Lomba antar Guru Nasional

Penulis sempat beberapa kali mengikuti Lomba Antar Guru di tingkat nasional antara lain:

A. Lomba Kreasi & Inovasi Media Pembelajaran Tingkat Nasional 2009 di KEMDIKNAS Jakarta

Lebih jelasnya hasil lomba tersebut sebagai berikut:
Jakarta (Mandikdasmen): Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, mendorong para guru untuk menciptakan kreasi dan inovasi media pembelajaran, guna membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas keilmuan peserta didik.

Demikian sambutan Mohammad Nuh, sebelum menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Kreasi dan Inovasi Media Pembelajaran tahun 2009 untuk guru SMP se-Indonesia, di ruang sidang lantai 5 Gedung E kompleks Depdiknas, Senayan, Jakarta, Jumat (13/11), Sore. Acara ini juga dihadiri Dirjen Mandikdasmen, Sesditjen Mandikdasmen, Direktur Pembinaan SMP, pejabat eselon 3 dan 4 di lingkungan Ditjen Mandikdasmen, dan para pemenang lomba Kreasi dan Inovasi Media Pembelajaran.

”Kegiatan lomba ini merupakan bagian ikhtiar dari guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita. Ini perlu terus didorong dan dikembangkan, karena berikhtiar merupakan bagian dari kewajiban guru di dalam menemukan metodologi pembelajaran yang pas untuk peserta didiknya,” katanya.

Mohammad Nuh menambahkan bahwa metodologi mengajar memang harus terus-menerus diperbarui melalui kegiatan kreasi dan inovasi. Ini berada di tangan guru, karena sesungguhnya gurulah yang paham benar tentang metodologi apa yang perlu diterapkan kepada peserta didiknya.

Sementara itu, lanjut Mohammad Nuh, banyak masyarakat yang mengkritisi berbagai persoalan pendidikan, tapi tidak disertai dengan ikhtiar dan memberikan jalan keluar bagaimana memperbaikinya.

”Padahal jika disertai dengan ikhtiar dan upaya bagaimana cara memperbaikinya, persoalan itu akan selesai dan pendidikan kita akan menjadi lebih baik,” jelas Mohammad Nuh.

Mantan Rektor Institut Tekhnologi Surabaya (ITS) ini juga memotivasi para guru agar senantiasa berusaha meningkatkan kontribusinya di bidang pendidikan, mengingat kontribusi itu merupakan bagian dari amal jariyah yang tidak akan pernah putus pahalanya.

”Guru adalah orang yang InsyaAllah akan masuk surga, karena seorang guru tidak hanya memiliki anak yang soleh, namun juga punya ilmu yang bermanfaat. Yang pertama, barangkali semua orang bisa, namun yang kedua yaitu ilmu yang bermanfaat, hanya guru yang memilikinya,” katanya.

Lomba Kreasi dan Inovasi Pembelajaran 2009 tingkat SMP ini diikuti 198 peserta dari 33 provinsi. Terdiri dari bidang IPA (46 guru), IPS (36 guru), Matematika (39), Bahasa Inggris (20 guru), Bahasa Indonesia (40 guru), dan Pendidikan Kewarganegaraan (17 guru).

Dari 33 Provinsi, Jawa Timur menjadi provinsi yang berhasil meloloskan peserta terbesar sebanyak (37 guru), berikutnya Jawa Tengah (23 guru), D.I. Yogyakarta (25 guru), dan Jawa Barat (15 guru).

Lomba yang bertemakan Media Pembelajaran untuk Menciptakan Proses Pembelajaran yang efektif, efisien, dan mengembangkan kemandirian dalam belajar, bertujuan mendorong setiap guru SMP agar berkreasi, berinovasi dan menggunakan media pembelajaran secara lebih efektif, efisien, interaktif, menyenangkan, dan bisa memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar-mengajar. Lomba ini juga bertujuan menciptakan wahana tukar pengalaman antara guru SMP se-Indonesia.

Daftar Pemenang Bidang IPS

No Nama Asal Sekolah Juara
01 Taufik Ibrahim SMPN 14 Depok I
02 Ramandani SMPN 11 Jakarta II
03 Martina L J SMPN Ngantang Malang III
04 Nor Adina F SMPN 2 Batang Alam Utara Harapan I
05 Witono SMPN 1 Purwantoro Harapan II

Sumber: Kemendikbud-Dirjen Pendidikan Dasar (http://118.98.166.62/content/berita/utama/berita-295.html)

B. Lomba Multimedia Pembelajaran 2011 di NACTI-Edupartner Institute-Semarang

C. Lomba Guru Kreatif Nasional 2012 di Olimpiade Humaniora Nusantara yang diselenggrakan oleh Smart Ekselensia LPI-Dompet Dhuafa Bogor

Berikut ini adalah pengumuman dari panitia Lomba Guru Kreatif untuk persiapan Finalis.

Bismillahirrahmannirrahiim..

Rekan-rekan peserta Lomba Guru Kreatif,

berikut kami umumkan nama-nama FINALIS LOMBA GURU KREATIF – Olimpiade Humaniora Nusantara:

1. Ahmad Su’aji  — SMPN 14 Depok

2. Bahar Sungkowo, S.Pd — SMP Internat Al Kausar Sukabumi

3. Dra. Siti Rofiqoh — SMPN 13 Bogor

4. Teti Suherti, S. Pd — SMPN 13 Bogor

5. Taufik Ibrahim, S.Pd — SMPN 14 Depok

Selamat kepada para finalis. Selanjutnya kami menunggu kehadiran Bapak dan Ibu untuk mengikuti tahap microteaching dan mendadak kreatif yang dilaksanakan pada :

hari/tanggal       : Rabu/ 7 Maret 2012

jam                    : 08.00 – selesai

tempat               : SMART Ekselensia Indonesia

untuk ketentuan pelaksanaanya akan kami informasikan melalui email dan atau sms.

Bagi  peserta yang lain, kami mengundang Bapak dan Ibu dalam acara  SEMINAR PENDIDIKAN yang bertema: “Antara Idealisme dan Fakta Kurikulum Humaniora di Sekolah Menengah” yang InsyaAllah akan dilaksanakan pada hari yang sama.

Kami sangat berterimakasih atas partisipasi Bapak dan Ibu dalam Lomba Guru Kreatif – Olimpiade Humaniora Nusantara tahun ini. Besar harapan kami silaturahim ini tetap terjalin di kemudian hari dan semoga hasil karya Bapak dan Ibu bisa memberi kontribusi bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. aamiin..

Hormat kami,

Panitia Lomba Guru Kreatif

Sumber: http://olimpiadehumanioranusantara.wordpress.com/tag/pengumuman-lomba-guru-kreatif-olimpiade-humaniora-nusantara/

D. Lomba Penulisan Artikel tentang Teknologi Pendidikan 2012 di Acer Guraru (guraru.org)

Setelah penutupan lomba pada 9 Juni 2012, tim dewan juri mulai bekerja melakukan penyisihan dan penyeleksian dari artikel-artikel yang masuk, berdasarkan data yang dikirimkan peserta.

Lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas serta partisipasi guru dalam peningkatan literasi teknologi ini diikuti oleh sebanyak 240 artikel. Lalu kemudian dilakukan penyisihan sehingga menjadi 13 artikel terbaik dari yang terbaik.

Di dalam proses penjurian, dewan juri yang terdiri dari 3 orang pemenang Acer Guraru Award dan perwakilan dari Acer Indonesia melakukan penilaian berdasarkan judul dan konten artikel yang sejalan dengan tema lomba, struktur artikel dan kreatifitas penyajian tulisan, popularitas artikel dan aktifitas member di website Guraru.

Berikut ke 13 artikel hasil penyisihan:

1. Agus Firman, Tulisan Barudak: Blog Kecil Untuk Mimpi Besar 

2. Aji Marwonto Aris Munandar, Ssi, Flash, Powerpoint dan Excel yang kuandalkan….

3. Yusrizal Panjaitan, Belajar Makin Asik dengan Mobile Edukasi 

4. Sukani, Klinik Matematika Online

5. Salamah S.Pd, Mendatangkan Native Speaker Melalui Yahoo Mesengger 

6. Dzulfikar Al-A’la, Membuat Anak Lebih Tertarik Dengan Matematika

7. Siti Mugi Rahayu, Bagaimana kalau Guru dan Siswa sama-sama NgeBlog ?

8. Drs. Sartono, M.Si, Virus Guru Go Blog, Awas Mudah Menular! 

9. Erfano Nalakiano, Teknologi Barang Bekas untuk Alat Peraga

10. Setiyo Prajoko, Belajar Invertebrata Bersama Spongebob!

11. Taufik Ibrahim, S.PdInovasi Pembelajaran Bernuansa TIK

12. Rusdi Mustapa, S.Pd, Pembelajaran Sejarah Aktif Dengan Media Mind Map

13. Estu Pitarto, Mengenal Budaya Indonesia dengan Quantum Ubud

Selamat kepada para finalis!

Sumber: http://guraru.org/news/2012/06/15/968/finalis_lomba_penulisan_artikel_guraru.html

E. Lomba Inovasi Pembelajaran antar Guru SMP Tkt nasional 2013

Sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan adalah diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2013. Lomba ini merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran dalam pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran dalam rangka memecahkan berbagai masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu hasil belajar siswa. Melalui lomba ini karya-karya inovasi yang terpilih dapat menjadi rujukan bagi guru SMP untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Adapun secara khusus tujuan diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah:

1. memotivasi dan menginspirasi guru untuk melakukan praktik perbaikan pembelajaran;

2. membangun budaya belajar sepanjang hayat, kreatif, inovatif; dan

3. mempublikasikan dan mendesiminasikan pengalaman terbaik dari hasil inovasi pembelajaran guru.

Setelah menunggu beberapa bulan lamanya akhirnya terpanggillah 99 Nominator guru terpilih dari seluruh Indonesia dari kurang lebih 202 Kabupaten/Kota yang mengirim laporan hasil karya inovatifnya ke Kemdikbud untuk mengikuti Final yang berlangsung di Hotel Bellezza Suites, Arteri Permata Hijau, Jakarta Selatan. Media Pakpikpok Edu Games dan karya inovasi pembelajaran lainnya yang saya kirim, alhamdulillah termasuk yang dipanggil ke final.

Final tahun ini sangat menarik bagi seluruh guru nominator, hal ini dikarenakan Kemdikbud sangat mengapresiasi seluruh karya inovasi yang masuk final, yaitu dengan memberikan uang pembinaan sebesar 8,5 juta rupiah serta imbal prestasi berupa Laptop Toshiba. Disamping itu pula transport yang lumayan pun diterima seluruh nominator. Sedangkan dari 99 finalis tersebut akan dipilih 10 juara yangakan mendapatkan uang yang jumlah sangat besar berkisar dari 15 sampai dengan 35 juta per orang.

hadiahuang

Final berlangsung selama 5 hari dari tanggal 22 sampai dengan 26 Oktober 2013. Selama final berlangsung seluruh peserta harus menghadapi penilaian kedua setelah penilaian pertama yaitu penilaian laporan karya inovatif yang bobotnya 60%. Nah, di final tersebut ada dua tahap lagi yaitu penilaian tes tertulis berbobot 10% berisi tentang Kompetensi Paedagogik 50 soal dan Kompetensi Profesional 50 soal.  Tes tulis tersebut berlangsung di hari kedua, sedangkan tahap ketiga atau terakhir berbobot 30% berlangsung di hari ketiga dan keempat dimana para finalis mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya inovatifnya di hadapan 5 dewan juri yang terdiri dari kalangan akademisi profesional dan para pakar bidang pendidikan.

Bertemu dan bertukar informasi antar finalis yang merupakan para guru inovator terbaik se-Indonesia merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami para finalis apalagi, saya banyak menemukan banyak cerita pengalaman para guru di daerah yang begitu menginpirasi, semisal pengalaman finalis dari Bengkulu yaitu Bpk. Gandhi Harianto yang ternyata menjadi satu-satunya finalis dari bidang studi penjasorkesyang berhasil lolos ke final dan ini menjadi momen berharga bagi beliau yang mendapatkan respek dari hampir semua finalis karena sejujurnya kami sangat jarang melihat guru penjasorkes yang mau bersusah payah untuk melakukan inovasi pembelajaran. Pengalaman menarik lainnya juga saya dengar dari cerita para guru yang berasal dari daerah lainnya seperti kisah Pak Suryanto di Sorong, Papua, Pak Eka Purjiyanta dari Demak, Pak Trisno Widodo dari Kota Bogor, dan lain-lain menambah khazanah keilmuan yang sebelumnya sangat jarang saya temui di lingkungan kerja saya. Secara umum para finalis saya nilai sebagai para guru yang sangat peduli dengan citra profesinya terutama karya inovasi mereka yang benar-benar menginspirasi.

Sebenarnya, saya berangkat ke final tersebut dalam kondisi kurang fit baik secara fisik dan psikis. Hal ini disebabkan saya baru saja kehilangan sahabat dan rekan kerja saya di sekolah yaitu Pak Udi Sujana (Staf TU sekolah) yang wafat tepat di hari pembukaan final saat saya di Jakarta. Kesedihan yang mendalam saya rasakan saat pembukaan final berlangsung di aula pertemuan sebab saya tidak sempat ikut ke Sukabumi menyaksikan pemakaman rekan saya tersebut. Ini dikarenakan saya telah mendapatkan tugas dari Dinas Pendidikan Kota Depok dan Provinsi Jawa Barat untuk mewakili ikut final. Konsentrasi saya sempat terpecah karena sedih kehilangan rekan kerja diitambah lagi kondisi fisik saya yang menurun drastis setelah pekan-pekan yang sibuk di pekerjaan dinas sebelum final berlangsung.

Namun, karena mengingat untuk menjalankan tugas dari Disdik Kota Depok serta rasa ingin ‘menggembirakan’ pihak sekolah yang sedang berduka menjadikan energi tersendiri bagi saya untuk menampilkan yang terbaik. Alhamdulillah Allah SWT memberikan berkahnya dengan kepulihan bagi saya tepat di hari dimana saya harus berpresentasi dan tanya jawab bersama dewan juri yaitu hari Kamis 24 Oktober 2013. Saya menjadi peserta yang termasuk terakhir berpresentasi, ini dikarenakan kondisi saya yang kurang fit di hari sebelumnya.

Pada hari keempat, Jumat 25 Oktober 2013 sekitar pukul 10 WIB mulailah acara pengumuman dilaksanakan, sebenarnya saya pun sudah pasrah setelah kondisi saya yang kurang fit di final kali ini, bagi saya yang terpenting adalah menjalankan tugas dari Disdik Kota Depok telah saya upayakan yaitu menjalankan tahap Tes Tulis dan Tes Presentasi. Namun, alhamdulillah saat pengumuman dibacakan, hampir tidak percaya rasanya saat pengumuman berlangsung Karya Inovasi Pembelajaran saya berhasil masuk Top Ten (10 Terbaik) dan di sepuluh besar tersebut berada di peringkat 3 atau juara ketiga nasional.

Ada yang menarik jika melihat komposisi para juara di 10 terbaik, dimana guru-guru dari Jawa Tengah begitu mendominasi dengan menempatkan 6 gurunya di 10 besar, sedangkan Jawa Barat hanya 2, Jawa Timur 1 dan Kalimantan Selatan 1 guru. Nampaknya, saya harus belajar banyak dari budaya pendidikan yang telah tumbuh dan berkembang di Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Belezza35

Namun begitu, saya tetap bersyukur, karena dari awalnya coba-coba membuat Edu Games dengan Power Point dan inovasi pembelajaran lainnya ternyata mendapat apresiasi dari pemerintah dalam hal ini pihak Kemdikbud Pusat.

Yap! Pakpikpok berbuah uang segempok!

Terima kasih buat para siswaku yang telah mempraktekkan berbagai inovasi pembelajaran yang telah saya buat! Terima kasih juga buat rekan guraruers yang telah sempat mendokan saya!

Salam Inovasi! :)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

8 responses

  1. mas pengumuman finalis lomba kreativitas guru nasional 2013 kemdikbud sudah ada belum ya….

  2. boleh tau suda berapa kali menang lomba karya tulis>>>>??? saya mau berbagi pengalaman

    1. Kurang lebih sudah tiga kali sempat ikut lomba yang bernuansa KTI. 🙂

  3. Kita pernah ketemu di Inobel pak.. Salam sukses

    1. Wahhh… ketemu lagi pak alytera..salam sukses juga ya! 🙂

  4. Ass pak.. Saya sgt kagum dg prestasi bpk .. Dan saya jg ingin menjadi guru berhasil spt bapak. Saya guru Sd pak..apa bpk bs membimbing saya dlm pembuatan karya ilmiah,pak? Trm ksh..

    1. Waalaikum slm…jika bu Silvia ingin dpt info ttg KTI bisa kunjungi blog sy yg baru di: http://www.opikibra.com pada page Karya Ilmiah. Semoga sukses ya bu… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: