PAKPIKPOK BERBUAH UANG SEGEMPOK! (Juara 3 Lomba Inovasi Pembelajaran Nasional)

PoUangHalo apa kabarnya guraruers sekalian? Jumpa lagi dengan saya yang kali ini ingin berbagi pengalaman terkait keikutsertaan saya pada momen final Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional 2013 yang di selenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Direktorat Pembinaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.

Sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan adalah diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2013. Lomba ini merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran dalam pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran dalam rangka memecahkan berbagai masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu hasil belajar siswa. Melalui lomba ini karya-karya inovasi yang terpilih dapat menjadi rujukan bagi guru SMP untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Adapun secara khusus tujuan diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah:

1. memotivasi dan menginspirasi guru untuk melakukan praktik perbaikan pembelajaran;

2. membangun budaya belajar sepanjang hayat, kreatif, inovatif; dan

3. mempublikasikan dan mendesiminasikan pengalaman terbaik dari hasil inovasi pembelajaran guru.

Setelah menunggu beberapa bulan lamanya akhirnya terpanggillah 99 Nominator guru terpilih dari seluruh Indonesia dari kurang lebih 202 Kabupaten/Kota yang mengirim laporan hasil karya inovatifnya ke Kemdikbud untuk mengikuti Final yang berlangsung di Hotel Bellezza Suites, Arteri Permata Hijau, Jakarta Selatan. Media Pakpikpok Edu Games dan karya inovasi pembelajaran lainnya yang saya kirim, alhamdulillah termasuk yang dipanggil ke final.

Final tahun ini sangat menarik bagi seluruh guru nominator, hal ini dikarenakan Kemdikbud sangat mengapresiasi seluruh karya inovasi yang masuk final, yaitu dengan memberikan uang pembinaan sebesar 8,5 juta rupiah serta imbal prestasi berupa Laptop Toshiba. Disamping itu pula transport yang lumayan pun diterima seluruh nominator. Sedangkan dari 99 finalis tersebut akan dipilih 10 juara yangakan mendapatkan uang yang jumlah sangat besar berkisar dari 15 sampai dengan 35 juta per orang.

hadiahuang

Final berlangsung selama 5 hari dari tanggal 22 sampai dengan 26 Oktober 2013. Selama final berlangsung seluruh peserta harus menghadapi penilaian kedua setelah penilaian pertama yaitu penilaian laporan karya inovatif yang bobotnya 60%. Nah, di final tersebut ada dua tahap lagi yaitu penilaian tes tertulis berbobot 10% berisi tentang Kompetensi Paedagogik 50 soal dan Kompetensi Profesional 50 soal.  Tes tulis tersebut berlangsung di hari kedua, sedangkan tahap ketiga atau terakhir berbobot 30% berlangsung di hari ketiga dan keempat dimana para finalis mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya inovatifnya di hadapan 5 dewan juri yang terdiri dari kalangan akademisi profesional dan para pakar bidang pendidikan.

Bertemu dan bertukar informasi antar finalis yang merupakan para guru inovator terbaik se-Indonesia merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami para finalis apalagi, saya banyak menemukan banyak cerita pengalaman para guru di daerah yang begitu menginpirasi, semisal pengalaman finalis dari Bengkulu yaitu Bpk. Gandhi Harianto yang ternyata menjadi satu-satunya finalis dari bidang studi penjasorkesyang berhasil lolos ke final dan ini menjadi momen berharga bagi beliau yang mendapatkan respek dari hampir semua finalis karena sejujurnya kami sangat jarang melihat guru penjasorkes yang mau bersusah payah untuk melakukan inovasi pembelajaran. Pengalaman menarik lainnya juga saya dengar dari cerita para guru yang berasal dari daerah lainnya seperti kisah Pak Suryanto di Sorong, Papua, Pak Eka Purjiyanta dari Demak, Pak Trisno Widodo dari Kota Bogor, dan lain-lain menambah khazanah keilmuan yang sebelumnya sangat jarang saya temui di lingkungan kerja saya. Secara umum para finalis saya nilai sebagai para guru yang sangat peduli dengan citra profesinya terutama karya inovasi mereka yang benar-benar menginspirasi.

Sebenarnya, saya berangkat ke final tersebut dalam kondisi kurang fit baik secara fisik dan psikis. Hal ini disebabkan saya baru saja kehilangan sahabat dan rekan kerja saya di sekolah yaitu Pak Udi Sujana (Staf TU sekolah) yang wafat tepat di hari pembukaan final saat saya di Jakarta. Kesedihan yang mendalam saya rasakan saat pembukaan final berlangsung di aula pertemuan sebab saya tidak sempat ikut ke Sukabumi menyaksikan pemakaman rekan saya tersebut. Ini dikarenakan saya telah mendapatkan tugas dari Dinas Pendidikan Kota Depok dan Provinsi Jawa Barat untuk mewakili ikut final. Konsentrasi saya sempat terpecah karena sedih kehilangan rekan kerja diitambah lagi kondisi fisik saya yang menurun drastis setelah pekan-pekan yang sibuk di pekerjaan dinas sebelum final berlangsung.

Namun, karena mengingat untuk menjalankan tugas dari Disdik Kota Depok serta rasa ingin ‘menggembirakan’ pihak sekolah yang sedang berduka menjadikan energi tersendiri bagi saya untuk menampilkan yang terbaik. Alhamdulillah Allah SWT memberikan berkahnya dengan kepulihan bagi saya tepat di hari dimana saya harus berpresentasi dan tanya jawab bersama dewan juri yaitu hari Kamis 24 Oktober 2013. Saya menjadi peserta yang termasuk terakhir berpresentasi, ini dikarenakan kondisi saya yang kurang fit di hari sebelumnya.

Pada hari keempat, Jumat 25 Oktober 2013 sekitar pukul 10 WIB mulailah acara pengumuman dilaksanakan, sebenarnya saya pun sudah pasrah setelah kondisi saya yang kurang fit di final kali ini, bagi saya yang terpenting adalah menjalankan tugas dari Disdik Kota Depok telah saya upayakan yaitu menjalankan tahap Tes Tulis dan Tes Presentasi. Namun, alhamdulillah saat pengumuman dibacakan, hampir tidak percaya rasanya saat pengumuman berlangsung Karya Inovasi Pembelajaran saya berhasil masuk Top Ten (10 Terbaik) dan di sepuluh besar tersebut berada di peringkat 3 atau juara ketiga nasional.

Ada yang menarik jika melihat komposisi para juara di 10 terbaik, dimana guru-guru dari Jawa Tengah begitu mendominasi dengan menempatkan 6 gurunya di 10 besar, sedangkan Jawa Barat hanya 2, Jawa Timur 1 dan Kalimantan Selatan 1 guru. Nampaknya, saya harus belajar banyak dari budaya pendidikan yang telah tumbuh dan berkembang di Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Belezza35

Namun begitu, saya tetap bersyukur, karena dari awalnya coba-coba membuat Edu Games dengan Power Point dan inovasi pembelajaran lainnya ternyata mendapat apresiasi dari pemerintah dalam hal ini pihak Kemdikbud Pusat.

Yap! Pakpikpok berbuah uang segempok!

Terima kasih buat para siswaku yang telah mempraktekkan berbagai inovasi pembelajaran yang telah saya buat! Terima kasih juga buat rekan guraruers yang telah sempat mendokan saya!

Salam Inovasi! :)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

58 responses

  1. Selamat pak. Berkah luar biasa

      1. Klo mau syukuran undangannya ditunggu yak hihihihihi

  2. Pak selamat ya pak Taufik! 🙂
    Sekali lagi selamat! 🙂

    From: Ahmad wiradirga 9.5
    Kalo bisa tolong Follow blog saya ya pak! 😀

    ahmadwiradirga95.wordpress.com

    1. Trims ya Dirga! Yap segera ke TKP! 🙂

  3. baarokALLAH ya Pak, semoga saya mampu mengimitasi jejak Bapak, inspiratif sekali (y)

    1. Trima kasih atas apresiasinya dan trims juga telah berkunjung di blog ini! 🙂

  4. Selamat ya Pak Taufik.. Bapak hebat dan sungguh luar biasa. Terus berjuang untuk kemajuan dunia pendidikan..

    1. trims ya bu rosalina! mari maju bersama untuk dunia pendidikan 🙂

    1. Trims ya Bu Mugi, semoga sukses juga buat Mugi ya! 🙂

  5. keren sekali pak! selamat atas pencapaian bapak, saya bangga pernah diajar sama bapak.

    1. Trims ya Iyan! Semoga Ivan makin sukses! 🙂

  6. […] apresiasi dengan menjelaskan ulang kepada seluruh PNS yang hadir pada apel pagi itu tentang inovasi pembelajaran yang saya kembangkan setelah sesaat berdialog de ngan beliau. Termasuk beliau juga menjelaskan satu […]

  7. […] apresiasi dengan menjelaskan ulang kepada seluruh PNS yang hadir pada apel pagi itu tentang inovasi pembelajaran yang saya kembangkan setelah sesaat berdialog de ngan beliau. Termasuk beliau juga menjelaskan […]

  8. inspiratif bangettt pak 🙂

      1. pak kalau tulisan kita berupa penemuan media,bisa gak ya?

      2. Upyakan Inovasinya berupa Praktek Pemanfaatan Media-nya Pak Modi…. 🙂

  9. Better than never, well done, PK TOI, congrats ya. and full boarokah

    1. Trims ya Bu atas apresiasinya! 🙂

  10. […] Hai halo rekan-rekan gurarers sekalian berikut ini saya ingin mmberikan kabar gembira yang mungkin berguna terutama bagi guraruers yang mengajar di tingkat SMP. Ini ada info lengkap terkait dengan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional 2014 atau yang sering dikenal dengan Lomba INOBEL Guru SMP 2014. Hal ini saya sampaikan karena ajang ini menjadi begitu penting terutama bagi guru SMP untuk mengembangkan kompetensi keguruannya dan juga sekaligus menggali kemampuan berinovasi terkait pembelajaran serta tentunya terkait dengan Kurikulum 2013 yang saat ini sedang “Booming”. Kebetulan pula  beberapa bulan lalu saya pun sempat cukup beruntung bisa menjadi finalis dan alhamdulillah menjadi salah satu pemenang di Lomba Inobel 2013 pada bulan Oktober 2013 tersebut. Cerita lengkap pengalaman saya saat tampil di final lomba tersebut bisa rekan-rekan baca disini. […]

    1. saya ikut inobel tahun ini. tapi untuk mengetahui jadi finalis atau tidak dimana saya bisa kases pak? mhn diberi tau.apakah lewat web, dinas atau di hubungi langsung? menurutjadwal akhir agustus sudah seleksi tk. nasional tapi sampai hari ini saya blm tau adanya pengumuman itu. matur suwun.

      1. Kalo merujuk pengalaman saya tahun 2013 lalu, saya di telpon langsung oleh panitia dan juga dikirim email untuk tampil di final.

  11. Salam, Pak Taufik! Saya Reza Fahdina dari Kalimantan Selatan. Nominator tahun kemaren memang ngga boleh ikut lagi ya, Pak?

    1. IYa kalo gak salah kita harus nunggu 2 tahun dulu baru bisa ikut lagi. Ini juga dengar dari teman2 finalis yang lain.

  12. […] tersebut. Cerita lengkap pengalaman saya saat tampil di final lomba tersebut bisa rekan-rekan baca disini, sedangkan terkait dengan karya inovasi yang saya buat di tahun 2013 lalu bisa anda baca […]

  13. SELAMAT DAN SALUT PAK, MOHON DIKIRIM KE EMAIL SAYA CONTOH LAPORANNYA UNTUK DIPELAJARI. T.KASIH. DITUNGGU!

    1. JANGAN LUPA EMAIL SAYA, ZAIN6716@YAHOO.CO.ID

  14. Trima kasih Pak Zain atas apresiasi dan kunjungannya. Kalo boelh tau Pak Zain berkativitas dimana dan mengajar apa?

  15. Alhamdulillah…bagus banget. saya berniat mengirim inobel saya tahun ini. tolong, jika bapak berkenan mengirim ke email saya laporannya untuk contoh saya menyusun inobel .terimakasih sebalumnya.

    1. Terima kasih atas kunjungan dan apreasisnya Bu Siti! 🙂

  16. pak mo tanya, klu peserta yang karyanya tidak lolos seleksi diberi tahu atau tidak? terimakasihinfonya.

    1. Kalo pengalaman thn 2013 lalu kyknya yg dihubgi yang lolos ke final saja.

  17. maap pak, masih ingat waktu menghubungi tidak? jauh jauh hari atau dah mepet waktu pelaksanaan final?

  18. Kalo ga salah sekitar seminggu sebelum final….

  19. Senang… membaca pengalaman bapak, mohon diberi info ke email saya tentang alamat lomba tsb, dan contoh laporan serta media pakpikpok kalau diperkenankan, trimakasih

    1. maaf tadi ada kesalahan alamat email

    2. Trima kasih atas apresiasinya pak slamet! 🙂

  20. […] d). Saat menerima hadiah 31 Juta + laptop Juara Inovasi Pembelajaran Nasional 2013 di P2TK Kemdikbud. Kala itu dengan hanya mengeluarkan modal 150 ribu rupiah untuk membuat PAKPIKPOK Edu Game dengan Ms.Power Point. Liputan lengkapnya bisa baca disini. […]

  21. […] dulu tahun ini karena dua tahun lalu tepatnya di tahun 2013 cukup beruntung bisa menjadi salah satu pemenang di Lomba Inobel 2013.  Oleh karena itu, saya tergerak untuk memotivasi rekan-rekan guru SMP sekalian untuk mengikuti […]

  22. waahhhh keren. jadi ingin mencoba inobel tahun ini. selamat ya pak. blehkah saya minta contoh laporannya? masih belum paham cara menulisnya. apakah sama dengan PTK? kalau berkenan tolong kirim ke email saya agungsayang6@gmail.com. trims

  23. pak saya mau lihat contoh inabel bapak kalau bapak berkenan kirim ke email saya anitasilviadewi@gmail.com

  24. Bapak benar-benar inovatif, konsisten dalam bidang pendidikan,,,, saya menyampaikan apresiasi untuk karya bapak, jika tidak keberatan dengan kerendahan hati saya memohon bapak mengirimkan contoh naskahnya ke email nuridaliya@gmail.com saya ingin tahu lebih dalam tentang pakpikpok karya bapak, terima kasih sebelumnya

    1. Terima kasih sudah mengapresiasi karya saya… 🙂

  25. aslam pak, saya juga termasuk finalis lomba inobel 2013, tahun 2015 saya mengirim lagi naskah apakah sudah ada pemanggilan finalisnya pak? terima kasih atas infonya, salam

    1. Salam Ibu atau pak Kurnia? Saya juga mengirimkan naskah inobel tahun ini. Apa sudah ditelpon dari direktorat? Tanggal 6 Nop lalu saya ditelpon dan menanyakan ukuran baju. Tapi katax nanti akan dihubungi kembali lebih lanjut. Apa memang seperti itu? Soalx ini pengalaman pertama saya ikutan lomba inobel ..Trims

  26. Halo pak Taufik,
    Saya juga finalis tahun 2013.
    Stelah kembali saya diberi hadiah sbg kpala skolah dan bertugas membimbing guru di Soppenh.
    Alhamdulillah tahun lalu istri saya nyusul dan tahun ini 2 perwakilan Soppeng yg saya bimbing dipanggil juga. Saya juga sempat kirim tahun ini, malah nda lolos. Mungkin krn pesyaratan administrasi atau memang karyaku jelek. He3x
    Salam Jabat Erat.
    MUHAMMAD HUSNI
    Kab. SOPPENG SULSEL

    1. Subhanalloh…mantap pak husni…bisa menebar ilmunya buat tmn2 di Soppeng…Salam Jabat Erat jugaaa…. 🙂

  27. Terus berkarya, good luck

  28. Lilik muharian sari | Balas

    Pk, saya lili dari bengkulu saya juga seorang guru di salah satu SD di bengkulu dan saya tertarik utk mengikuti inobel ini bisa sharing pk tentang inobel terima kasih

  29. Lilik muharian sari | Balas

    PK SAYA MAU SHARING NIH TERIMA PERTEMANAN SAYA DI FB AN. MARSHA NAYLA

  30. muhammad Dahlan | Balas

    selamat pak atas karyanya. apakah ini beneran dikerjakan di microsoft power point pak?

    1. ya benar di power point

    2. Ya benar pa ..sy bikinnya di power point

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: