Imam Suyitno

A. Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Penulis: Prof. Dr. H. Imam Suyitno, M.Pd (Guru Besar Fakultas Sastra Univ. Negeri Malang)

Penerbit: PT.Refika Aditama, Bandung

Tahun Penerbitan: 2011

Panduan, Teori, Perlatihan, dan Contoh

“Kiat Sukses Meningkatkan Jumlah Angka Kredit Publikasi Ilmiah”

Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan salah satu bentuk publikasi ilmiah yang di antaranya dapat berbentuk laporan hasil penelitian, makalah, dan artikel. Mengembangkan Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan salah satu tagihan dan tuntutan bagi guru yang tidak terbiasa menulis karya tulis ilmiah. Karena itu, buku ini disusun dengan maksud membantu memecahkan kesulitan guru dalam melakukan publikasi ilmiah.

Dalam buku ini, dipaparkan perihal karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan pengembangan PTK, penulisan makalah ilmiah, dan penulisan artikel ilmiah. Paparan buku ini dilengkapi dengan contoh artikel PTK. Dengan mengikuti petunjuk dan melaksanakan praktik perlatihan yang disarankan, pembaca akan memperoleh pengalaman berkarya dan menghasilkan karya.

 

 

 

 

B. Memahami Tindakan Pembelajaran

Penulis: Prof. Dr. H. Imam Suyitno, M.Pd (Guru Besar Fakultas Sastra Univ. Negeri Malang)

Penerbit: PT.Refika Aditama, Bandung

Tahun Penerbitan: 2011

Cara Mudah dalam Perencanaan PTK

Ketika merancang PTK, persoalan awal yang dihadapi oleh para guru sebagai peneliti adalah menentukan tindakan pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah kelas. Sebagian besar guru masih belum memiliki wawasan yang memadai tentang tindakan pembelajaran yang akan dilakukannya. Akibatnya, tindakan pembelajaran yang dipilih dan dirumuskan dalam PTK terkesan “asal-asalan” dan tampak kurang dilandasi oleh hasil pemikiran logis yang mendalam. Padahal, secara teoretis dan praktis, ada sejumlah tindakan pembelajaran inovatif dan relevan yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran. Inovasi dan relevansi tindakan tersebut berkaitan dengan pilihan pendekatan pembelajaran yang tepat, penggunaan strategi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan, penerapan metode pembelajaran yang lebih variatif, pemanfaatan media pembelajaran alternatif, dan penggunaan model pembelajaran yang lebih inspiratif. Semua ini dapat diperoleh dan dipahami secara mudah di buku ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: