Evaluasi Asyik Dengan TIK (PAKPIKPOK Education Game)

Board PakpikpokDiawali dengan bernyanyi bersama antara guru dan seluruh siswa di kelas untuk membawakan lagu yang menjadi Theme Song bagi evaluasi pembelajaran yang akan berlangsung dalam sebuah game kelompok yang telah disusun sedemikian rupa oleh sang guru. Gerakan seirama para siswa melihat komando sang guru sambil membawakan lirik-lirik lagu yang bernuansa pop reggae tersebut benar-benar menghipnotis penghuni ruang kelas di pagi yang cerah itu. Seolah melupakan sejenak segala kepenatan pikiran dan terkurasnya tenaga para siswa yang selama ini berkutat dengan banyaknya tugas, soal, maupun berbagai materi pelajaran yang biasanya mereka terima lewat ceramah reguler dari sang guru.
Setelah momen bernyanyi dan bergerak berlalu, suasana di ruangan kelas tersebut berganti menjadi sebuah ajang “pembuktian” pemahaman siswa tentang materi pelajaran lewat kelompoknya masing-masing yang berkompetisi secara sehat dengan siswa di kelompok lainnya. Kompetisi antar kelompok tersebut demikian mendebarkan suasana, terkadang juga menimbulkan keriangan jika salah satu anggota kelompok berhasil menjawab tantangan dengan baik, sedangkan di momen yang berbeda ada penyesalan disaat ada siswa yang gagal menyelesaikan tantangan menjadi sebuah atmosfer pembelajaran yang begitu berdinamika.

Apa sesungguhnya yang terjadi di kelas tersebut?

Pakpikpok9210 Pakpikpok9212

Gambar saat Menyanyikan Theme Song PAKPIKPOK

Sebenarnya yang terjadi adalah sebuah momen pembelajaran IPS yang telah saya susun sedemikian rupa untuk mengkondisikan siswa belajar dan bekerja sama secara kelompok lewat sebuah Model Evaluasi Pembelajaran Interaktif yang saya namakan PAKPIKPOK Education Game yang memanfaatkan aplikasi Ms. Power Point. Pemilihan nama game ini memiliki arti PAK berarti Pertanyaan Kreatif, PIK berarti Pikiran Kilat, dan POK berarti Kelompok. Jadi, secara lengkap dapatlah diartikan bahwa PAKPIKPOK Education Game adalah sebuah Model Evaluasi Pembelajaran yang mengkondisikan siswa dalam kelompok untuk menghadapi tantangan dari sebuah pertanyaan kreatif sekaligus untuk memiliki kemampuan berpikir cepat layaknya kilat untuk menjawab tantangan tersebut. Muatan dari model evaluasi ini antara lain berbagai jenis soal terkait materi pelajaran yang telah dibahas di kelas semisal menjawab soal essay, soal isian, pilihan ganda 6 option, perintah membuat soal kreatif, terkadang soal bisa berupa tulisan, gambar, bahkan bisa juga video berdurasi singkat yang kesemuanya dibuat di slide power point sehingga terasa lebih interaktif.

Sumber inspirasi game pembelajaran ini adalah berbagai teknik evaluasi pembelajaran yang selama ini telah dipakai di Amerika Utara, seperti Jeopardy Game, Brain Savvy, Snakes n Ladder, dll. Namun demikian, dengan teknik ATM yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi maka jadilah game edukasi ini saya buat sedemikian rupa aplikasi Ms.Power Point dengan berbagai tujuan.

Adapun Model Evaluasi Pembelajaran Interaktif ini disusun dengan tujuan untuk:
1. Mengukur sejauh mana para siswa telah memahami materi pelajaran yang telah dibahas sebelumnya,
2. Mengkondisikan para siswa untuk bekerja sama dalam sebuah tim,
3. Menciptakan persaingan yang sehat antar siswa dalam sebuah kompetisi menjawab tantangan yang ditayangkan lewat slide LCD Proyektor,
4. Memberikan ruang kepada para siswa untuk aktif dan kreatif, bertanggung jawab, serta berpkir cepat dalam mengambil keputusan,
5. Membiasakan para siswa untuk bekerja satu tim dengan siswa yang heterogen kemampuan akademisnya, sehingga diharapkan ada distribusi ilmu di dalamnya,
6. Mengkondisikan seluruh siswa yang biasanya kurang aktif untuk selalu siap untuk tampil, berbicara, maupun lebih pro aktif dari biasanya di kelas,
7. Memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh siswa untuk menunjukkan kemampuannya sekaligus sebagai sarana untuk mengembangkan rasa percaya diri,
8. Mengajak para siswa untuk keluar dari “Zona Nyamannya” selama ini yang belajar dengan keadaan yang biasa-biasa saja,
9. Pemanfaatan TIK secara optimal untuk mewujudkan PAKEM yang bernuansa TIK.

Opik n Pakpikpok Siswai Pakpikpok

Gambar siswa-siswi dan guru disamping slide board PAKPIKPOK.

Kondisi yang terbangun setelah dipraktekkan di enam kelas yang berbeda yaitu kelas 9.1 s.d 9.4 dengan materi Bab Asia Tenggara dan Benua-Samudera, sedangkan di untuk Kelas 7.3 – 7.4 bermaterikan Bab Atmosfer, nampak bahwa para siswa terkondisi dalam keadaan selalu tertantang untuk menjawab soal atau perintah yang ada di slide. Terbukti dengan banyaknya siswa yang berebut untuk mendapatkan kesempatan menjawab soal jika ada kelompok yang tidak berhasil menjawab selama waktu yang telah ditentukan. Suasana riuh rendah sangat terasa selama kurang lebih 60 menit permainan berlangsung. Dan yang membuat saya sebagai guru menjadi senang adalah melihat persiapan para siswa yang sejak menit pertama pembelajaran berlangsung mereka nampak sangat serius sekali mempersiapkan diri dengan mempelajari segala materi pelajaran yang menurut mereka akan muncul di soal. Terlihat sekali para siswa berusah untuk menjadi yang terbaik.

Namun demikian, ada hal lain yang tidak kalah penting adalah semangat untuk tidak menyerah, saling support antar anggota tim, bahkan ada tim yang memberikan semangat kepada tim yang sementara skornya tertinggal untuk tidak berputus asa dala menjawab tantangan.

Dengan tampilan slide board PAKPIKPOK yang colourfull dan efek animasi serta suara background musik terdengar dari speaker aktif yang dibuat semirip mungkin dengan acara kuis di TV menjadikan suasana permainan menjadi begitu menantang dan membuat wajah para siswa begitu bergairah.

Alat, Perlengkapan dan Aplikasi

Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:
1. Dadu sejumlah enam buah,
2. Gelas plastik enam buah dengan enam warna terdiri dari merah, kuning, hijau, biru, orange, dan ungu,
3. Lembaran kertas berisi Kartu Skor tiap kelompok,
4. Spidol Whiteboard untuk menuliskan inisial huruf awal dari nama kelompok,
5. Pin Magnet Berwarna enam buah dengan enam warna yang berbeda yang digunakan sebagai “Kuda Pacuan” (digunakan jika whiteboard yang digunakan dapat ditempeli pin magnet).

Alat yang digunakan antara lain:
1. Laptop dan Mousenya,
2. Speaker aktif,
3. LCD Proyektor,
4. Kabel gulung,

Sedangkan aplikasi yang dibutuhkan adalah Ms.Power Point 2007 atau 2010 untuk membuat Slide Board PAKPIKPOK Education Game.

Cara dan Aturan Bermain
1. Seluruh siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok dengan nama kelompok Merah, Kuning, Hijau, Biru, Orange, dan Ungu,
2. Penentuan anggota kelompok diupayakan heterogen dalam hal kemampuan berdasarkan prestasi tiap siswa di masing-masing mapel, sehingga kekuatan antar kelompok berimbang karena semua kelompok beranggotakan siswa yang kemampuan akademisnya beragam,
3. Setiap kelompok bermodalkan satu buah dadu, gelas plastik berwarna sebagai pengocok dadu dan Kartu Skor PakPikPok,
4. Permainan dilakukan oleh semua siswa dalam sebuah kelas yang dibagi menjadi 6 kelompok dengan jumlah anggota kelompok masing-masing terdiri dari 5-6 siswa.
5. Setiap kelompok memiliki kode anggotanya masing-masing, misalnya: Kelompok Hijau dengan ketuanya berkode H1, sedangkan anak buahnya H2, H3, dst. Begitu pula dengan kelompok lainnya yang kesemuanya menggunakan warna sebagai nama kelompok.
6. Setiap kelompok memiliki satu simbol PIN Magnet berwarna sebagai wakil mereka di Slide Board Pak Pik Pok Game.
7. PIN Magnet Warna yang mereka miliki seolah menjadi”Kuda Pacu” bagi setiap kelompok untuk berlomba dengan PIN lainnya mulai dari Kotak START hingga FINISH.
8. Jumlah kotak yang akan mereka lalui sejumlah 28 Kotak yang masing-masing kotak memiliki perintah yang berbeda-beda (Soal/pertanyaan) , dimana setiap perintah tersebut harus dijawab/dilaksanakan oleh setiap kelompok.
9. Adapun jenis kotaknya ada enam jenis warna, yaitu Putih, Merah, Kuning, Biru, Coklat, dan Hijau
10. Kotak Putih berisi perintah kepada salah satu siswa tanpa bantuan timnya. Sedangkan Kotak berwarna boleh menjawab atas bantuan timnya, namun tetap juru bicaranya yang sedang mendapat giliran mengocok dadu, Jumlah stok soal di tiap slide ada tiga pilihan soal, kecuali kotak hijau satu soal dan merah,
11. Untuk memulai permainan, setiap kelompok secara bergiliran termasuk bergiliran dalam hal mengocok urutan anggota kelompok mana yang akan mengundi Dadu, dimana angka dadu yang muncul menunjukkan jumlah langkah yang harus dijalani PIN yang telah mereka miliki sebelumnya.
12. Pada setiap kotak nomor yang menjadi tempat perhentian PIN mereka maka akan memunculkan sebuah soal/perintah yang harus mereka jalankan. Anggota yang kena giliran mengocok dadu tersebutlah yang bertugas untuk menjalankan perintah/soal tersebut.
13. Setiap Jawaban yang benar akan bernilai 10 Point.
14. Jika anggota/kelompok tersebut tidak mampu menjawab perintah/soal tsb, maka akan dilempar kepada kelompok yang mendapat giliran setelahnya.
15. Kotak Putih : Berisi Perintah salah satu siswa untuk menjawab soal yang muncul. Jika dijawab benar kelompok dari siswa tersebut mendapat point 10. Jika Salah Pointnya 0. Durasi waktunya dengan simbol timer 20 Detik. Lemparan satu kali kepada kelompok setelahnya.
16. Kotak Merah: Berisi perintah berhenti satu putaran kocokan
17. Kotak Kuning: Berisi soal dimana saat menjawab soal harus berhati-hati memilih jawaban yang dianggap tepat. Jika benar mendapat point 10. Dan kelompok setelahnya mendapat hadiah lemparan untuk menjawab, namun jika salah -10 pointnya.
18. Kotak Coklat: berisi perintah untuk membuat soal/pertanyaan yang KREATIF dari sebuah kata yang dimunculkan di soal. Jika Kreatif maka pointnya 10.
19. Kotak Hijau: Berisi bonus 10 point otomatis. Namun, tetap harus menjawab soal yang ada di kotak hijau.
20. Kotak Biru: Adapun jenis perintahnya adalah membuat PERTANYAAN dari sebuah kata yang akan menjadi JAWABAN yang ada di layar.
21. Jika ada kotak yang telah/pernah dijawab maka dicari kotak lainnya yang terdekat ke arah belakang (mundur).
22. Kelompok pertama yang berhasil mencapai atau melampaui sepertiga dan dua pertiga perjalanan (No. 10 dan 19) otomatis berhak mendapat bonus point 20.

23. Permainan akan dianggap selesai jika minimal ada tiga kelompok yang telah mencapai kotak finish.

24. Kelompok pertama yang berhasil mencapai finish mendapat point 30, yang kedua 20, urutan ketiga 10, sedangkan tiga kelompok berikutnya masing-masing mendapat 5 point.
25. Durasi permainan maksimal 60 menit, jika sampai waktu habis belum ada yang mencapai garis finish maka permainan dianggap selesai. Kemudian dihitung total skor perolehan dari masing-masing kelompok.
26. Kelompok yang menjadi pemenang ditentukan melalui total perolehan skor dari menjawab soal/perintah plus pencapaian finish.
27. Setiap kelompok memiliki juru tulis skor dengan menggunakan Daftar Skor serta menandai nomor kotak soal yang telah disinggahi.

P1030420 P1030422

Gambar saat tiap siswa anggota kelompok bergiliran mengocok dadu.

Video Tutorial cara menggunakan slide board Pakpikpok di Ms.Power Point:

Media Pendukung Artikel

Slide berisi lirik Theme Song PAKPIKPOK

PAKPIKPOK Song

Sedangkan berikut ini adalah video saat para siswa membawakan theme song Pakpikpok:

 

Jika ingin mengunduh video tutorial bertipe file swf yang berisi cara menggunakan slide power point Pakpikpok klik disini.

Artikel ini juga bisa dilihat di web formulasi.or.id (mohon dukungannya untuk me-like di Lomba Menulis Blog Formulasi)

Iklan

44 responses

  1. asalamualaikum pak,itu lagunya kok mirip dengan lagu humania-terserah ya pak?hehe

    1. Walekum slm! Yap betul sekali Radiks! 🙂

  2. sebuah model pembelajaran yang inovatif serta menyenangkan juga layak di coba..
    dan tentunya juga kompatible dengan berbagai macam bidang studi tinggal bagaimana kreatifitas gurunya saja
    salut..hebat

    1. Trima kasih ya kangmartho atas apresiasinya! 🙂

  3. Kreatif dan inovatif….
    Dan sepertinya cocok dikembangkan oleh guru2 yang lain…. Hidup guru Indonesia

    Salam

    1. Trims ya Pak IbnuFajar yang telah sudi mampir ke web yang sdg belajar ini! Salam! 🙂

  4. […] di episode sebelumnya saya telah memperkenalkan model evaluasi pembelajaran interaktif dengan Pakpikpok Edu Game, maka kali ini saya akan memperkenalkan sebuah Model Evaluasi Pembelajaran Interaktif lagi yang […]

  5. […] yang dikemas dengan gaya Education Game dengan memanfaatkan TIK sebagai medianya, semisal Pakpikpok Edu Game dan BDS Edu Game. Dari hasil pelaksanaannya di beberapa kelas terlihat manfaat yang cukup besar […]

  6. weh….kapan bisa belajar langsung ke situ ya?

    1. Jika sempat mampir ya! 🙂 Trims telah komen di web sederhana ini!

  7. […] ajak untuk bernyanyi, bertepuk tangan , serta ‘bergerak’ sesaat untuk membawakan theme song Pakpikpok setelah berpraktek dengan beberapa panitia tentang cara memainkan Edu Game […]

  8. hebat. pengen buat yang kaya gitu…salam

    1. Kita sama-sama saling belajar ya pak Yusuf! Trims telah mampir di web seserhana ini! 🙂

  9. Mantap pak opik…
    saya jd pengen coba ni 😀

    inspiratif….

    salam dari keluarga Borcess

    1. Salam juga buat teman-tema di Borcess dan Ustd.Wahyudin!

  10. semoga suatu saat saya bisa belajar tentang media ini…… beneran pak saya tertarik banget…..

    1. Kita sama-sam belajar ya Bu Kiki, trims telah mampir! 🙂

  11. assalaamu.alaykum, Pak Taufik, untuk ppt PAKPIKPOKnya bisa kami unduh kan ? 🙂

    1. Walekum salam, sementara ini saya hanya memberikan tutorial cara menggunakannya saja. Insya Allah, awal November 2013 saya akan coba cari cara untuk men-sher-kannya. Mohon bersabar ya Bu Prihatin! Trims telah mampir! 🙂

  12. […] menjalankan tugas PNS terutama terkait prestasi yang telah kami raih selama tahun 2013 yang lalu.  Media PAKPIKPOK Education Game yang pernah saya tulis di web guraru ini menjadi perbincangan hangat bahkan cukup […]

  13. […] Pada awal tahun 2014 ini saya cukup beruntung bisa berdiri sejajar dengan beberapa PNS berprestasi lainnya termasuk beberapa Guru Berprestasi lainnya yang mendapatkan penghargaan dari Pemkot Depok melalui sebuah momen apel pagi tepatnya pada Selasa, 7 Januari 2014 bertempat di Lapangan Halaman Depan Balai Kota Depok. Pemberian penghargaan dilakukan langsung oleh sang Walikota Depok Bpk. H. Nur Mahmudi Isma’il di depan para pejabat Pemda Depok dan PNS lainnya yang ada di Kantor Balai Kota Depok.  Sambil memberikan penghargaan beliau sempat menanyakan tentang hal apa saja yan g telah kami lakukan selama menjalankan tugas PNS terutama terkait prestasi yang telah kami raih selama tahun 2013 yang lalu. BKD telah mempelajari beberapa pekan terakhir terkait prestasi yang kami raih selama 2013 dan lagi-lagi saya cukup beruntung manakala mendapatkan apresiasi dari BKD Depok setelah meraih tiga penghargaan sebagai Juara 3 Gupres Kota Depok Tkt SMP, Pemenang Jabar IT AWARD 2013 Tkt Prov.Jawa Barat, dan Juara 3 Nasional Lomba Inovasi Pembelajaran 2013 di Kemendikbud. […]

  14. […] Hai halo rekan-rekan gurarers sekalian berikut ini saya ingin mmberikan kabar gembira yang mungkin berguna terutama bagi guraruers yang mengajar di tingkat SMP. Ini ada info lengkap terkait dengan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional 2014 atau yang sering dikenal dengan Lomba INOBEL Guru SMP 2014. Hal ini saya sampaikan karena ajang ini menjadi begitu penting terutama bagi guru SMP untuk mengembangkan kompetensi keguruannya dan juga sekaligus menggali kemampuan berinovasi terkait pembelajaran serta tentunya terkait dengan Kurikulum 2013 yang saat ini sedang “Booming”. Kebetulan pula  beberapa bulan lalu saya pun sempat cukup beruntung bisa menjadi finalis dan alhamdulillah menjadi salah satu pemenang di Lomba Inobel 2013 pada bulan Oktober 2013 tersebut. Cerita lengkap pengalaman saya saat tampil di final lomba tersebut bisa rekan-rekan baca disini. Sedangkan terkait dengan Karya Inovasi yang saya buat di tahun 2013 lalu bisa anda baca disini. […]

  15. bagus sekali pak. kalau membuat bahan ajar, kira2 bisa ga ya ?

    1. Mungkin lebih tepatnya untuk menjadi bahan evaluasi pembelajaran. Jadi, untuk mengukur sejauh mana siswa menguasai materi ajar yg tlah diajarkan.

  16. mengajak siswa tidak hanya berfikir cepat pak tapi juga mengaktifkan motoriknya juga, bagus sekali pak

    1. yap benar …trims ya atas komennya! 🙂

  17. […]         Hai halo rekan-rekan guraruers sekalian berikut ini saya ingin menyampaikan kabar gembira yang mungkin berguna terutama bagi guraruers yang mengajar di tingkat SMP. Ini ada info lengkap terkait dengan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional 2014 atau yang sering dikenal dengan Lomba INOBEL Guru SMP 2014. Hal ini saya sampaikan karena ajang ini menjadi begitu penting terutama bagi guru SMP untuk mengembangkan kompetensi keguruannya dan juga sekaligus menggali kemampuan berinovasi terkait pembelajaran serta tentunya terkait dengan Kurikulum 2013 yang saat ini sedang “Booming”. Kebetulan pula  beberapa bulan lalu saya pun sempat cukup beruntung bisa menjadi finalis dan alhamdulillah menjadi salah satu pemenang di Lomba Inobel 2013 pada bulan Oktober 2013 tersebut. Cerita lengkap pengalaman saya saat tampil di final lomba tersebut bisa rekan-rekan baca disini, sedangkan terkait dengan karya inovasi yang saya buat di tahun 2013 lalu bisa anda baca disini. […]

  18. […] mengikuti Final yang berlangsung di Hotel Bellezza Suites, Arteri Permata Hijau, Jakarta Selatan. Media Pakpikpok Edu Games dan karya inovasi pembelajaran lainnya yang saya kirim, alhamdulillah termasuk yang dipanggil ke […]

  19. Pak saya sering baca tulisan Bapak. Saya punya kesulitan menggunakan aplikasi PP untuk menggunakan drop drug Macros, mungkin bapak bisa bantu saya. Ini saya gunakan untuk membuat soal menjodohkan gambar dengan cara menggeser jawaban yang tepat.

    1. Untuk membuat soal evaluasi yang interaktif seperti Drag n Drop saya sarankan Bu Astuti menggunakan Open Sankore. Bisa di unuduh gratis di opensankore.org. palikasi tsb hanya berukuran 48 mb dan lebih banyak pilihan untuk pembelajaran dengan media layar sentuh dan didalamnya ada drag n drop, dll.

  20. model pembelajaran yg kreatif n membuat siswa senang. bisa g pak d krm k email ku contoh naskahnya. Mksh sblmnya pak

    1. Trims atas apresiasinya Bu Emi! 🙂

      Maksudnya contoh laporan karya inovasinya atau media pakpikpoknya yang diminta dikirim?

  21. salut buat pak taufik!. kreatif sekali, mohon kirim ke email (zain6716@yahoo.co.id) saya pak contoh laporannya?terimakasih sekali jika bapak berkenan.

    1. trims atas apresiasi dan kunjungannya! 🙂

  22. Selamat dan sukses pak !

    1. Trima kasih Pak Harman! Salam kenal! 🙂

  23. pak boleh minta aplikasi gamenya engga pak? kalo boleh saya bisa download dimana?

  24. […] diperuntukkan bagi penumbuh semangat belajar siswa di kelas. Salah satu kisah lengkapnya bisa baca disini dan […]

  25. […] 3. Mr.Opikibra & PAKPIKPOK (baca artikelnya disini) […]

  26. […] diperuntukkan bagi penumbuh semangat belajar siswa di kelas. Salah satu kisah lengkapnya bisa baca disini dan […]

  27. Keren pak,,,inovatif, kapan y bs blajar sama bapak neeh..

  28. Nur'aini Rahmawanty | Balas

    Makasih pak sudah memberikan ide ini. Saya mau minta ajarin bikin power point yg kaya gitu gmn ya pak? Mksih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: