Aplikasi Fun Learning untuk Guru (Kahoot dan The Hat)

Halo guru kreatif di seluruh Indonesia! Apa kabar? kali ini saya akan share info terkait beberapa aplikasi fun learning baik yang bertipe offline maupun online. Aplikasi yang saya maksud adalah Kahoot dan The Hat. Kahoot adalah aplikasi online untuk membuat Kuis maupun Survey secara interaktif.  Platform Kahoot! platform dikembangkan oleh Johan Brand, Jamie Brooker and Morten Versvik yang menggunakan riset Professor Alf Inge Wang and rekannya at the Norwegian University of Science and Technology (NTNU) tentang penggunaan kuis yang interaktif. Kahoot adalah situs di mana Anda dapat membuat game kustom untuk mengajarkan konsep baru atau hanya untuk bersenang-senang. Dengan Kahoot Anda dapat menciptakan sesuatu dari permainan edukatif untuk kuis bagi siswa dalam kelas Anda atau permainan  pembelajaran yang lebih menyenangkan. Kahoot dapat dimainkan menggunakan web browser, tanpa perlu masuk dengan akun dengan hanya memanfaatkan Smartphone peserta atau siswa. Hal ini membuat mudah untuk memungkinkan siswa untuk bergabung dalam game online Anda dari perangkat internet yang terhubung.

1. Kahoot!
Kahoot! adalah permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan. Diluncurkan pada Agustus 2013 dari Norwegia, Kahoot! sekarang dimainkan oleh lebih dari 50 juta orang di 180 negara. Dirancang untuk dapat diakses untuk ruang kelas dan lingkungan belajar lainnya di seluruh dunia, Kahoot! ‘S permainan belajar ( “Kahoots”) dapat dibuat oleh siapa saja dan tidak dibatasi untuk tingkat usia atau subjek. Sebagai Kahoot! dapat dimainkan menggunakan perangkat, desktop atau laptop dengan web browser, ia dengan cepat merambah di kelas dengan “membawa perangkat Anda sendiri”

2. Penggunaan
Kahoot! biasanya digunakan untuk penilaian formatif, untuk memantau setiap kemajuan siswa terhadap tujuan pembelajaran, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, dan untuk mengidentifikasi daerah-daerah di mana siswa akan mendapat manfaat dari lebih satu-ke-satu pengajaran, lebih menantang kesempatan belajar, atau review dari pengetahuan dasar untuk subjek itu.
pengguna yang lebih berpengalaman juga mengintegrasikan Kahoots ke dalam kurikulum mereka untuk memperkenalkan topik baru, meningkatkan retensi fakta-fakta baru, merevisi sebelum ujian, kelas tantangan di seluruh dunia, pendapat survei, mengumpulkan wawasan, memfasilitasi diskusi, atau untuk menghargai dan mengembalikan energi peserta didik dalam belajar.
Mayoritas pengguna Kahoot! ‘S adalah siswa dan guru di K-12 ruang kelas, dengan meningkatnya jumlah seluruh perguruan tinggi dan universitas dan pendidikan pasca-sarjana. Bisnis juga bisa menggunakan Kahoot! untuk pelatihan kerja dan staf induksi.
3. Bermain game
Kahoot! dirancang untuk pembelajaran sosial, dengan peserta didik berkumpul di sekitar layar umum. Di lingkungan kelas yang khas, ini akan menjadi SmartScreen, papan tulis interaktif, atau monitor komputer. Banyak Kahoots juga dimainkan menggunakan berbagai layar alat seperti Skype, Appear.in dan Google Hangouts.
Ketika kahoot diluncurkan, itu akan memiliki PIN yang unik secara acak yang dihasilkan oleh sistem. Menggunakan perangkat apapun dengan web browser, pemain kunjungi situs yang didedikasikan untuk partisipasi kuis, kahoot.it, dan masukan PIN yang unik, dan kemudian memasukkan nama panggilan sebelum diarahkan ke layar tunggu ( “lobi”). Ketika julukan semua pemain ‘muncul di lobi, pemimpin kahoot (biasanya guru) klik tombol Start untuk memulai kuis.
Selama gameplay, pertanyaan-pertanyaan dan hingga 4 jawaban pilihan ganda ditampilkan pada layar utama. Setiap jawaban sesuai dengan warna khas dan bentuk. Pada layar perangkat peserta didik, ada paling banyak empat persegi panjang dengan warna dan bentuk pada masing-masing, dan pelajar perlu klik atau tekan pada persegi panjang yang mewakili jawaban yang benar. Desain game adalah seperti bahwa pemain diharuskan untuk sering mencari dari perangkat mereka, yang memungkinkan interaksi sosial dengan guru dan rekan-rekan mereka.
Untuk setiap pertanyaan dijawab dengan benar, sejumlah poin (dengan maksimal 1000, tergantung pada waktu siswa mengambil untuk menjawab pertanyaan) diberikan kepada masing-masing peserta didik. Pada akhir setiap pertanyaan, pelajar melihat skornya saat ini dan peringkatnya di kelas di layar sendiri. Peserta didik dengan 5 nilai tertinggi akan ditampilkan pada leaderboard pada layar utama juga, untuk mendorong persaingan yang sehat di antara pemain.
4. Perangkat yang didukung.
Dipengaruhi oleh “membawa perangkat Anda sendiri” tren, Kahoot! bertujuan untuk mendukung berbagai web browser dan perangkat mobile melalui antarmuka web, termasuk Android 4.0 atau yang lebih baru dan semua browser web modern. Ada juga aplikasi asli untuk Android yang tersedia, dan menurut Kahoot! aplikasi untuk platform lain yang direncanakan tapi tidak prioritas utama. Ada juga aplikasi untuk iOS dan Android.

Adapun video tutorial cara membuat kuis di kahoot bisa dilihat di video berikut ini:

Untuk unduh tutorial Kahoot dalam bentuk MS.Word bisa klik link disini.

sedangkan tutorial secara online bisa buka blog dengan alamat sbb: http://www.homeppt.com/id/articles/create-play-educational-games-to-learn-new-concepts-with-kahoot.html

 

Sedangkan The Hat adalah aplikasi gratis untuk memilih dan memanggil siswa baik secara individu maupun kelompok secara otomatis dan random sehingga fun learning sifatnya.

Untuk mengunduh aplikasi The Hat tersebut silakan klik link berikut :http://www.harmonyhollow.net/download.shtml setelah terbuka pilih The Hat 3.1.2.1 dan klik Download Now seperti gambar di bawah ini:

Selamat berkreasi !

Sumber artikel:

  1. http://silviarachman17.blogspot.co.id/2017/01/belajar-sambil-bermain-di-kahoot.html
  2. https://anitarohmawati.com/2016/02/15/membuat-game-interaktif-menggunakan-kahoot/
  3. http://www.homeppt.com/id/articles/create-play-educational-games-to-learn-new-concepts-with-kahoot.html
Iklan

One response

  1. terima kasih. informasinya sangat bermanfaat dan membantu. jangan lupa kunjungi blog kami, informasi seputar bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: