Media Layar Sentuh

Penulis saat ini sedang mengembangkan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan Assistant Projector VIMEO yang diproduksi oleh PT. Satu Solusi Intermedia Utama. Assistant projector ini memiliki kemampuan menerima perintah dari pena infrared yang terintegrasi dengan kamera. Proyektor ini bisa menangkap seluruh titik koordinat yang ada di layar virtual. Jika ada layar yang disentuh dengan optical pen magnetic, dia otomatis bisa digerakan untuk navigasi. Persis seperti saat menggunakan mouse komputer. Cara menangkap gambarnya menggunakan teknologi optik infrared untuk kalibrasi. Sangat mudah dan tidak membutuhkan spidol white board lagi. Dengan kata lain dengan VIMEO memungkinkan whiteboard biasa maupun tembok sekalipun dapat dijadikan sebagai media layar sentuh yang sangat interaktif dan menarik bagi siswa maupun guru. Sementara software SmartNotebook 10.7 adalah software yang cocok digunakan untuk menyusun media presentasi pembelajaran materi pelajaran IPS yang ber-ranah kognitif menjadi interaktif bagi guru ketika menjelaskan materi pelajaran di depan para siswanya. Melalui SmartNotebook 10.7 banyak fungsi dan fitur yang sangat menarik dijadikan media presentasi pelajaran yang tidak dapat ditemui pada whiteboard biasa.

Berbagai slide berisi evaluasi pembelajaran (evaluation toolkits) yang interaktif bagi siswa dapat disusun dengan memanfaatkan software SmartNotebook 10.7 sehingga guru mampu melihat apakah para siswa  memahami materi pelajaran atau tidak. Demikian pula dengan para siswa dengan sukarela tampil ke depan untuk menyelesaikan soal evaluasi yang telah disiapkan oleh guru.

Selama ini penulis menggunakan kartu untuk mengundi siswa mana yang akan tampil tetapi  penulis mengembangkan lagi agar seluruh siswa selalu bersiap diri dengan cara memanfaatkan Random Tools yang merupakan bagian dari software SmartNotebook 10.7.  Sedangkan  Number Heads Together adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. Spencer Kagan memperkenalkan model ini pada tahun 1992. Model pembelajaran ini biasanya diawali dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Masing-masing siswa dalam kelompok sengaja diberi nomor untuk memudahkan kinerja kerja kelompok, mengubah posisi kelompok, menyusun materi, mempresentasikan, dan mendapat tanggapan dari kelompok lain.

Dalam prakteknya saat ini, penulis sudah mengembangkan model NHT ini menjadi lebih interaktif lagi dengan mengkolaborasikan bersama software layar sentuh yaitu SmartNotebook 10.7.

Penulis memanfaatkan beberapa software lainnya yang terkait dengan mata pelajaran IPS dimana software tersebut akan sangat cocok dan interaktif bagi para siswa jika digunakan melalui versi layar sentuh. Software-software tersebut antara lain Seterra 3.0 (software untuk belajar tentang peta dunia termasuk posisi suatu negara, benua, kota dan lain-lain di dunia) dan Encarta Premium DVD 2009 (software seperti perpustakaan digital dimana di dalamnya banyak pengetahuan sosial yang interaktif sifatnya).

Dalam prakteknya saat ini, penulis sudah mengembangkan model NHT ini menjadi lebih interaktif lagi dengan mengkolaborasikan bersama software layar sentuh yaitu SmartNotebook 10.7.

Video untuk melihat cara memasang asisten proyektor agar whiteboard biasa menjadi layar sentuh:

 

Iklan

2 responses

  1. assalamu’alaikum. pak boleh minta rekomendasi tempat membeli media layar sentuh seperti yang diatas? terima kasih pak

    1. Hubgi Distibutornydi Mas Bayu HP 082122719654 (PT Satu Solusi di Jakarta Timur) nama alatnya Asisten Proyektor VIMEO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: