SYUTING INOVASI PEMBELAJARAN BERSAMA ANTV

Foto OPik Hilya IdrisPada akhir tahun 2013 ini menjadi keberkahan tersendiri bagi kami para guru di SMPN 14 Depok ketika berbagai kreasi dan inovasi pembelajaran berbasis ICT yang kami kembangkan di Devlas (Depok Empatbelas) mendapatkan sambutan yang positif dari berbagai pihak. Salah satu pihak yang memberikan respon positif itu adalah Pemda Depok dan TV Swasta macam ANTV. Pemda Depok yang kali ini datang diwakili oleh sang Wakil Walikota Depok Bpk. KH. M.Idris Abdul Shomad, Diskominfo Kota Depok dan Kru ANTV kedatangandalam rangka pengambilan gambar praktek inovasi pembelajaran berbasis ICT yang kami kembangkan sejak 2011 lalu yaitu pemanfaatan Media Layar Sentuh Murah di kelas. Sejalan dengan program unggulan Kota Depok yaitu Depok Cyber City, maka pemda Depok berupaya untuk mengumpulkan informasi yang sebanyak-banyaknya terkait prestasi dan inovasi terkait dunia teknologi yang telah dibuat para warga Depok.

Media layar sentuh yang relatif murah ini sebenarnya sudah sejak 2011 kami kembangkan di sekolah, dan telah difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kota Depok di awal 2012 lalu melalui pelatihan Low Cost IWB (Interactive Whiteboard) dan Microsoft Mouse Mischief bagi seluruh guru di SMP Negeri se-Kota Depok, bahkan di akhir pelatihan seluruh peserta diwajibkan untuk membuat media belajar berbasis layar sentuh untuk dilombakan di tingkat Kota Depok.

Saat di wawancara wartawan, sang Wakil Walikota Depok H. M. Idris Abdul Shomad menanggapi dengan bangga. Pihaknya akan mendukung sepenuhnya terkait penemuan teknologi tersebut. “Hal ini akan kami jaga dan beri penghargaan karena mampu membantu proses belajar mengajar. Ini merupakan salah satu penunjang program andalan Kota Depok yaitu Depok Cyber City,” ucapnya. Beliau menghimbau agar pengguna dapat mengaplikasikannya dengan mudah. Selain itu dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Pada kamis, 5 Desember 2013 siang sekitar pukul 11.00 mulailah pengambilan gambar dilakukan untuk merekam praktek inovasi pembelajaran berbasis ICT untuk mapel IPS. Praktek pembelajaran ini yang telah diujicobakan selama 2 tahun terakhir paling tidak untuk tiga mapel di sekolah kami yaitu mapel IPS, Pendidikan Agama Islam (Bpk. Ahmad Suja’i, S.Ag) dan mapel TIK (Bpk. Moh Kurniawan, S.Pd). Pada sesi perekaman pembelajaran tersebut ada bagian dimana Bpk. Wakil Walikota Depok ikut belajar bersama para siswa kami di kelas dan juga ikut mengerjakan soal interaktif sambil mempraktekkan Media Layar Sentuh yang telah kami siapkan sebelumnya.

Setelah sesi pengambilan gambar inovasi pembelajaran tersebut dilanjutkan dengan pengambilan gambar oleh ANTV untuk merekam persentasi aplikasi antivirus dari salah satu siswa berprestasi di Kota Depok yaitu Isfahani Ghiyath, Siswa Kelas 11 SMK Al-Muhajirin Depok yang telah berhasil membuat aplikasi antivirus dan telah memenangkan beberapa ajang lomba terkait program antivirus, bahkan terakhir ia telah berhasil menjadi pemenang dalam sebuah ajang lomba antivirus di Singapura beberapa waktu yang lalu.

Wakil Walikota mengatakan “Memang Kota Depok dalam pembangunan, difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia, karena Kota Depok tidak mempunyai  sumber daya alam.  Sebuah prestasi telah muncul dalam dunia pendidikan, muncul dari kreatifitas anak-anak, dan prestasi sebagai pelaku pembelajaran yaitu guru. Dalam pembangunan sumber daya manusia, kita jadikan sdm yang unggul, cerdas, kreatif, dan religius. Kita juga harus wujudkan pembangunan  sdm di berbagai bidang. SDM yang  unggul, cerdas, kreatif, dan religius berarti seseorang tidak hanya sekedar cerdas dalam sisi akademis tetapi juga  emosi, keterampilan, cerdas sosial, dan cerdas dalam agama. Misi tersebut mendukung misi pertama, Kota Depok yaitu pelayanan publik berbasis IT, ” tuturnya.

“Harapan kita sesuai dengan arahan kemendikbud agar dapat menerapkan kurikulum 2013. Mewujudkan para guru menjadi kreatif, dan kita harus mendorong terus, agar penerapan pengajaran IT semakin baik. Penerapan tersebut juga dimaksudkan agar dalam belajar disekolah dapat semakin menarik minat anak-anak dalam belajar. Itulah sebagian kalimat yang diungkapkan Bpk.Wakil Walikota Depok setelah sesi syuting berakhir.

Saya dan para guru tentunya berharap ini menjadi perhatian bagi seluruh insan pendidikan, khususnya di Kota Depok untuk ‘mempertanggungjawabkan’ program unggulan kota Depok sebagai Depok Cyber City. Dukungan, apresiasi serta program yang konsisten dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfo Kota Depok, bahkan juga dari Pemda Depok diharapkan terus muncul untuk mendorong pemanfaatan ICT dalam dunia pendidikan. Ini saya munculkan karena melihat perkembangan di kota-kota lain di Indonesia yang saya perhatikan begitu luar biasa perkembangannya agar Kota Depok tidak tertinggal dari daerah lainnya terkait ICT Literate.

Salam Inovasi dari Kota Belimbing Dewa-Dewi! :)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

7 responses

  1. mantap, terus berkarya dan berbagi pak 🙂

    1. Trims Papa Dzul, semoga kita tetap bisa berbagi dan memperoleh keberkahan, Amin! 🙂

  2. Salam kenal…pak …mohon ijin share…

    1. Salam kenal juga! trims telah mampir! 🙂

  3. trima ksih utk inspirasinya

    1. Iya sama-sama mas Sony…terima kasih atas apresiasi dan kunjungannya di blog ini! 🙂

  4. […] Salah satu momen menyenangkan bagi saya adalah ketika mendapatkan apresiasi dari Pemda Depok melalui Wakil Walikota Depoknya yaitu Bpk. H.Idris Abdul Shomad, MA yang datang ke sekolah saya dengan membawa kru TV Swasta ANTV untuk syuting Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK bersama saya dan siswa di kelas 9.1.  Liputan lengkapnya bisa baca disini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: