Berbagi Ilmu & Belajar di ITB Bandung

Foto-Duo Devlas di ITBSetelah cukup sukses Tahun 2012 yang lalu di UPI Bandung dan Universitas Pakuan Bogor untuk berbagi ilmu terutama tentang berbagai kreasi & inovasi pembelajaran berbasis TIK, maka di bulan Juli 2013 lalu saya dan rekan saya yaitu Pak Moh.Kurniawan (Guru TIK Devlas) berkesempatan untuk berkolaborasi untuk berbagi info terkait pemanfaatan TIK di pembelajaran dalam sebuah momen Seminar Guru Inovatif ke-1 yang bertempat di Comlabs USDI ITB Bandung.

Awal ceritanya, suatu malam Pak Winastwan Gora yang menjadi pembentuk Grup GuruInovatif di facebook yang saya ikuti, menghubungi saya untuk berbagi info terkait Inovasi pembelajaran di Seminar Guru Inovatif yang beliau gagas. Melihat tekad Pak Gora yang menurut saya sangat brilian, maka tanpa pikir panjang saya langsung mengiyakan niat beliau dan akhirnya Sabtu tanggal 20 Juli 2013 yang lalu menjadi momen yang berharga bagi saya dan rekan saya untuk dapat mengunjungi salah satu kampus terbaik di negeri ini. Dan momen itu menjadi bertambah berharga bagi saya manakala saya malah bertemu dengan beberapa orang-orang muda yang kreatif, inovatif, bahkan responsif terhadap perkembangan dunia pendidikan yang berbasis TIK, semisal Mas Firman Apriyandi (Seorang Guru Inovatif dari SD di Cisolok Sukabumi), Pak Djadja Sardjana-Pojok Pendidikan beserta jajarannya yang terdiri dari para pemuda enerjik macam Asep Sufyan Tsauri, Muhammad Yusuf, Mbak Juwita, dan lain-lain. Tidak lupa disini saya juga bisa menyebutkan nama Pak Ananta yang juga rekan Pak Gora di Edukasi 101, dimana Pak Ananta ini cukup berpengalaman bekerja di Microsoft.

Seminar yang berlangsung mulai pukul 13.00 hingga 16.00 tersebut dihadiri oleh sekitar 50 an guru dari berbagai sekolah di Bandung dan sekitarnya serta dibuka dengan tayangan video tentang sosok Bu Een Sukaesih yang begitu mengharukan serta menginspirasi! Pak Djadja Sardjana “Sang Tokoh Pembebas Pendidikan” sekaligus Founder Komunitas Pojok Pendidikan mengawali acara setelah MC (Mbak Juwita) membuka acara, yang dilanjutkan dengan sambutan yang memotivasi dari pejabat setempat yaitu Kepala Diskominfo Prov.Jawa Barat yaitu Bpk. Dr. Dudi Sudradjat Abdurachim, MT.   Alhamdulillah, seminar berjalan lancar dengan kesempatan pertama diberikan kepada saya dan Pak Kurniawan selam kurang lebih selama satu jam kami berpresentasi dan mengajak para guru untuk merasakan sensasi bagaimana mengasyikkannya belajar dan mengajar dengan menggunakan PAKEMATIK (sebuah istilah yang dimunculkan oleh Pak Winastwan Gora dan Sunarto lewat buku Pakematik-2010).

Saya mengawali pertemuan dengan membawakan sebuah Nasyid “Rinduku” di momen yang bertajuk “Pesantren IT” tersebut untuk sekedar ‘berdakwah kecil-kecilan” seolah mengingatkan bahwa idola kita tetaplah Nabi Muhammad SAW. Berbagai slide yang berisi foto maupun video selama pembelajaran di devlas sempat saya tayangkan di depan para audience yang hadir saat itu. Momen yang  paling menyenangkan salah satunya manakala para audience berhasil saya ajak untuk bernyanyi, bertepuk tangan , serta ‘bergerak’ sesaat untuk membawakan theme song Pakpikpok setelah berpraktek dengan beberapa panitia tentang cara memainkan Edu Game  tersebut.

Kesempatan berikutnya dilanjutkan dengan presentasi menarik dari Pak Kurniawan dengan media layar sentuhnya yang memancing para peserta seminar menjadi semakin antusias mengikuti jalannya seminar. Beberapa guru mencoba untuk merasakan langsung sensasi belajar dengan menggunakan media layar sentuh yang beberapa tahun terakhir telah kami gunakan di Devlas.

Presentasi yang terakhir dibawakan dengan juga sangat menarik oleh Pak Firman Apriyandi dengan penjelasan pengalamannya tentang cara mempraktekkan Problem Based Learning (PBL) dan juga Microsoft Mouse Mischief dimana peserta diajak untuk berinteraksi dengan media pembelajaran yang ada di layar slide power point yang telah beliau susun sedemikian rupa sehingga membuat para peserta seminar semakin sumringah mengikuti kegiatan yang merupakan penutup bagi rangkaian kegiatan Pesantren IT di ITB Bandung tersebut.

Terima kasih buat Pak Winastwan Gora (Edukasi 101), Pak Djadja Sardjana (Pojok Pendidikan), Microsoft Partners In Learning, dan Comlabs USDI ITB Bandung.

Semoga kegiatan Temu Guru Inovatif berikutnya yang Pak Gora dkk niatkan bisa berjalan lancar dan terus menebarkan semangat berinovasi buat seluruh guru-guru di Indonesia. Amin!!!

Salam Inovasi!

Artikel terkait bisa anda baca di: http://winastwangora.com/2013/07/31/temu-guru-inovatif-1-ajang-berbagi-praktik-terbaik-pemanfaatan-tik-dalam-pembelajaran/#more-1021

Berikut ini sebagian momen yang berhasil di abadikan!

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sedangkan beberapa videonya yang dibuat oleh Pak Djadja Sardjana dkk Pojok Pendidikan, bisa anda saksikan di bawah ini:

1. Video saat saya membuka presentasi dengan sebuah Nasyid “Rinduku”

 

2. Video Dokumentasi Pesantren IT dan Seminar Guru Inovatif

 

3. Video saat saya dan Mas Firman Apriyandi berpresentasi

Iklan

7 responses

  1. Waah,,, Kapan-kapan main lagi ke Kampus saya Pak.

    1. Yap ..Insya Allah kapan-kapan semoga bisa mampir lagi, Amin! 🙂

  2. […] video yang kedua tentang Rinduku ini sempat saya bawakan untuk mengisi Seminar Guru Inovatif di ITB Bandung pada bulan Juli 2013 yang lalu saat kegiatan Pesantren IT di Bulan Ramadhan […]

  3. […] mengisi Seminar Guru Inovatif di ITB Bandung […]

  4. […] b). Saat presentasi Inovasi Pembelajaran berbasis TIk di Seminar Guru Inovatif di ITB Bandung 2013. Liputan lengkapnya bisa baca disini. […]

  5. […] b). Saat presentasi Inovasi Pembelajaran berbasis TIk di Seminar Guru Inovatif di ITB Bandung 2013. Liputan lengkapnya bisa baca disini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: