Evaluasi Asyik Dengan TIK 2 (BDS Edu Game)

Foto BDSSetelah di episode sebelumnya saya telah memperkenalkan model evaluasi pembelajaran interaktif dengan Pakpikpok Edu Game, maka kali ini saya akan memperkenalkan sebuah Model Evaluasi Pembelajaran Interaktif lagi yang telah disusun sekaligus telah dipraktekkan di kelas 7 terutama kelas 7.3 dan 7.4 untuk mengkondisikan para siswa belajar dengan metode Cooperative Learning. Tidaklah jauh berbeda dengan tujuan pemanfaatan Pakpikpok Edu Game, maka BDS Edu Game ini begitulah nama Model Evaluasi Pembelajaran ini dinamakan, juga bertujuan untuk mengecek kembali sejauh mana para siswa telah menguasai suatu materi pelajaran yang telah guru sampaikan di pertemuan sebelumnya. Hanya saja pelaksanaan evaluasinya dikreasikan sedemikian rupa dengan memanfaatkan TIK khususnya Media Tayang Bermakna semisal Ms.Power Point. Selain itu pula dengan prinsip-prinsip yang telah ada di Metode Quantum Learning yang antara lain mengedepankan Orkestrasi Pembelajaran dengan segala media pendukungnya semisal Gambar atau simbol, warna, suara musik, sound effect, timer, pembuatan theme song, menjadikan media evaluasi ini menjadi begitu melayani kesukaan otak para siswa.

Foto Slide Board BDS Edu GameAdapun kepanjangan dari kata BDS Edu Game adalah Berpacu Dalam Soal Education Game, ide pembuatannya saya dapatkan ketika beberapa waktu yang lalu sempat ‘googling’ di internet dan mendapatkan secara gratis beberapa media slide Edu Game yang bisa kita manfaatkan dan sekaligus kita kreasikan lebih lanjut untuk membuat media evaluasi pembelajaran yang interaktif sifatnya. Alamat tempat mendapatkan file-file tersebut bisa anda lihat di www.uncw.edu/EdGames, sebuah situs yang banyak menyediakan media pembelajaran berbasis TIK. Hanya saja kita mesti kreatif jika kita ingin menyusun sebuah media belajar bagi siswa, sebab jika kita mengunduhnya yang kita dapatkan hanyalah beberapa slide pembuka saja seperti yang saya gunakan di BDS Edu Game ini dimana saya hanya mendapatkan sekitar dua slide untuk menggunakan slide yang sudah jadi seperti slide Balapan Kuda, sehingga saya harus mengkreasikannya lebih lanjut untuk menambahkan banyak slide lagi seperti puluhan slide yang berisi soal lengkap dengan timernya serta tombol-tombol pemicu yang sudah dibubuhi hyperlink untuk me-link ke slide lain yang dituju. Nah…untuk membuat slide-slide tambahan tentunya kita harus memiliki beberapa keterampilan terutama dalam menguasai aplikasi Ms.Power Point selain itu juga ditambah lagi dengan ide pembuatan aturan main yang mengkondisikan para siswa untuk seluruhnya aktif dalam pembelajaran tanpa terkecuali.

Terkait dengan kata Cooperative Learning yang telah disebut sebelumnya, seperti halnya di Pakpikpok Edu Game, maka BDS Edu Game ini pun juga berupaya untuk memasukkan unsur-unsur pembelajaran kooperatif, unsur-unsur tersebut antara lain:
1. Saling ketergantungan positif,
2. Tanggung jawab perseorangan,
3. Tatap Muka,
4. Komunikasi antar anggota,
5. Evaluasi proses kelompok.

Sedangkan pengelolaan kelasnya juga memiliki unsur-unsur sebagai berikut, seperti:
1. Pengelompokkan siswanya dilakukan secara heterogen bukan homogen, hal ini didasarkan pada prinsip bahwa kelas adalah miniatur masyarakat. Jadi, proses pembentukkan kelompoknya mirip seperti pada Metode Number Heads Together, dimana para siswa yang ada dalam sebuah kelompok memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki kodenya sendiri,
2. Semangat gotong royong,
3. Penataan ruang kelas, yang mengkondisikan kemudahan bagi siswa untuk bermobilitas.

Adapun Model Evaluasi Pembelajaran Interaktif ini disusun dengan tujuan untuk:
1. Mengukur sejauh mana para siswa telah memahami materi pelajaran yang telah dibahas sebelumnya,
2. Mengkondisikan para siswa untuk bekerja sama dalam sebuah tim,
3. Menciptakan persaingan yang sehat antar siswa dalam sebuah kompetisi menjawab tantangan yang ditayangkan lewat slide LCD Proyektor,
4. Memberikan ruang kepada para siswa untuk aktif dan kreatif, bertanggung jawab, serta berpkir cepat dalam mengambil keputusan,
5. Membiasakan para siswa untuk bekerja satu tim dengan siswa yang heterogen kemampuan akademisnya, sehingga diharapkan ada distribusi ilmu di dalamnya,
6. Mengkondisikan seluruh siswa yang biasanya kurang aktif untuk selalu siap untuk tampil, berbicara, maupun lebih pro aktif dari biasanya di kelas,
7. Memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh siswa untuk menunjukkan kemampuannya sekaligus sebagai sarana untuk mengembangkan rasa percaya diri,
8. Mengajak para siswa untuk keluar dari “Zona Nyamannya” selama ini yang belajar dengan keadaan yang biasa-biasa saja,
9. Pemanfaatan TIK secara optimal untuk mewujudkan PAKEM yang bernuansa TIK.

Alat, Perlengkapan dan Aplikasi

Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain:
1. Dadu sejumlah satu buah,
2. Kartu Kode per Siswa ( berkode 1 s.d 7),
3. Lembaran kertas berisi Kartu Skor tiap kelompok,
4. Slide Board BDS Edu Game (Ms.Power point 2007 atau 2010)

Alat yang digunakan antara lain:
1. Laptop dan Mousenya,
2. Speaker aktif,
3. LCD Proyektor,
4. Kabel gulung,

Cara dan Aturan Bermain
1. Permainan dilakukan oleh semua siswa dalam sebuah kelas yang dibagi menjadi 6 kelompok dengan jumlah anggota kelompok masing-masing terdiri dari 6-7 siswa.
2. Setiap kelompok memiliki kode anggotanya masing-masing, misalnya: Kelompok Merah dengan ketuanya berkode M1, sedangkan anak buahnya M2, M3, dst. Begitu pula dengan kelompok lainnya yang kesemuanya menggunakan warna sebagai nama kelompok.
3. Permainan ini sekilas mirip dengan olahraga Balap Kuda. Namun, sesungguhnya gambar slide berisi Balapan Kuda tsb hanya untuk mengkondisikan ‘Balapan Pengetahuan’ dari para kelompok siswa, dimana tiap kelompok harus melalui 7 level sebelum mencapai garis finish dan tiap level memiliki perintah yang berbeda-beda.
4. Setiap kelompok memiliki satu simbol Kuda berwarna sebagai wakil mereka di Slide Board BDS Edu Game pada Power Point.
5. Simbol Kuda Warna yang mereka miliki menjadi ”Kuda Pacu” bagi setiap kelompok untuk berlomba dengan Kelompok lainnya mulai dari Kotak START hingga FINISH.
6. Jumlah Level yang harus mereka lalui sejumlah 7 level yang masing-masing level memiliki perintah yang berbeda-beda, dimana setiap perintah tersebut harus dilakukan oleh setiap anggota kelompok.
7. Setiap siswa yang terkena giliran menjawab soal, untuk level 1-4 boleh menjawab dengan dibantu rekan 1 tim, namun mulai level 5–7 harus dijawab sendiri tanpa bantuan rekan 1 tim.
8. Adapun Simbol Kudanya ada enam jenis warna, yaitu Merah, Hijau, Biru, Ungu, Kuning dan Orange.
9. Untuk memulai permainan, guru selalu mengundi kelompok mana dulu yang harus menjawab soal dari setiap level dengan memakai dadu, mulai dari level 1s.d level 7. Siswa anggota kelompok mana yang harus menjawab pun juga selalu diundi oleh guru dengan kartu kecil terdiri dari kartu bernomor 1 s.d 7.
10. Pada setiap level memiliki perintah yang berbeda-beda, yaitu:
Level 1 Soal Essay, Pointnya 40
Level 2 Soal PG 6 option, Pointnya 35
Level 3 Membuat Soal dari Jawaban yang telah ada, Pointnya 30
Level 4 Tebak Gambar, Pointnya 25
Level 5 Isian Singkat, Pointnya 20
Level 6 PG 4 option, Pointnya 15
Level 7 Benar-Salah, Pointnya 10
11. Jika tiap level tidak mampu dijawab, maka dilempar ke kelompok urutan setelahnya. Jadi, hanya sekali lemparan. Sedangkan kelompok yang gagal menjawab tadi ‘Kudanya’ tidak bisa maju selangkah. Untuk level 7 tidak ada lemparan.
12. Permainan akan dianggap selesai jika seluruh soal pada ke-7 level sudah dibuka semua.
13. Kelompok pertama yang berhasil mencapai finish mendapat point 40, finish kedua 30, finish ketiga 20.
14. Kelompok yang menjadi pemenang ditentukan melalui total perolehan skor dari menjawab soal/perintah plus skor hasil pencapaian finish.
15. Kelompok yang mendapatkan skor tertinggi akan menjadi pemenang 1, 2 dan 3.
16. Aturan main lainnya yang belum sempat diketik, akan disampaikan guru secara langsung di kelas saat praktek.

Adapun Theme Song yang khusus saya buat liriknya disesuaikan dengan konten dari BDS Edu Game ini yang mengandung unsur ‘balapan atau maju ke depan’, maka lahirlah sebuah lagu yang saya beri judul “Juara Move On”. Alasan pemilihan judul tersebut untuk mengikuti tren saat ini dimana para kawula muda sering menggunakan kata “Move On” yang berarti bangkit setelah patah hati. Padahal kata Move On ini memiliki arti yang lebih luas lagi yaitu Move to Forward yang bisa berarti Maju ke Depan atau Bangkit menuju perbaikan di tingkat lanjut. Nah…inilah mengapa sebabnya saya meluncurkan BDS Edu Game ini di momen Hari Kebangkitan Nasional 2013. Rincian lebih lanjut dari lirik lagunya adalah seperti pada gambar berikut:
Lirik lagu Juara Move On (BDS Song)

Sedangkan Video cara membawakan lagu Theme Song BDS Edu Game yang berjudul “Juara Move On” dapat dilihat pada video berikut:

Salah satu keterampilan yang diperlukan bagi pembuatan Tombol Hyperlink bisa dilihat pada video berikut:

Adapun Foto-foto pendukung saya lampirkan sebagai berikut:

Foto Perlengkapan BDSFoto Level SoalKelompok BDS 7.3-Kode

Iklan

11 responses

  1. […] gaya Education Game dengan memanfaatkan TIK sebagai medianya, semisal Pakpikpok Edu Game dan BDS Edu Game. Dari hasil pelaksanaannya di beberapa kelas terlihat manfaat yang cukup besar bagi munculnya rasa […]

  2. Pak Taufik, saya pertama kali masuk ke rumah (blog) Pak Taufik ini. Itupun setelah ikut (ingin belajar) bergabung di blog Guraru.Biar agak terlambat, tapi internet telah membuat saya kembali ingin memulai belajar. Ternyata Pak Taufik adalah guru yang wajib ditiru dan dijadikan tempat belajar. Boleh terus berkomunikasi (belajar) dengan Pak Taufik kan? Saya ingin belajar terus agar mengerti betapa hebatnya para guru di Tanah Air ini untuk tempat belajar. Saya ingin memiliki blog bagus seperti yang Pak Tufik miliki ini. Salam kenal: M. Rasyid Nur (mrasyidnur@yahoo.co.id)

    1. Trims Mas Rasyid telah mampir di web yang masih terus berbenah ini. Insya Allah kita tetap saling belajar ya! 🙂

  3. roni sohibul anwar | Balas

    Ass,….Pk taufik? salam inovasi, mau tanya nih pk dan mohon infonya?klo media pembelajaran yg Bpk buat,saya pernah lihat d COMLABS ITB, klo kita mau nyuruh anak ga perlu d tunjuk tapi langsung d acak & d pilih langsung oleh aplikasinya, klo itu menggunakan aplikasi/software apa Pk taufik?

    1. Wlekum Salam Pak Roni! Ya aplikasi yang dapat kita gunakan software yg kmrn itu saya tampilkan di Comlabs yaitu SMARTNOTEBOOK 10.7 (Saat ini yang terbaru sudah versi 11 kyknya!). Bisa didonlot trialnya (30 hari) di http://smarttech.com/software. Ukuran filenya cukup besar sekitar 375 mb. Jika sulit utk mendonlotnya bisa hubungi Pak Djadja Sardjana di Comlabs krn filenya sdh saya kopikan ke beliau.

      Keterangan tambahan: Didalam Smart Notebook 10.7 tsb sangat banyak fasilitas pembelajaran yang “Wah” termasuk utk memanggil siswa scr otomotasis tsb.

      Semoga lancar inovasinya! 🙂

  4. Gak sabar mau ngerasain sensasinya pak 😀

  5. assalamualaikum pak .. pak mau tanya kalo cara menggerakan kudanya editnya kaya gimana
    waasss

  6. […] Di beberapa momen pembelajaran, saya sering mengajak siswa untuk bernyanyi bersama baik itu di awal maupun sebelum menutup pembelajaran. Lagu yang mengiringi kami bernyanyi saya buat liriknya sendiri dengan mengambil suara musik dari lagu yang sudah ada sebelumnya, jadi semacam lagu parodi yang semua lirik lagu yang saya buat diperuntukkan bagi penumbuh semangat belajar siswa di kelas. Salah satu kisah lengkapnya bisa baca disini dan disini. […]

  7. […] Di beberapa momen pembelajaran, saya sering mengajak siswa untuk bernyanyi bersama baik itu di awal maupun sebelum menutup pembelajaran. Lagu yang mengiringi kami bernyanyi saya buat liriknya sendiri dengan mengambil suara musik dari lagu yang sudah ada sebelumnya, jadi semacam lagu parodi yang semua lirik lagu yang saya buat diperuntukkan bagi penumbuh semangat belajar siswa di kelas. Salah satu kisah lengkapnya bisa baca disini dan disini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: