Motivasi Guru

1. Video ini berisi motivasi untuk para guru agar mempersiapkan diri guna menghadapi PKG dan PKB.

Adapun cerita lengkapnya sebagai berikut:

Cerita ini terjadi ketika penulis mendapatkan tugas dari salah seorang rekan guru untuk membuat video motivasi bagi para guru-guru se-Kota Depok yang berkumpul di PPPPTK Bojongsari Depok dalam sebuah pertemuan untuk Sosialisasi tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sesuai dengan PERMENNEGPAN dan RB No. 16 Tahun 2009 yang katanya akan berlaku mulai Januari 2013. Pertemuan tersebut dihadiri oleh berbagai perwakilan guru se-Kota Depok yang berasal dari seluruh MGMP mata pelajaran yang ada serta dihadiri oleh para pejabat Dinas Pendidikan Kota Depok. Untuk hal ini penulis membuat sebuah animasi dengan foto penulis sendiri yang intinya berisi informasi agar seluruh guru dapat bersiap diri menjelang pemberlakuan PKG dan PKB tadi. Ketika video ditampilkan beragam tanggapan dan komentar seputar pesan yang terkandung dalam animasi tersebut. Namun, yang terpenting bagi penulis adalah pesan yang ingin penulis sampaikan coba dilakukan dengan cara yang berbeda agar audiens terutama para guru mau ‘bersolek’ untuk mempersiapkan diri menghadapi PKG dan PKB.

 

2. Video ini berisi motivasi untuk para guru agar keluar dari ‘Zona Nyamannya’.

Adapun cerita lengkapnya sebagai berikut:

Video yang kedua ini berisi pesan dari penulis khususnya untuk penulis sendiri dan umumnya bagi para guru sekalian untuk kita sama-sama terus meningkatkan kualitas kita sebagai guru terutama bagi para guru yang telah lulus sertifikasi dan memiliki sertifikat pendidik apalagi bagi para guru yang telah beberapa tahun terakhir menikmati tunjangan profesi dari pemerintah sebesar satu bulan gaji. Idealnya dengan tunjangan tersebut para guru dapat selalu UPDATE dan UPGRADE terkait kompetensi kita sebagai guru, salah satunya adalah dalam hal pemanfaatan teknologi atau TIK dalam pembelajaran.

 

3. Lagu untuk memotivasi para guru yang berjudul “Guru Tanggal Satu”

Sebagai apresiasi terhadap kinerja para guru, terutama bagi guru-guru yang ingin keluar dari ‘zona nyamannya’, bagi guru-guru yang ingin selalu berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran, maka di kesempatan ini saya membuat lagu parodi untuk guru-guru tersebut yang berjudul “Guru Tanggal Satu”. Untuk memudahkan didalam membawakan lagu ini saya menyusun liriknya disesuaikan dengan irama lagu grup Matta Band yang berjudul “Ketahuan”. Semoga bermanfaat!!!

Guru Tanggal Satu

Dari awal aku tak pernah
Mengubah cara ngajarku
Karena ku slalu menganggap
Inovasi itu tak perlu

Terakhir diriku ketemu
Metode yang paling jitu
Yang slalu membuat muridku
Tak jenuh ketemu aku

Saatku masuk kelas
Muridku terlihat jelas
Pengen gurunya berkualitas

Reff :
Wo..oo…
Ayo Kita maju
Biar jadi guru
Guru yang bermutu
Tapi gak belagu..u..

Ayo Kita maju
Kayak sosok guru
Guru tanggal satu
Yang girang selalu
Woo.ooo…

Untuk melihat cara menyanyikannya bisa dilihat di video berikut:

10 responses

  1. Alhamduillah, tak sengaja saya menemukan Blog yang sangat bagus. Salam kenal Pak, Taufik….

    1. Salam kenal juga pak jayadi! 🙂

  2. blog pak taufik sangat bagus, banyak hal yang saya pelajari. terima kasih sharingnya 🙂 salam kenal dari guru di Pontianak

    1. trima ksh bu nurita atas kunjungannya. senang skali dpt kenalan guru dari kalimantan. semoga sukses ya bu! 🙂

  3. Yudik Kristiono, S.Kom | Balas

    Luar biasa .. thank’s for sharing nya…smg bermanfaat n membawa banyak inspirasi bg dunia pendidikan & Guru2 yg ada di Indonesia.
    From Yudik SMAN 1 Gurah-Kediri-Jatim

    1. Trima kasih Pak Yudik atas apresiasinya dan trims juga telah mampir di blog sederhana ini! Salam Inovasi ! 🙂

  4. pak.. itu caranya biar bisa disisipi gambar gmana ya? saya blm bisa mainin timeline nya,,,
    cara biar nyisipin gambar di detik ke 20 dan 70 gmana pak?

  5. bisa minta nomor telp bapak? email juga pak

  6. RC Hidayat Sosilohadi | Balas

    Sangat bagus dan Luar biasa….. lanjutkan

  7. Keren …. Wah saya jadi pingin seperti pak Taufik, Jadi guru yang kreatif, bisakah bapak membuat semacam tutorial belajar jarak jauh agar kita-kita guru bisa melek TIK terutama yang berhubungan dengan pembuatan media pembelajaran, agar anak didik jadi tertarik untuk belajar.

Tinggalkan komentar