Charger Motivasi dan Kompetensi Ala Guru Devlas

IFSelamat berjumpa lagi dengan saya, pengunjung  Opikibra’s Corner sekalian! Bagaimana kabar para pejuang pendidikan saat ini? Semoga semuanya tetap semangat untuk menjalankan aktivitasnya terutama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Berbicara tentang kata semangat, kali ini saya hanya ingin berbagi info sekaligus ikut menebarkan “Virus Motivasi” kepada para guru sekalian.

Adapun info yang saya maksud adalah Kegiatan In House Training (IHT) yang dilakukan oleh para guru di sekolah kami, yaitu SMP Negeri 14 Depok yang beberapa waktu yang lalu dilaksanakan tepatnya pada Kamis-Jumat, 17-18 Januari 2013. IHT ini kami lakukan dalam rangka untuk mengisi kembali “baterai motivasi” kami agar di awal Tahun 2013 ini semangat belajar dan mengajar dari para guru tetap terjaga dengan tujuan untuk “Meningkatkan Keterampilan Mengajar Sekaligus Menyongsong datangnya Kurikulum 2013”.

Kegiatan IHT ini berlangsung selama dua hari dikarenakan jadwal yang padat dan ada empat materi penting  yang wajib “dilahap” para guru di sekolah kami. Agar pelakasanaan IHT tersebut berjalan lancar para guru diwajibkan untuk membawa laptop serta modem. Untuk hari pertama Kamis 17 Januari 2013 materi yang disampaikan adalah Pelatihan Praktek Ms.Excel terutama tips dan trik terkait efektvitas pembuatan Denah Tempat Duduk Siswa dan Merger Kartu Peserta UAS, serta Pembuatan Format Kartu Peserta UAS . Materi ini disampaikan oleh Bpk. Drs. Andi Alamsyah (Wakil Kepsek Bidang Kurikulum sekaligus guru Matematika). Beliau dikenal cukup “Tricky” untuk hal terkait Ms.Excel sehingga beragam teknis pemanfaatan excel tersebut terasa sangat memberikan kemudahan bagi para guru sehingga para guru tetap bersemangat belajar dengan beliau. Terbukti dengan molornya jadwal IHT tersebut yang seharusnya jadwal materi pertama hanya sampai pukul 12 siang ternyata para guru meminta tambahan waktu lagi hingga pukul 14 siang. Sistem Tutor Sebaya selama materi pertama juga kami lakukan untuk membantu Pak Andi yang duduk di depan. Jadi, bagi para guru yang mampu menangkap dengan cepat apa yang disampaikan Pak Andi segera membantu rekan guru lainnya yang masih membutuhkan bimbingan.

Materi kedua di hari pertama tersebut adalah sajian Sistem Penilaian dari Ibu Desi Idiawati, S.Pd dimana materi ini beliau dapatkan dari beragam Pelatihan terkait Penilaian yang sempat beliau jalani, terakhir kali materi ini beliau dapatkan dari Pelatihan Tingkat Nasional di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Banyak dialog yang terjadi antar guru peserta dengan penyaji terkait sistem penlaian yang seharusnya dipahami para guru. Penampilan Ibu Desi yang cukup “pede” membuat suasana IHT menjadi lebih cair dibanding melihat “seremnya” judul materi yang ia bawakan.

Hari kedua menjelang, tepatnya Jumat, 18 Januari 2013 di tengah derasnya hujan dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat beberapa pekan terakhir, tidak menyurutkan tekad para guru untuk tetap hadir dengan harapan mendapatkan pencerahan dari materi ketiga dan keempat pada hari terakhir IHT tersebut. Seperti yang telah direncanakan, mulai pukul 08.30 IHT yang bermaterikan efektivitas pengiriman email ke banyak penerima, pemanfaatan winrar/winzip, pemanfaatan aplikasi olah foto semisal Image Tuner, serta sekilas pembahasan e-learning (geschool.net) disajikan dengan apik oleh Bpk. Subhan, S.Pd. Diwarnai oleh keadaan cuaca yang kurang bersahabat sehingga jaringan internet terasa kurang “kencang” tidak membuat para guru patah arang untuk tetap mengikuti IHT, apalagi cara pembawaan materi dari Pak Subhan yang terkenal dengan guyonan khasnya namun tetap lugas sehingga para peserta tetap bersemangat untuk “berpraktek ria”.

Diselingi jeda istirahat Sholat Jumat dan makan siang, maka materi terakhir yang diterima para guru adalah terkait dengan Inovasi Praktek Pembelajaran di kelas. Kebetulan materi ini disampaikan olehhh….treng teng teng… saya sendiri…hehe…Jadi malu nih! Saya mendapat tugas yang cukup berat karena mendapatkan giliran terakhir untuk berbagi dengan para guru, karena biasanya di jam-jam tersebut apalagi dikarenakan cuaca yang dingin karena hujan tentunya banyak orang yang lebih memilih tidur daripada bekerja apalagi sebagian peserta terlihat cukup lelah dan agak mengantuk karena cukup terkuras setelah mengikuti materi IHT sejak sehari sebelumnya dan sejak pagi memakai pikiran dan tenaga untuk bekerja dan belajar bersama penyaji materi sebelumnya.

Tentunya saya harus menyiapkan strategi yang tepat untuk menyajikan materi agar peserta tetap antusias mengikuti IHT hingga usai. Tepat pukul 13 Siang sajian materi terakhir saya sampaikan. Adapun Inovasi Pembelajaran yang dimaksud adalah Praktek Pembelajaran Cooperative Learning yang memanfaatkan TIK. Suasana yang ingin dibangun adalah para guru peserta IHT saya libatkan untuk bersama-sama “menyempurnakan” sebuah Education Game yang sedang saya susun sedemikian rupa namun sebenarnya belum seratus persen jadi! Hal ini sengaja saya lakukan agar para guru ikut merasa punya andil bagi “lahirnya” sebuah praktek pembelajaran yang inovatif.

Adapun tekniknya semua peserta saya bagi menjadi enam kelompok dengan nama kelompok merah, kuning, hijau, biru, orange dan ungu. Dimana ditiap kelompok saya menunjuk enam guru yang saya pribadi anggap cukup senior dari sisi pengabdian lama mengajar di sekolah (walaupun sebenarnya di sekolah kami hampir tidak ada istilah senioritas). Kelompok Merah dipimpin Pak Hehen (Wakasek), Kuning oleh Pak Andi, Hijau oleh Bu Rini, Biru oleh Bu Tuti, Pak Sutarya di kelompok ungu, sedangkan Bu Dingse di kelompok orange. Tiap kelompok terdiri dari sekitar 4 atau lima guru, yang dengan PAK PIK POK Education Game (begitulah nama yang saya berikan terhadap Praktek Inovasi Pembelajaran yang akan dikembangkan) dikondisikan untuk bekerja sama dalam tim sekaligus berkompetisi secara sehat dengan tim lainnya dengan sistem permainan tim yang telah saya buat.

Education Game ini  dilahirkan setelah beberapa bulan terakhir mempelajari berbagai teknik pembelajaran yang telah dikembangkan di negara maju semisal di kawasan Amerika Utara. Namun, dengan teknik ATM = Amati, Tiru, dan Modifikasi maka kami menyusun dan merencanakan penyempurnaan PAKPIKPOK Education Game ini dalam sebuat IHT yang nantinya hasil masukan dari para pesertalah yang akan memperbaiki segala kekurangan yang ada. Dan, benar saja setelah para guru bertarung dengan sengit dengan kelompok lainnya bercampur dengan suasana riang, terutama saat sesi evaluasi berlangsung banyak sekali masukan yang sangat berguna bagi saya untuk menyempurnakan Education Game ini. Nah, untuk mengetahui hasil dari perbaikan PAKPIKPOK Education Game sekaligus bagaimana praktek nyata di kelas bersama para siswa, tunggu saja di artikel saya berikutnya yang Insya Allah berjudul “PAKPIKPOK Education Game”.

Demikianlah info yang dapat saya sampaikan semoga kita semua tetap dapat konsisten men-charge motivasi dan kompetensi kita terutama jelang pemberlakuan Kurikulum 2013.

Salam IHT dari Pinggiran Kota Belimbing Dewa-Dewi!

http://www.taufikibrahim.wordpress.com

IHT1431 IHT1426 IHT1421 IHT1417 IHT1416 IHT1411 IHT1408 IHT1404 IHT1402 IHT14B02 IHT Devlas100 IHT Devlas092 IHT Devlas082 IHT Devlas081 IHT Devlas080 IHT Devlas078 IF IF IF IF IF IF IF IF IF

Iklan

6 responses

  1. Wah saya gak diajak pak
    Hehe

    1. Pastinya di sekolahnya Pak Dzul juga punya kegiatan sejenis ini tentunya! Hehe..trims telah mampir! 🙂

  2. TIK itu jika dikawinkan dengan Cooperative Learning wah siapapun muridnya pasti senang, terbukti guru 14 sebagai siswa dalam IHT mau bersaing poin mengalahkan kelompok lainnya

    1. Trims ya Pak Subhan atas pengambilan gambarnya yang OK punya! 🙂

  3. Ini aktivitas yang bagus banget…..(y) (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: