Ms.Mouse Mischief

Microsoft sejak beberapa tahun lalu telah mengembangkan sebuah aplikasi yang dikenal dengan nama Mouse Mischief yang sangat bermanfaat bagi guru untuk melakukan evaluasi pembelajaran di kelas dalam bentuk kegiatan yang interaktif dan menyenangkan. Proses evaluasi yang menggunakan aplikasi ini akan lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan dengan proses evaluasi yang biasanya disampaikan menggunakan kertas. Sayangnya, teknik ini belum banyak dimanfaatkan oleh banyak sekolah, meskipun di beberapa daerah juga sudah mulai memperkenalkan media evaluasi pembelajaran ini. Mouse Mischief adalah aplikasi tambahanMicrosoft PowerPoint yang memungkinkan banyak siswa dapat mengakses kepada satu buah komputer di dalam kelas.

Fitur ini berintegrasi dengan Office PowerPoint 2010 dan 2007 yang memungkinkan para tenaga pengajar untuk membuat presentasi yang sangat interaktif dan melibatkan audience atau siswa pada saat presentasi. Sebagai contoh, 5 hingga 25 siswa, masing-masing menggunakan mouse dapat memilih suatu soal multiple choice atau menggambar bersama-sama. Dengan menggunakan ini, para siswa tidak hanya melihat materi presentasi yang ditayangkan di dalam kelas, namun mereka juga dapat berinteraksi dengan materi yang disampaikan guru.

Mengingat masih cukup mahalnya harga mouse wireless (nirkabel) maka penulis berstrategi dengan hanya membekali tiap kelompok ( 8 kelompok) hanya dipinjamkan satu mouse wireless untuk menjawab soal evaluasi dengan strategi siswa mana yang akan memegang mouse digilir secara acak dengan memanfaatkan modelNumber Heads Together (Model Pembelajaran ini telah dibahas di artikel milik penulis yang bertajuk All Students Always Ready To Learn).

Untuk melihat tutorial Ms.Mouse Mischief bisa lihat video berikut:

One response

  1. […] presentasi pembelajaran yang telah disusun sebelumnya dan ditampilkan dengan media layar sentuh dan mouse mischief yang kami kembangkan beberapa tahun terakhir. Saat evaluasi pembelajaran pun juga beberapa siswa […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: