REWARD AND PUNISHMENT (BUAT PNS) ALA PEMKOT DEPOK

Foto Opik dan Nur MahmudiHalo..apa kabar Guraruers sekalian? Lama tak jumpa dan lama saya tidak menulis di web ini. Nah, kali ini saya hanya ingin berbagi info seputar penegakkan disiplin PNS di kota tempat saya mengabdi yaitu di Kota Depok. Pada beberapa tahun terakhir ini Pemerintah Kota Depok secara serius mencoba meningkatkan kedisiplinan para aparaturnya atau para Pegawai Negeri di lingkungan Kota Depok untuk menunjukkan kinerja yang optimal khususnya untuk melayani masyarakat dan juga untuk mendukung kemajuan Kota Depok itu sendiri.  Upaya penegakkan disiplin abdi negara tersebut dilakukan melalui penerapan Reward and Punishment yang dilakukan secara berimbang untuk mendorong peningkatan kualitas kerja para PNS. Punishment dilakukan terhadap oknum PNS yang bermasalah, sedangkan Reward diberikan kepada PNS yang dianggap mampu menunjukkan prestasi kerja sangat baik sekaligus mampu membawa nama baik Kota Depok diberbagai bidang kehidupan.


Melalui Kepala Bagian Disiplin Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Depok Ibu Dwi Rahma menyatakan bahwa ada enam PNS yang dikeluarkan secara tidak hormat atau dipecat sepanjang tahun 2013. Semua bentuk hukuman tidak langsung ditetapkan dalam aturan kepegawaian dimana tiap PNS yang bermasalah selalu diberikan kesempatan untuk dibimbing terlebih dahulu. Baik teguran, lisan, tertulis,bahkan pernyataan tidak puas dari atasan. Sesuai dengan aturan yang tertuang di PP No.53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, maka setiap hukuman harus ditakar levelnya. Adapun daftar kasus dan bentuk hukumannya dapat dilihat di tabel berikut:

Kasus

Bentuk Hukuman

Sakit Keras Pemberhentian dengan Hormat
Kesalahan Prosedur Disiplin Ringan
Penilaian Angka Kredit dan Kinerja Penundaan Gaji 1 Tahun
Penundaan Kenaikan Pangkat Penundaan Kenaikan Pangkat
Penipuan, Tidak Masuk Kerja Penurunan Pangkat 1 Tahun
Jarang Masuk Kerja Pemberhentian Tidak Hormat
Perselingkuhan Penurunan Pangkat 3 Tahun
Kasus Korupsi Pemberhentian Tidak Hormat
Terpidana Pemberhentian Sementara

Selain bentuk Punishment, Pemkot Depok juga berkesempatan memberikan apresiasi yang dirasa pantas dan layak bagi para PNS yang berprestasi melalui pemberian Piagam Penghargaan, SK Walikota Depok tentang Pemberian Penghargaan kepada PNS yang berprestasi pada Peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-42 Tingkat Kota Depok, serta Hadiah berupa Uang Pembinaan sesuai dengan tingkat prestasi PNS yang bersangkutan baik di level Kota, Provinsi , sampai ke Tingkat Nasional.

temuwalkot30

Pada awal tahun 2014 ini saya cukup beruntung bisa berdiri sejajar dengan beberapa PNS berprestasi lainnya termasuk beberapa Guru Berprestasi lainnya yang mendapatkan penghargaan dari Pemkot Depok melalui sebuah momen apel pagi tepatnya pada Selasa, 7 Januari 2014 bertempat di Lapangan Halaman Depan Balai Kota Depok. Pemberian penghargaan dilakukan langsung oleh sang Walikota Depok Bpk. H. Nur Mahmudi Isma’il di depan para pejabat Pemda Depok dan PNS lainnya yang ada di Kantor Balai Kota Depok.  Sambil memberikan penghargaan beliau sempat menanyakan tentang hal apa saja yan g telah kami lakukan selama menjalankan tugas PNS terutama terkait prestasi yang telah kami raih selama tahun 2013 yang lalu. BKD telah mempelajari beberapa pekan terakhir terkait prestasi yang kami raih selama 2013 dan lagi-lagi saya cukup beruntung manakala mendapatkan apresiasi dari BKD Depok setelah meraih tiga penghargaan sebagai Juara 3 Gupres Kota Depok Tkt SMP, Pemenang Jabar IT AWARD 2013 Tkt Prov.Jawa Barat, dan Juara 3 Nasional Lomba Inovasi Pembelajaran 2013 di Kemendikbud.

Media PAKPIKPOK Education Game yang pernah saya tulis di web guraru ini menjadi perbincangan hangat bahkan cukup ‘menggelikan’ bagi para PNS yang hadir di acara tersebut, termasuk saat sang Walikota menanyakan apa maksud dari PAKPIKPOK tersebut. Namun, buat saya ini adalah momen yang pas untuk memperkenalkan dunia inovasi pembelajaran berbasis TIK yang telah dikembangkan di sekolah kami beberapa tahun terakhir. Ternyata, alhamdulillah sang Walikota memberikan apresiasi dengan menjelaskan ulang kepada seluruh PNS yang hadir pada apel pagi itu tentang inovasi pembelajaran yang saya kembangkan setelah sesaat berdialog de ngan beliau. Termasuk beliau juga menjelaskan satu per satu prestasi yang dibuat oleh beberapa PNS berprestasi lainnya.

Adapun daftar lengkap PNS Berprestasi tersebut ada di tabel berikut:

Demikianlah info terkait penegakkan disiplin bagi para PNS yang ada di Kota Depok. Bagaimanakah dengan praktek pemberian reward and punishmnet  terhadap aparatur negara yang ada di kota rekan-rekan Guraruers sekalian? Salam Prestasi!

Iklan

3 responses

  1. buat pak nurmahmudi coba tengok keswasta terutama madrasah2. itukan cuma cassingnya saja.

  2. […] c). Saat bertemu Walikota Depok Bpk.Ir.Nur Mahmudi Ismail untuk menerima penghargaan sebagai Guru PNS Depok yang berprestasi di tkt. nasional di Januari 2014 lalu dan mendapat piagam penghargaan serta hadiah 5 Juta rupiah dari beliau. Liputan lengkapnya bisa baca disini. […]

  3. […] c). Saat bertemu Walikota Depok Bpk.Ir.Nur Mahmudi Ismail untuk menerima penghargaan sebagai Guru PNS Depok yang berprestasi di tkt. nasional di Januari 2014 lalu dan mendapat piagam penghargaan serta hadiah 5 Juta rupiah dari beliau. Liputan lengkapnya bisa baca disini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: