 5 sore selama 4 hari tersebut tidak terasa membebankan.

Sejak mengenal praktek nyata QL tersebut penulis berusaha untuk mensosialisaikannya melalui peringkasan materi praktek QL termasuk QT ke dalam bentuk materi presentasi yang berguna bagi rekan guru lainnya untuk dengan mudah memahami materi konten Quantum Learning. Tugas beratnya adalah meningkatkan motivasi kita sebagai guru untuk mau dan mampu mempraktekkannya di beberapa momen pembelajaran di kelas.

Oleh karena keterbatasan pengetahuan keterampilan penulis untuk menampilkan materi persentasi QL tersebut di web guraru ini maka untuk lebih jelasnya bisa dilihat di:

1. Pengertian SMS

2. Sistem Cerita

3. Sistem Pengganti

4. Sistem Lokasi

5. Sistem Angka

Semoga bermanfaat!

To be continued with Tips Menjadi Seorang Quantum Teacher

Salam Quantum!

www.taufikibrahim.wordpress.com

The Real Quantum Learning

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: