Media Presentasi Pembelajaran

A. Autoplay Media Studio 8

Jika kita sebagai guru atau siswa ingin berpresentasi yang menarik bagi audiens maka kita dapat memanfaatkan aplikasi Autoplay Media Studio baik versi 7.5 atau yang terbaru versi 8. Dengan aplikasi ini kita dapat membuat tampilan autorun presentation yang di dalamnya terdapat tombol-tombol panggil yang berguna untuk menampilkan berbagai jenis file, seperti video, power point, one note, mindjet mindmanager, musicms. Excel, ms.word, animasi , foto, gambar, folder tertentu dan segala macam file lainnya dapat dipanggil oleh tombol-tombol yang telah disediakan oleh autoplay.

Yang membuat aplikasi ini begitu unik dan menarik antara lain, jika tombolnya di sentuh dan diklik maka akan menimbulkan suara yang menarik dan juga jenis suara yang bertipe ogg tersebut cukup banyak variasinya. Demikian pula dengan jenis tampilan tombolnya bisa beraneka warna dan bentuknya. Template backgroundnya pun juga bervariasi tergantung dari keinginan kita untuk memilih bentuk, model, maupun warnanya. Bahkan, backgroundnya dapat diganti oleh foto atau gambar milik kita sendiri yang tentunya jika kita ingin berpresentasi disesuaikan dengan materi, bahan pembicaraan, siapa audiensnya, termasuk tema atau topiknya, dll. Template dan backgroundnya juga dapat diberi suara music agar lebih interaktif dan music yang berjalan bisa berulang-ulang terus. Namun, saat kita ingin berpresentasi apabila musiknya dirasa agak mengganggu maka bisa dimatikan sementara jika diperlukan dengan memanfaatkan fungsi tombol on/off music background.

Aplikasi ini sangat cocok kita gunakan untuk menampilkan presentasi sebuah bab atau materi ajar baik yang disajikan oleh guru atau para siswa. Dari berbagai pengalaman penulis menggunakan aplikasi ini banyak tanggapan positif dari audiens tentang menariknya presentasi yang ditampilkan sehingga banyak guru atau siswa yang ingin belajar menggunakannya disetiap presentasi mereka untuk berbagai keperluan, utamanya untuk pembelajaran.

Jika kita telah selesai membuat sebuah aplikasi presentasi dengan autoplay ini maka file jadinya dapat dikopi ke folder di laptop kita atau dijadikan CD Autorun yang jika CD tersebut kita masukan ke dalam CD Rom maka tampilan presentasi yang penuh dengan berbagai tombol panggil tadi akan muncul dengan sendirinya dan tinggal kita manfaatkan untuk keperluan presentasi.

Awalnya, penulis belajar dari rekan sesama guru sendiri di SMP Negeri 14 Depok yaitu dari Pak Subhan, S.Pd (Guru Seni Budaya) dan setelah belajar dari beliau penulis telah banyak merangkum materi ajar di IPS SMP maupun untuk keperluan presentasi materi diklat/workshop/pelatihan termasuk presentasi urusan kedinasan dan lain-lain. Para siswa kami pun cukup banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk keperluan presentasi tugas kelompok jika mereka ditugaskan guru untuk sebuah tugas mata pelajaran. Hasilnya, yang selama ini penulis maupun siswa-siswa kami rasakan dari penggunaan aplikasi ini adalah menjadikan salah satu motivasi tersendiri jika berpresentasi sekaligus menjadi alur bagi jalannya presentasi kita sehingga audiens akan mudah mengikuti alur yang telah kita susun. Efektivitas serta efisiensi menjadi salah satu alasan bagi kami untuk menggunakan aplikasi ini karena dengan membuat sekali saja maka untuk keperluan presentasi berikutnya dapat digunakan kembali bahkan jika perlu dapat di edit lagi.

Mari rasakan sensasinya berpresentasi dengan Autoplay Media Studio, Let’s try and It’s Amazing!!!

1. Untuk melihat cara memanfaatkan Autoplay Media Studio ada di video berikut:

2. Untuk melihat tutorial penggunaan Autoplay Media Studio ada di video berikut:

 

 

B. PREZI Desktop

Selama ini kita sudah sangat familiar dengan Microsoft Power Point baik 2007 maupun 2010 untuk untuk menyusun materi presentasi. Namun demikian, sebenarnya cukup banyak aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan untuk membuat tampilan presentasi terutama untuk pembelajaran di kelas dan tidak ada salahnya jika kita melirik aplikasi lain yang juga berfungsi sama dengan Ms Power Point namun memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahkan beberapa aplikasi lain tersebut memiliki keunggulan yang belum tentu ada di Ms. Power Point. Ada beberapa aplikasi yang bisa kita andalkan seperti Slide Effect, Presentation 3D, dan Prezi Desktop. Hanya saja di artikel ini penulis tidak akan membahas ketiga aplikasi tersebut sekaligus.

Nah, pada postingan kali penulis ingin berbagi info tentang aplikasi yang sangat menarik untuk presentasi bagi guru maupun siswa. Nama aplikasi tersebut adalah PREZI Desktop dengan ciri khas ‘Zooming Presentation’nya. Keunikan presentasi dengan Prezi tidak perlu berpindah dari satu slide ke slide lain. Cukup dengan satu kanvas besar yang bisa disisipi gambar, video, data, dan lain-lain serta cukup digeser-geser saja maka jadilah presentasi kita seperti melihat tampilan lukisan grafiti di dinding yang lebar. Jadi untuk presentasi dengan Prezi tak perlu banyak slide. Cukup 1 slide saja.

Dari satu topik ke topik, presentasi kita cuma cukup bergeser, malahan bisa berputar ke kiri dan kekanan, zoom sana zoom sini, tanpa perlu ganti slide. Inilah uniknya Prezi!!! Enaknya Prezi, selain menarik, kita bisa membuka file presentasi dari mana saja kita berada asal ada koneksi ke Internet. Jaga-jaga jika koneksi Internet putus di tengah presentasi, Prezi masih menyediakan fasilitas untuk kita dapat mengunduh file presentasi kita ke dalam bentuk file executable (EXE) yang sebelumnya dikompres oleh Prezi dalam bentuk ZIP.

Enaknya yang lain, kita bisa mengedit bareng-bareng presentasi kita secara online di website resmi yaitu di prezi.com dengan rekan-rekan kita yang lain dimanapun mereka berada, tentunya setelah kita beritahukan linknya.

Prezi bisa dicoba dengan gratis meskipun dieditnya harus secara online, maklumlah Prezi ini aplikasi web 2.0. Sedikit kekurangannya, aplikasi web dari Prezi ini semuanya berbasis Adobe Air dan membutuhkan kecepatan Internet yang baik untuk menggunakannya. Tapi meski lemot internetnya, kita masih bisa pakai kok. Kelemahan lainnya adalah presentasinya tidak bisa diprint, pilihan font dan warnanya terbatas, serta untuk beberapa minoritas orang dapat merasa pusing karena melihat perpindahan yang sangat dinamis.

Menyunting Prezi secara offline

By the way, tidak harus online untuk mengerjakan presentasinya. Jika mau mengerjakan secara offline maka kita harus mengunduh Prezi Desktop Trial nya di https://prezi.com/desktop/ . Meskipun trial 30 hari tapi kita masih bisa menggunakannya tanpa harus khawatir masa trial nya habis. Untuk itu kita harus Sign In terlebih dahulu di web Prezi.com.
Sekilas tentang Prezi

Prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka.

Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi linier, atau presentasi berbentuk peta-pikiran (mind-map) sebagai contoh dari presentasi non-linier. Pada Prezi, teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan. Pengguna kemudian menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua obyek presentasi dan dapat mengitari serta menyorot obyek-obyek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, pengguna dapat membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Prezi pada awalnya dikembangkan oleh arsitek Hungaria bernama Adam Somlai-Fischer sebagai alat visualisasi arsitektur. Misi yang dinyatakan oleh Prezi adalah untuk “membuat berbagi ide menjadi lebih menarik”, dan Prezi sengaja dibuat untuk menjadi alat untuk mengembangkan dan berbagi ide dalam bentuk visual yang bersifat naratif.

Dari pengalaman penulis setelah memanfaatkan Prezi untuk membuat presentasi berbagai keperluan semisal untuk pembelajaran sebagai alternatif Ms.Power Point ternyata cukup memberikan penyegaran bagi siswa yang selama ini sudah sering menggunakan Ms.Power point.

Jika pembaca ingin melihat contoh jadi presentasi dengan Prezi bisa dicoba dan dilihat di :
(Jangan lupa….!!! Sebelum mencoba prezi di laptop/komputer anda terlebih dahulu sudah menginstall adobe airyang telah disediakan di prezi.com)

1.Video tutorial cara memanfaatkan Prezi
2.Contoh presentasi Prezi bertema Sejarah Depok Cyber Community (disusun penulis-untuk memulai presentasi cukup klik lambang segitiga di yang ada di tengah bawah tampilan presentasi)
3.Contoh presentasi Prezi tentang Bimbingan & Konseling

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!!

Artikel disusun & diolah dari beberapa sumber antara lain:
1.http://mbegedut.blogspot.com/2012/09/prezi-zooming-presentation-editor.html
2. http://ihsancreation.wordpress.com/2012/05/25/mari-bermain-prezi-untuk-presentasi/

Iklan

4 responses

  1. Terima Kasih Pak Atas infonya ..
    artikel yang sangat bagus ..

    1. Trima kasih atas apresiasinya! 🙂

  2. bang, boleh nanya kalau autoplay audio pas masuk web, gimana caranya buat wordpress

  3. Saya ingin sekali saya dapat belajar dengana bantuan IT,namun saya belum mampu, jadi bisakan saya minta bahan yang sudah jadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: