Gempita Depok Lewat DEPICTA 2014

Foto Depicta opikHalo apa kabar pengunjung blog sekalian dan juga rekan-rekan guru di seluruh Indonesia, ijinka saya yang kali ini hanya sekedar berbagi info seputar semangat ber ICT Literate di dunia pendidikan.

Subhanalloh dan Alhamdulillah….. sejak berjuang dan berupaya mulai tahun 2012 yang lalu melalui Komunitas Depok Cyber Community (DCC) yang berisi beberapa guru-guru di Depok, pejabat Disdik Depok serta peran pengusaha semisal Pak Rudi Malau-pemilik Giant Computer yang kesemua elemen tersebut begitu peduli terhadap kemajuan bagi dunia pendidikan terkait pemanfaatan ICT. Akhirnya terwujudlah mimpi Kota Depok untuk membuktikan salah satu programnya sebagai Depok Cyber City yaitu melalui event besar yang kami sebut dengan nama Depok ICT Award 2014 atau DEPICTA 2014 yang akan berlangsung pada 12 hingga 18 Mei 2014 di Margo City Depok.

Perjuangan Depok Cyber Community berawal dari sebuah kegiatan pelatihan di awal tahun 2012 sekitar Februari-Maret tentang Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Layar Sentuh (Low Cost Interactive Whiteboard) dan Microsoft Mouse Mischief bagi beberapa guru perwakilan dari seluruh smp negeri yang ada di Depok ( 18 SMPN) yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan TIK gratis di lantai paling atas di Depok Town Centre selama 6 bulan buat 1500 guru-guru di Depok yang berlangsung dari Juni hingga Desember 2012. Instruktur pelatihan tersebut diambil dari relawan para guru-guru yang memiliki mental “Mau Berbagi” sehingga memudahkan interaksi antara peserta pelatihan dengan para sang instruktur. Beberapa waktu kemudian di Tahun 2013 DCC melakukan terobosan lagi dengan mengadakan Gebyar TIK  2013 yang berisi beberapa event terkait pemanfaatan ICT di bidang pendidikan semisal Lomba e-Magazine antar SMA, Lomba Aplikasi Presentasi tentang profil kelurahan/kecamatan antar siswa SMP serta lomba rakit PC cepat antar siswa SMK se-Kota Depok.

Nahhh….sejak kegiatan tersebut Depok Cyber Community terus berupaya untuk mengembangkan sayapnya dengan berbagai terobosan yang coba dilakukan. “Guncangan” sempat mendera DCC ketika salah satu penasehat DCC, yaitu Bpk. Moh.Nurdin (Sekretaris Dinas Pendidikan Depok) secara tidak terduga meninggal dunia karena sakit dan meninggalkan kedukaan yang mendalam bagi kami para guru dan tentunya guru-guru yang terlibat di DCC.

Namun demikian, Allah SWT ternyata seperti mempunyai rencana lain dibalik kejadian tersebut, tidak lama berselang kami mendapatkan penasehat pengganti yang tidak kalah “mentereng” yaitu salah satu Wakil DPRD Kota Depok Bpk.Prihandoko, MIT yang juga seorang Dosen di Universitas Gunadarma Depok. Tidak sampai disitu ternyata dukungan mulai berdatangan juga lewat Dinas Kominfo Depok (Plt. Bpk. Fitriawan), PT.Telkom, para penggiat IT yang berisi anak-anak muda di Depok yang enerjik dan cukup mumpuni di bidang IT semisal Didi Diarsa, Coki Lubis, Prihantoosa, Wicak Hidayat, Fauzan, Febrian Shandy, dosen semisal Pak Rusmanto dan beberapa anak muda lain serta komunitas IT lain yang “ngeh” terhadap perkembangan IT di Depok.

IMG-20140512-WA0006

Lewat beberapa pertemuan yang intens baik yang dilakukan di kantor Kominfo Depok lantai 7 maupun di markas Code Margonda (sebuah startup & coworking) yang digawangi mas Didi Diarsa  dkk, maka lahirlah ide untuk mengembangkan kegiatan yang tahun 2013 lalu masih bernama Gebyar TIK 2013 maka tahun 2014 ini dikembangkan lagi menjadi Depok ICT Award 2014 atau disingkat DEPICTA 2014 dimana kegiatan utamanya berisi banyak agenda seperti Presentasi dan Seminar bidang IT baik dibidang  pendidikan maupun IT secara umum, lomba blog guru, Lomba blog antar kelurahan, lomba Inovasi IT, serta lomba seni antar SMA di Depok.

bukadepicta02IMG-20140512-WA0005Depok ICT Award 2014 ini diprakarsai Pemerintah Kota Depok bekerja sama dengan Depok Cyber Community, dan akan berlangsung selama 7 hari, sejak pembukaan, 12 Mei sampai dengan 18 Mei 2014. Bertempat di Margo City dan dibuka oleh Bapak Wakil Walikota Depok Bpk.KH. Moh. Idris Abdul Shomad dan dilanjut dengan Keynote Speech oleh Menteri Kominfo RI Bpk. Tifatul Sembiring.

Dalam sambutannya, Bpk Tifatul Sembiring mengapresiasi lomba dan penganugerahan karya teknologi informasi dan komunikasi tingkat Depok ini. Dirinya menegaskan, Kota Depok adalah kota pertama yang menggelar ICT Award tingkat daerah.

“Kita sudah ada INAICTA di tingkat nasional, yakni Indonesia ICT Award, dan pemenangnya direkomendasikan untuk ikuti APICTA , Asia Pacific ICT Award. Di tingkat daerah ini yang pertama, Depok ICT Award. Ini hebat,” ucap Tifatul. Sedangkan Bpk Idris Abd.Shomad mengatakan “Semoga rencana Depok Digital Valley yang diusung komunitas IT segera terwujud, yang nantinya menjadi ruang ekspresi ide komunitas sekaligus laboratorium penghasil karya-karya inovasi IT,”

Momen saat Pak Menteri Kominfo membuka acara dgn mengKlik tombol Gong Animasi yang telah kami persiapkan.

Momen saat Pak Menteri Kominfo membuka acara  dgn mengKlik tombol Gong Animasi yang telah kami persiapkan.

Foto Tampilan Gong Animasi sederhana yang kami buat dengan aplikasi presentasi karya Pak Subhan & Pak Taufik

Pembukaan berlangsung secara meriah, sempat diselingi oleh presentasi singkat dari Muh.Isfahani Siswa SMK Al Muhajirin Depok yang telah berhasil menemukan/menciptakan antivirus Spensav dan dilanjutkan dengan beberapa agenda berikutnya semisal pengumuman finalis lomba-lomba, dimana para finalis akan mempresentasikan karya-karya mereka pada hari-hari berikutnya di hadapan dewan juri untuk menentukan urutan juara yang insya Allah akan diumumkan hasilnya pada hari terakhir yaitu Minggu 18 Mei 2014. Tidak lupa pula bahwa saat pembukaan kemarin para komunitas IT sebagai salah satu elemen penting sekaligus penyelenggara kegiatan DEPICTA juga mulai meluncurkan istilah “Depok Digital Valley” yang merupakan ide pengembangan  Kota Depok dibidang ICT selanjutnya.

IMG-20140423-WA0012Kami berharap “geliat” Kota Depok dan gempitanya Kota Depok melalui DEPICTA 2014 ini bisa berimbas khususnya bagi warga Depok, para insan pendidikan, dan juga para guru untuk terus update terhadap kemajuan dunia ICT sekaligus sebagai wujud tanggung jawab Pemerintah Kota Depok yang memiliki program Depok Cyber City!

Info lengkap tentang kegiatan DEPICTA 2014 bisa rekan-rekan baca di www.depok-cyber.com.

Gempita Depok! Salam DEPICTA 2014!

Salam Kreasi-Inovasi-Motivas!

IMG-20140508-WA0004

Iklan

3 responses

  1. Wah luar biasa yah perjuangan pak Taufik, saya jadi iri kapan Bogor punya seperti itu….

    1. Insya Allah dengan perjuangan yang penuh keikhlasan dan semangat “Dahsyatnya The Law of Attraction” jika komunitas guru konsisten dan tentunya mendapat dukungan segenap pihak “sponsor perubahan yang tepat” maka Bogor pun akan melakukan hal yang sama bahkan lebih ke depannya. Amin! 🙂

  2. […] i). Saat berhasil mengadakan kegiatan Depok ICT Award 2014 (DEPICTA) bersama Komunitas Depok Cyber yang kami dirikan bersma guru-guru se-Depok dan dibuka oleh Menkominfo Bpk. Tifatul Sembiring saat itu. Kabarnya ini adalah kegiatan pemberian Award bidang ICT tingkat Kota pertama di Indonesia. Liputan lengkapnya bisa baca disini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: