Berbagi di Pakuan

Bagai hadiah kedua setelah Selasa 30 Oktober 2012 bersyukur atas milad penulis yang ke-40 dengan epsiode ‘1 HARI = 4 KUE + 4 LAGU ULTAH + 4 MAKE A WISH’, sehari setelah milad tepatnya pada Rabu 31 Oktober 2012 penulis mendapatkan kesempatan berharga untuk ‘Sharing ‘n Growing Together’ bersama para akademisi semisal Rektor, Dekan, Dosen, Mahasiswa S1 dan S2, serta para guru SD, SMP, SMA di wilayah Kota Bogor yang sempat hadir di acara ‘Seminar Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Layar Sentuh’ yang diadakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khususnya Jurusan Pendidikan Biologi sebagai sebuah rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut ulang tahun Universitas Pakuan Bogor.

Pada acara seminar tersebut kebetulan penulis mendapatkan amanah untuk menjadi pembicara tunggal setelah tiga bulan sebelumnya berkoordinasi dengan panitia seminar dengan menghubungi penulis lewat sebuah pertemuan di SMPN 14 Depok. Setelah secara intensif berhubungan dengan panitia seminar lewat sms dan email, akhirnya…alhamdulillah acara tersebut berjalan lancar seperti apa yang telah disiapkan oleh panitia dan juga pihak sponsor dari PT. Satu Solusi Intermedia Utama yang berkantor di Jakarta Timur. Perusahaan tersebutlah yang memproduksi asisten proyektor ‘Vimeo’ yang beberapa tahun terakhir sudah dimanfaatkan bagi pembelajaran di seluruh SMP Negeri di Kota Depok termasuk di sekolah tempat penulis mengabdi.

Acara tersebut berlangsung mulai dari pukul 08.30 dengan diawali oleh penampilan pembuka berupa hiburan Perkusi dan Tari Jaipong yang dibawakan secara atraktif oleh Tim Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP-UNPAK Bogor. Pembukaan yang menarik tersebut menjadi kajian sang Rektor ketika DR. H. Bibin Rubini, M.Pd menyampaikan kata sambutan di awal seminar tersebut. Pesan beliau yang menurut penulis paling berkesan adalah bahwa di setiap langkah kehidupan kita selayaknya selalu ingat akan kebesaran Allah SWT dan juga beliau meminta kepada seluruh akademisi terutama para Dosen dan Mahasiswa untuk memberikan apresiasi yang tinggi terhadap hasil karya anak bangsa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Setelah menyampaikan sambutan pembuka sang Rektor melakukan sesi pemukulan gong sebagai tanda peresmian kegiatan seminar tersebut. Dan lagi-lagi sang Rektor mengeluarkan petuah motivasi buat seluruh audiens yang hadir di ruangan seminar tersebut berupa pesan bahwa bunyi gong tadi berarti gung yang berasal dari kata Agung yang bermakna keagungan Tuhan.

Acara inti di seminar tersebut terdiri dari dua bagian besar yaitu Bagian 1 penulis mendapatkan kesempatan untuk memaparkan tentang inovasi pembelajaran yang menggunakan media layar sentuh. Sedangkan bagian 2 dimotori oleh sang moderator yang merangkap sebagai fasilitator yaitu Pak Kurniawan untuk mendemonstrasikan media pembelajaran layar sentuh.

Dan akhirnya bagian ke 1 dimulai setelah hampir satu jam pembukaan dilalui maka penulis mendapatkan giliran untuk tampil. Diawali penyampaian profil pembicara oleh moderator, tibalah saatnya bagi penulis untuk menyampaikan materi seminar yang intinya adalah tentang inovasi media pembelajaran berbasis layar sentuh. Sebagai ‘sentuhan’ pertama di awal penyampaian materi seminar penulis mencoba untuk membawa peserta seminar agar lebih rileks dari sebelumnya dengan membawakan sebuah lagu ‘Karena Cinta’ milik Joy Tobing/Delon (Juara Indonesian Idol ke 1). Dengan memanfaatkan aplikasi ‘Van Bascos Karaoke’ terdengarlah musik midi karaoke untuk memperdengarkan musik pengiring. Terlihat sesaat ketika penulis membawakan lagu tersebut sebagai besar peserta ikut bersenandung karena memang lagu tersebut cukup familiar bagi mereka.

Setelah cukup nyaman dengan ‘sentuhan’ pembuka tadi penulis memulai materi seminar dengan menyampaikan urutan materi yang akan diterima oleh peserta semisal: Background, ICT Literate, Zon Vs Ozon, Why Must Innovation, Innovation at Devlas, The Inspiration, serta The Strategy. Ketujuh subjudul tersebut dibuat penulis untuk memudahkan pemahaman peserta bahwa dengan mengikuti seminar tersebut insya Allah akan mendapatkan materi-materi tersebut. Inti dari ketujuh materi tersebut ada di subjudul Innovation at Devlas dimana di bagian ini penulis menjelaskan inovasi apa saja yang sejauh ini telah dan akan terus dikembangkan di SMPN 14 Depok. salah satu bagian yang cukup menarik perhatian manakala peserta seminar menyaksikan beragam video pembelajaran dari para siswa devlas yang berinteraksi dengan media layar sentuh yang sudajh dua tahun terakhir dimanfaatkan sebagai media belajar di beberapa mata pelajaran semisal IPS, TIK, bahkan Pendidikan Agama.

Dengan strategi penyampaian materi yang sarat dengan muatan Quantum Learning semisal gambar, simbol, warna, suara, garis lengkung, efek, video contoh pembelajaran layar sentuh, lagu, dan lain-lain menjadi ‘trigger’ bagi munculnya berbagai pertanyaan yang muncul dari banyak peserta. Kondisi ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi penulis selaku penyaji materi untuk dapat menjawab semua pertanyaan dengan harapan penjelasan yang telah diberikan dapat memuaskan peserta seminar.

Bagian kedua menjadi waktu bagi Pak Kurniawan untuk mendemonstrasikan beragam slide contoh praktek pembelajaran biologi dengan layar sentuh. Hadirnya dua layar yaitu Whiteboard biasa sebagai media uji coba layar sentuh dan layar lebar ditengah panggung yang berguna bagi seluruh audiens yang hadir untuk dapat melihat apa yang terjadi di depan terasa sangat membantu. Sekitar 20-an slide media belajar layar sentuh yang telah disediakan menjadi daya tarik peserta untuk merasakan sendiri sensasinya belajar dan mengajar dengan layar sentuh. Dengan menjanjikan hadiah bagi peserta yang aktif akan mendapatkan bingkisan menarik dari panitia dan pihak sponsor menjadikan para peserta begitu antusias untuk maju ke depan ‘mencicipi’ media layar sentuh tersebut. Peserta yang menonton di ruangan aula tersebut juga ikut riuh rendah menyaksikan salah seorang peserta secara bergantian mencoba untuk menjawab tantangan dari Pak Kurniawan untuk menyelesaikan berbagai soal interaktif yang ada di panggung utama. Suasana menjadi begitu meriah ketika beberapa peserta seminar sebagian besar berhasil dengan baik ‘berinteraksi’ dengan media layar sentuh tersebut.

Setelah bagian kedua selesai kembali diadakan sesi tanya jawab bagi peserta seminar yang ditujukan kepada moderator dan juga kepada penulis. Sehingga kami berdua berkolaborasi untuk memuaskan hati peserta yang terlihat makin haus akan informasi tentang media layar sentuh tersebut. Antusiasme peserta seminar menjadi pertanda keberhasilan panitia seminar terutama para mahasiswa dan pihak sponsor yang telah bekerja keras dari sehari sebelumnya sampai waktu rabu dini hari. Melegakan tentunya!

Di akhir bagian kedua, Pak Kurniawan mempersilakan kembali kepada penulis untuk menutup pertemuan inti tersebut dengaaaannnn….ya…lagi dan lagi Let’s Sing Together with all the audience dengan lagunya The Massive ‘Jangan Menyerah’. Pesan sponsornya adalah bahwa sebagai calon pendidik maupun yang telah menjadi guru untuk tidak pernah menyerah untuk berusaha serta terus menerus meningkatkan kompetensi diri demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Setelah adanya sesi pengundian nomor peserta seminar yang beruntung mendapatkan doorprize berupa seperangkat ‘Vimeo’ dari pihak sponsor dimana salah seorang mahasiswi yang sangat beruntung berhasil mendapatkannya. Tiba-tiba……kejutan terjadi ketika pihak sponsor yaitu PT. Satu Solusi Intermedia Utama secara tidak terduga juga memberikan hadiah kenang-kenangan kepada Kepala Program Studi Pendidikan Biologi yaitu Ibu DR. Surti Kurniasih, M.Pd. Sang Dosen terlihat sumringah sambil tersenyum bahagia karena tidak menduga akan mendapatkan hadiah berupa seperangkat asisten proyektor ‘Vimeo’ dari pihak sponsor. Idealnya hadiah tersebut dapat dimanfaatkan bagi kelancaran proses perkuliahan terutama untuk mengeksplor materi kuliah media pembelajaran yang selama ini telah para mahasiswa dapatkan sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian plakat penghargaan kepada pembicara dan moderator dari pihak Jurusan Pendidikan Biologi dilanjutkan oleh sambutan penutupan oleh Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP-UNPAK Bogor. Akhirnya seminar tersebut ditutup dengan doa oleh salah seorang panitia . Doa dari penulis juga terpanjat semoga semangat berbagi ini memberikan manfaat bagi semua peserta yang hadir di seminar tersebut. Amin!

Salam Sentuhan!!!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sedangkan bagi pembaca yang ingin mengikuti berita serunya Seminar Nasional bertajuk Inovasi Pembelajaran IPS di UPI Bandung bisa klik disini.

Berbagi di Pakuan

Iklan

3 responses

  1. Semoga banyak bermunculan Taufik Ibrahim lainnya di sekolah-sekolah Indonesia, sehingga suasana kelas menjadi sama-sama ikhlas dan keberkahan ilmu bagi siswa maupun gurunya

  2. […] cukup sukses Tahun 2012 yang lalu di UPI Bandung dan Universitas Pakuan Bogor untuk berbagi ilmu terutama tentang berbagai kreasi & inovasi pembelajaran berbasis TIK, maka […]

  3. […] Tahun 2012 yang lalu di UPI Bandung dan Universitas Pakuan Bogor sempat untuk berbagi ilmu terutama tentang berbagai kreasi & inovasi pembelajaran berbasis […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: