Media Pembelajaran Interaktif Dahsyat Ala Lectora

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang salah satu tools sebagai alternatif untuk membuat Media Pembelajaran Interaktif (MPI) yang sekaligus juga bisa dimanfaatkan oleh siswa sebagai Media Membelajaran Mandiri. Tools tersebut adalah Lectora Inspire 6 yang diproduksi oleh Trivantis. Setelah saya searching n’ googling di dunia maya, saya mendapati kabar bahwa tools ini telah disosialisasikan di beberapa daerah seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta misalnya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan setempat untuk mendorong para guru di daerahnya agar mampu menyusun sebuah Media Pembelajaran yang Interaktif sifatnya.
Di artikel ini saya hanya memberikan pengantar saja tentang sekilas gambaran kemanfaatan dari Lectora Inspire 6 ini.

Selama ini mungkin kita telah mengenal berbagai aplikasi untu membuat Media Presentasi Pembelajaran semisal Ms.Power Point, Autoplay Media Studio, Easy Autorun, dll, yang ternyata setelah saya mencobanya sebagian besar hanya dapat digunakan untuk media presentasi saja., seperti misalnya ketika kita memanfaatkan Autoplay Media Studio dan Easy Autorun Creator hanya berguna dalam hal membuat tombol pemanggil bagi sebuah aplikasi yang akan kita munculkan dan itupun “pake loading segala” sehingga masih perlu menunggu untuk membuak sebuah aplikasi. Sehingga untuk Autoplay dan Easy Autoun Creator “agak” terbatas peruntukkannya. Untuk Ms.Power Point sebenarnya “lebih powerfull” dibandingkan kedua aplikasi sebelumnya telah sebutkan jika memang dieksplore dengan baik, seperti misalnya dengan Ms.Power Point disamping bisa membuat Media Presentasi juga bisa menyusun sebuah Media Evaluasi Interaktif namun menggunakan Visual Basic. Bagi sebagian kalangan guru yang pengennya serba instan dalam membuat Media Presentasi Pembelajaran sekaligus Media Evaluasi Interaktif di Ms.Power Point menjadi salah satu “hadangan’ tersendiri. Nahh…setelah mempelajari Lectora ini saya mencoba untuk mengangkat beberapa keunggulan tools ini dibanding aplikasi lainnya.
Istiyanto di blognya mengatakan demikian: Beberapa kali menjadi instruktur Lectora di BTKP DIY, saya berkesimpulan bahwa Lectora merupakan E-Learning Software yang lengkap, handal dan cocok digunakan untuk membuat media pembelajaran. Lectora dapat digunakan secara mudah oleh guru sehingga guru dapat mengkreasikan media pembelajaran sesuai dengan bidang studi yang diampu. Saya sungguh sangat merekomendasikan software ini untuk guru.
Para guru mungkin sudah mengenal dengan yang namanya PowerPoint dan Adobe Flash. Kedua software tersebut menurut saya juga bagus untuk membuat media pembelajaran. Tetapi diciptakannya PowerPoint sebenarnya untuk presentasi, bukan untuk membuat media pembelajaran. Meskipun dengan segala macam cara PowerPoint dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Sedangkan Adobe Flash merupakan software dari Adobe yang dibuat untuk keperluan untuk membuat animasi, dan bukan semata untuk membuat media pembelajaran. Dengan Adobe Flash, kita dapat membuat media pembelajaran secara bebas, dengan berbagai macam desain yang diinginkan tanpa batasan-batasan tertentu.
Untuk Lectora, dari awal software ini diciptakan memang untuk kebutuhan e-learning. Lectora dapat digunakan untuk kebutuhan pembelajaran baik secara online maupun offline yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah. Lectora dapat digunakan untuk menggabungkan flash, merekam video, menggabungkan gambar, dan screen capture.
Sedangkan seorang penulis buku tutorial Lectora, Muhammad Mas’ud mengatakan di blognya: Lectora Inspire semakin banyak diminati para guru. Tidak sedikit guru mencari tahu mengenai Lectora Inspire.

Kini, bagi guru atau umum yang ingin menguasai pemanfaatan Lectora Inspire dalam pembelajaran terutama pembuatan media pembelajaran sebaiknya ikuti Diklat Lectora Inspire.Diklat Nasional Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire.

Lebih lanjut Muh.Mas’ud mengatakan bahwa : Lectora Inspire itu …
Tool ciamik buat bikin media pembelajaran interaktif. Ia lebih mantap dibanding powerpoint.

Tool yang simpel dan bikin semangat guru-guru bikin media pembelajaran.
Lectora bisa bikin kuis dan evaluasi yang hasilnya bisa diketahui langsung. Tipe soalnya terdiri dari 8 tipe. Kuis dan game-nya banyak.
Pokoknya, Lectora Insprire itu membantu banget bagi guru (juga para siswa).

Berikut ini adalah contoh tampilan Media Pembelajaran Interaktif hasil ujicoba saya terhadap Lectora.

Foto Bensam lectora

Media yang saya buat dengan Lectora ini masih cukup sederhana,karena tujuan saya hanya untuk mencoba beberapa fitr yang ada di lectora. Ke depannya saya akan lebih mengembangkan lagi atau mengksplore lagi kemampuan yang dimiliki tools ini!

Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Muh.Mas’ud atas ilmu Lectoranya yang saya pelajari dari buku tutorial lectora jilid 1 yang ditulis oleh beliau. Semoga berkah  selalu!

Sumber tulisan;

http://istiyanto.com/lectora-tools-alternatif-untuk-membuat-media-pembelajaran/
http://muhamad-masud.blogspot.com/2013/01/diklat-lectora-inspire-februari-2013.html
http://lectorabook.blogspot.com/
http://lectora.com/lectora-inspire-free-trial/

Iklan

20 responses

  1. minta link softwarenya kalau ada trims
    salam

  2. Untuk versi demonya (900 mb) bisa diunduh di:http://lectora.com/lectora-inspire-free-trial/. Namun, saya sarankan untuk membeli bukunya cukup murah dan juga dapat CD Software Lectora (Tutorial Lectora 1-Muh.mas’ud) info pemesanannya ada di:http://lectorabook.blogspot.com/.

  3. […] IX.2) yang ternyata dalam sekejap mampu untuk membuat sebuah media presentasi dengan memanfaatkan Lectora, digabung dengan Media Layar Sentuh yang saya kembangkan beberapa tahun terakhir di Kota Depok. […]

  4. Pak, untuk men-downloadnya dmn?

  5. […] pembelajaran kepada siswa kelas VII, dengan menggunakan pembelajaran inovatif dan kreatif,  Lectora dan Media Layar Sentuh.  Berikut paparan kegiatan, sebagaimana yang dikutip oleh Bapak Taufik […]

    1. Trims ya pak Budi serta siswa pengelola web smpn14:)

  6. cuman hasil copas diklat pak tu buku nya…. hehehe

    1. Wahh..Pak Samsu, trims telah mampir di web ini! 🙂

  7. menarik sekali, pak. ohya, itu bisa buat kuis online kan pak? dan yang free ada ga ya? salam

    1. Coba Pak Yusuf hubungi Pak Muh.Mas’ud penulis buku Lectora, insya Allah juga dapet CD Softwarenya. http://lectorabook.blogspot.com/

  8. wah, pak sangat menarik

  9. Jeffry Perdana Putra | Balas

    apakah Lectora bisa digunakan untuk simulasi pada smk teknik elektronika????

    terima kasih

  10. saya suka materi buat tambah pengetahuan

  11. Beli buku supaya dapat CDnya juga dimana ya…apa pesan di link di atas juga? Bukunya bisa didapat di toko buku tidak ya?

    1. Bu mungkin bisa coba hubungi penulis Buku Lectora yaitu pak Muh..Masud di bisa menghubungi di nomor HP 081578113635 atau lewat email muh_masud@yahoo.com.

      1. Oke. Terima kasih ya buat infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: