Apresiasi Prestasi Bernuansa Sidang Paripurna

SP2Sebuah pengalaman yang cukup langka saya alami sebagai seorang guru yang sehari-hari berdiri di depan kelas, ketika saya berkesempatan hadir di Sidang Paripurna DPRD Kota Depok di Grand Depok City, Kota Kembang Depok, Jawa Barat pada Rabu 26 Desember 2012. Kehadiran saya di Sidang Paripurna di ujung tahun 2012 ini atas pemberitahuan dari Dinas Pendidikan Depok sejak beberapa hari yang lalu bahwa ada kabar untuk beberapa insan Depok yang dianggap berprestasi di bidang pendidikan untuk datang menerima penghargaan secara resmi dari Pemerintah Kota Depok. Awalnya, saya dan beberapa rekan saya agak bingung dengan undangan yang terkesan mendadak tersebut. Namun, dalam perkembangannya kemudian semakin jelaslah bahwa Pemerintah Kota Depok cukup serius untuk memberikan apresiasinya atas prestasi yang telah dicapai sebagian warganya dimana pemberian penghargaan tersebut bertujuan untuk memotivasi warganya demi kemajuan bagi Kota Belimbing Dewa Dewi tersebut.

Kesempatan ini tentunya sungguh berharga bagi saya dan beberapa guru serta siswa lainnya yang juga diundang untuk melihat secara langsung jalannya sebuah sidang dari para anggota dewan yang terhormat itu. Terlihat juga beberapa siswa yang berprestasi tingkat Regional maupun Nasional juga hadir di ruang utama sidang bagi para anggota DPRD maupun seluruh pejabat yang hadir disitu, semisal Walikota, Wakil Walikota, Ketua DPRD, serta para pejabat terkait dengan pemerintahan Kota Depok.

Kebetulan tahun 2012 ini kehadiran saya tidaklah sendiri sebagai undangan guru berprestasi tetapi ada dua rekan saya yang juga diundang untuk hadir yaitu Ibu Muawanah (SMPN 9 Depok) dan Bapak Rahmat Fauzi (SMPN 15 Depok). Keduanya adalah para langganan guru prestasi tidak hanya di tingkat Kota, namun juga di tingkat Provinsi dan bahkan tingkat Nasional. Sosok Ibu Muawanah bisa dibilang cukup senior bagi saya karena beliau sudah cukup lama berkecimpung di dunia pendidikan di lingkungan Kota Depok. Prestasi beliau yang paling mutakhir adalah Juara I Tingkat Provinsi Jawa Barat dan juga juara Tingkat Nasional di ajang Guru Berprestasi Tahun 2012. Sementara Bpk. Rahmat Fauzi adalah seorang guru muda yang cukup enerjik dengan segala pembaruan maupun kreativitas ilmiahnya di bidang IPA sehingga telah beberapa kali beliau memenangkan Lomba Kreativitas Ilmiah Guru Tkt. Nasional di LIPI maupun Lomba Kreasi dan Inovasi Media Pembelajaran di Kemdikbud. Kebetulan Pak Rahmat ini juga sempat mengabdi bersama dengan kami di SMPN 14 Depok sebelum akhirnya ia mutasi ke SMPN 15 Depok yang dikarenakan kebutuhan kedinasan.Menurut hemat saya mereka berdua lebih layak menerima penghargaan ini dibanding saya yang pada tahun ini hanya menjadi finalis di Lomba Guru Kreatif Nasional di Bogor dan finalis Lomba Penulisan Artikel di web Guraru.

Pertemuan kami bertiga cukup menyenangkan setelah sekian lama tidak berjumpa yang dikarenakan kesibukan masing-masing di sekolah sehingga kami manfaatkan untuk bertukar segalam macam informasi terkait tekad untuk terus bekerja keras memajukan dunia pendidikan di Kota Depok khususnya. Dari hasil perbincangan kecil tersebut saya merasa bahwa saya masih harus belajar lagi dari kedua rekan saya tersebut terutama untuk memelihara tekad kuat untuk terus memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan khususnya buat para siswa kami di sekolah.

Menu wajib bagi kami di gedung DPRD tersebut adalah mengikuti jalannya Sidang Paripurna yang selama ini hanya bisa diketahui melalui media massa ataupun lewat website resmi pemerintah Kota Depok. Terlihat suasana sidang cukup santai, mungkin ini adalah jelang masa istirahat sejenak bagi para anggota dewan yang telah bekerja setahun penuh untuk menuntaskan berbagai kewajiban mereka selaku wakil rakyat. Berbagai macam pengesahan dari hasil kinerja anggota dewan seolah hanya tinggal ketok palu saja nampak terlihat sehingga rapat tersebut tidaklah berlangsung terlalu lama.

Cukup banyak informasi yang menarik bagi kami selaku warga Depok yang didapat dari sidang tersebut. Bagaimana sebagian Pansus DPRD melaporkan hasil pekerjaan mereka serta hasil-hasil lainnnya yang telah di capai selama ini. Penyampaian laporan juga dilakukan oleh Ketua DPRD, bahkan sang Walikota pun tidak ketinggalan untuk melaporkan kinerjanya sekaligus rencana-rencana pembangunan Kota Depok ke depannya kepada seluruh angggota dewan yang hadir di ruangan itu.Sidang berlangsung dari pukul 11.00 sampai dengan pukul 13.15 siang. Sesaat setelah menerima penghargaan maka seperti biasa sesi berfoto bersama seolah menjadi menu wajib yang tidak boleh terlupakan untuk mengabadikan beberapa momen yang dianggap berharga.

Semoga pendidikan di Kota Depok bisa lebih maju lagi!
Terima kasih untuk Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kota Depok atas apresiasinya!

SP1 SP3 SP4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: