Simulasi ‘PLENDUSI’ Ala Guru Devlas

Terinspirasi oleh salah satu artikel bagus dari rekan guraruers yang sempat membahas tentang Lesson Study,penulis jadi teringat lagi dengan Diklat Lesson Study (LS) yang pernah dilakukan oleh para guru di SMPN 14 Depok atau yang dikenal dengan sebutan DEVLAS (depok empatbelas), dimana pada tahun 2010 yang lalu sepulang dari PLPG penulis sempat mendapatkan ‘sedikit’ ilmu tentang LS dari dosen di PLPG tersebut. Penulis sempat belajar bersama dengan para guru di sekolah untuk mengenal tahapan Lesson Study melalui sebuah pelatihan ‘Simulasi Tahapan Lesson Study’. Sekali lagi…ini hanyalah sebuah pengenalan bagi para guru terkait Lesson Study, jadi belum sampai pada tahapan ‘DO’ yang sebenarnya. Hal ini dilakukan karena memang tidak mudah untuk melaksanakan LS yang sebenarnya yang di karenakan pada waktu itu banyak rekan guru di sekolah yang belum mengenal apa itu LS. Oleh karena itu, penulis berstrategi untuk membuat pelatihan ‘Simulasi Tahapan LS’ yang menekankan pada pengenalan kepada tiga tahapan utama LS yaitu PLAN, DO, dan SEE (baca: PLEN-DU-SI).

Adapun trik yang penulis lakukan agar para guru dengan mudah memahami apa itu tahapan LS adalah dengan mengajak para guru untuk menjadi aktor sekaligus berakting seolah-olah mereka tengah melakukan ketiga tahapan LS tersebut. Caranya begini… para guru penulis kondisikan untuk menjadi aktor layaknya para artis film dengan memegang naskah dialog yang telah penulis susun sedemikian rupa sehingga para guru diharapkan memahami situasi pada saat ketiga tahapan baik Plan, Do, maupun See nya itu terjadi ketika sebuah proyek lesson study dilaksanakan di sebuah sekolah.

Untuk lebih jelasnya begini…para guru penulis bagi menjadi tiga kelompok besar dimana tiap kelompok akan memiliki beberapa peran yang harus mereka lakoni. Adapun berbagai posisi peran tersebut antara lain terdiri dari:

a. Kepala Sekolah sebagai Fasilitator,

b. Pengawas/Dosen sebagai Tenaga ahli,

c. Salah satu guru sebagai Guru Pengajar,

d. Beberapa guru sebagai Observer,

e. Beberapa guru sebagai Perwakilan Guru (Tim Pengembang RP).

Nahh…tiap peran tersebut sudah penulis buatkan naskah dialognya sesuai dengan pembicaraan yang harus disampaikan oleh masing-masing posisi peran tadi. Sang kepsek berbicara tentang apa, Guru Pengajar berbicara apa, Observer berbicara apa, dan lain-lain semuanya disusun sedemikian rupa sehingga mampu menggambarkan suasana pada saat pertemuan para guru di ketiga tahapan Plan, Do, dan See. Setiap kelompok harus menentukan sendiri siapa memerankan apa dan tiap kelompok diupayakan juga tidak serta merta selalu berpatokan pada naskah yang ada melainkan improvisasi yang diharapkan akan muncul dari masing-masing guru termasuk disesuaikan dengan mata pelajaran yang mereka ampu.

Berikut ini penulis tampilkan sebagian slide utama yaitu slide ke-7, 8, dan 12 dari 13 slide yang ada dimana keseluruhan slide tersebut penulis susun untuk menjelaskan secara rinci tahapan yang seharusnya ketika Plan, Do, See itu terjadi.

Foto Slide Tahapan PLAN

Sedangkan contoh alternatif daftar pemeran aktor PLAN yang telah penulis susun bisa dilihat di bawah ini:

Untuk melihat tayangan video bagaimana para guru devlas berdiskusi seolah mereka ada di dalam suasana tahapan PLAN bisa lihat di bawah ini:

 

Foto Slide Tahapan DO

Sedangkan contoh alternatif daftar pemeran aktor DO yang telah penulis susun bisa dilihat di bawah ini:

Untuk melihat tayangan video bagaimana para guru devlas berdiskusi seolah mereka ada di dalam suasana tahapan DO bisa lihat di bawah ini:

 

Foto Slide Tahapan SEE

Sedangkan contoh alternatif daftar pemeran aktor SEE yang telah penulis susun bisa dilihat di bawah ini:

Untuk melihat tayangan video bagaimana para guru devlas berdiskusi seolah mereka ada di dalam suasana tahapan SEE (dengan catatan praktek pembelajaran pada tahapan DO-nya pre-memory) bisa lihat di bawah ini:

 

 

Bila ingin membaca dan sekaligus mengunduh naskah (script) yang berisi dialog para guru ketika melaksanakan ketiga tahapan inti dari lesson study tersebut bisa klik disini.

Untuk membaca keseluruhan slide (13 slide) dan sekaligus mengunduh Presentasi Simulasi PLAN DO SEE dari Lesson Study bisa klik disini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Video berisi tayangan bagaimana cara penulis membuat relaksasi yang penuh canda tawa bagi para guru sebelum penyampaian materi lesson study bisa dilihat di bawah ini:

 

Video berikut berisi para guru devlas menyanyikan lagu ‘Guru Tanggal Satu’ karya Taufik Ibrahim, S.Pd:

Keterangan:

Sutradara dan Penulis Naskah sekaligus Pemateri: Taufik Ibrahim, S.Pd

Kameramen: Subhan, S.Pd

Salam Plendusi!

Iklan

4 responses

  1. dah sampai tahap segini ya? Gila! Keren abis!

    1. Pak Isna…kami hanya berupaya untuk menafsirkan apa yg seharusnya kemungkinan terjadi di Lesson Study. Trims telah mampir! 🙂

  2. murbandini (panggil saja pak murban) | Balas

    mantep pak…
    emang yg penting aksi y pak…

  3. Kereen pak,,,salam sama pak sumardi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: