Tiga Guru Devlas Maju Bersama Intel

Foto gabung Tiga Guru Devlas-IntelHaloo…apa kabar pengunjung opikibra’s corner sekalian? Semoga para guru serta seluruh pembelajar di indonesia selalu tetap bersemangat untuk terus memajukan dunia pendidikan di negeri ini. Nahh…kali ini saya ingin berbagi pengalaman terkait sosialisasi pemanfaatan ICT dalam pembelajaran. Beberapa waktu yang lalu salah satu perusahaan terbesar terkait pembuatan microprocessor komputer atau notebook semisal Intel Indonesia Corporation menghubungi saya untuk bekerjasama dalam mensosialisasikan pembelajaran abad 21, dimana selama ini Intel Indonesia Corporation memiliki program pengembangan profesi, untuk membantu guru secara efektif untuk dapat menggunakan teknologi di dalam kelas terutama untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa. Salah satu program mereka yang selama hampir sepuluh tahun sudah berjalan dan digerakkan oleh Program Intel® Teach yang menolong guru sekolah di seluruh penjuru dunia untuk memahami bagaimana, kapan dan dimana teknologi dapat digunakan di dalam kelas. Program ini merupakan program yang paling sukses dibandingkan program sejenis lainnya. Hingga hari ini, program ini telah melatih lebih dari enam juta guru di lebih dari 45 negara, dan terus berkomitmen untuk melatih sepuluh juta guru sampai tahun 2011.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, di awal tahun 2013 saya dan kedua rekan guru saya di SMP Negeri 14 Depok (Devlas) merasa sangat beruntung ketika di ajak untuk membantu Intel Indonesia Corporation terkait sosialisasi pembelajaran abad 21-nya mereka. Adapun secara ringkas peran kami (tiga guru SMP Negeri 14 Depok) adalah menyampaikan testimoni kami seputar pengalaman kami di kelas selama memanfaatkan TIK atau ICT dalam pembelajaran.

Berikut ini beberapa slide yang sempat saya tampilkan saat ber-testimoni di hadapan para guru Depok yang sempat hadir di acara Intel di Detos, Rabu 20 Maret 2013.

i1 i2 i3 i4 i5

Setelah berkomunikasi secara intens baik lewat email, telpon maupun sms, maka disepakati bahwa saya dan kedua rekan saya yaitu Ahmad Suja’i, S.Ag dan Moh.Kurniawan, S.Pd untuk secara bergiliran mengisi materi di tiga kota yang berbeda yaitu Bekasi, Bogor serta Depok. Sesi yang harus kami jalani adalah saat Seminar FTB Intel Roadshow 2013 yang berlangsung di lima kota di Jawa Barat tersebut berlangsung kami harus tampil di sesi Teacher Conference (Best Local Teacher) selama kurang lebih 25 menit. Momen itu tentunya kami manfaatkan untuk menyampaikan segala macam kreasi dan inovasi pembelajaran memanfaatkan TIK yang telah kami jalani selama ini.

Ada hal lain yang membuat kami bertiga senang adalah kami dapat berkenalan dengan salah satu Senior Trainer Intel Education Indonesia semisal Pak Winastwan Gora, yang kiprahnya mulai saya ikuti sejak 2011 yang lalu ketika beliau menjadi salah satu penggagas bagi terlaksananya Lomba Multimedia Pembelajaran Nasional atau yang dikenal dengan NACTI 2011 (National Competition of Technology Integration) dimana di ajang tersebut menjadi pusat perhatian para guru se-Indonesia yang saat itu mencari komunitas terkait peningkatan kompetensi di bidang ICT Literate. Kebetulan di ajang tersebut saya beruntung bisa menjadi salah satu pemenangnya. Dan melalui momen itu pulalah saya mengenal istilah Pakematik yang juga dibukukan oleh Pak Winastwan Gora serta rekannya Pak Sunarto. Sejak mengenal Pakematik, saya semakin bertambah ilmu dan keyakinan bahwa peran TIK sangat besar untuk membantu bagi keberhasilan proses pembelajaran di kelas.

Dari pengalaman yang telah berlangsung di tiga kota yang berbeda dimana Pak Kurniawan tampil di Bogor (Bogot Trade Mall-13 Maret 2013), Pak Sujai di Bekasi (6 Maret 2013) , dan saya sendiri di Depok (DETOS, 20 Maret 2013), secara umum pelaksanaan seminar berlangsung lancar. Di momen itu pula kami manfaatkan untuk berkenalan dengan para perwakilan Intel Indonesia Corporation semisal Pak Winastwan Gora (Senior Trainer Intel Education), Pak Brenie (Bidang Education Intel) , serta Pak Ganis Samoedra (Bussiness Development Manager) dan dari perkenalan itu kami jadi bertambah info seputar peran Intel Indonesia Corporation yang ternyata sangat besar pengaruhnya bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia terutama terkait dengan pemanfaatn ICT dalam pembelajaran sekaligus ikut membantu “menaikkan derajat” kurikulum yang berlaku di Indonesia selama ini.

Pihak Intel yang hadir di momen tersebut nampak sekali ingin juga memberikan kesempatan bagi insan pendidikan di Kota Depok semisal para guru untuk segera meningkatkan kualitas dan kompetensinya terkait penguasaan ICT dalam pembelajaran. Banyak program menarik yang dapat mereka tawarkan, namun demikian semuanya terpulang kepada Dinas Pendidikan di masing-masing kota yang mereka singgahi, termasuk Kota Depok tentunya. Semoga Disdik Kota Depok mampu menangkap ‘sinyal’ ini dengan baik sehingga suatu saat akan banyak guru yang dapat menyerap ilmu dari pihak Intel Indonesia Corporation.

Hidup Guru Devlas! Hidup Intel Indonesia Corporation! Majulah Pendidikan di Kota Depok!

Berikut ini gambar saat aktivitas tiga guru Devlas tampil sebagai salah satu pengisi di Acara Intel Indonesia Corporation.

Intel Opik di web01

Intel Opik di web02 Intel Opik di web03 Intel Opik di web04 Intel Opik di web05 Intel Opik di web06 Intel Opik di web07 Intel Opik di web08 Intel Opik di web09 Intel Opik di web10 Intel Opik di web11 IF IF IF

Iklan

11 responses

    1. Sama-sama Pak Asep, trims telah mampir! 🙂

  1. wah keren banget pak 🙂
    Selamat yaa pak

    1. Wah…Pak Dzul! Apa kabarnya nih? Trims atas atensinya! 🙂

      1. baik pak 🙂 blm ada kesempatan nih silaturrahmi bareng pak Taufik.

  2. Alhamd…semoga suatu saat bisa kopdar bersama guraruers lainnya! 🙂

  3. Satu kata….
    Luar biasa

    1. Trims atas apresiasinya! 🙂

  4. mksh pak

  5. Wah, ketinggalan berita ni.
    Congratulations, Pak Taufik, It was GREAT!!
    Izin share di akun twitter sekolah kami @smartekselensia ya, Pak.
    Trmksh banyak

    1. Yap Bu Tri…trims atas mampirnya di blog yg masih blajar ini! 🙂 Untuk share silakan ya Bu Tri untuk smangat berbagi ilmu, semoga berkah selalu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: