Kala Siswa “Melebihi” Gurunya

Foto Feby DK di 7.4Sebuah kebanggaan tentunya jika kita sebagai guru melihat keberhasilan para siswanya. Bahwa pembelajaran di kelas bukan sekedar transfer ilmu melainkan juga membekali para siswa untuk memiliki lifeskills semisal keterampilan membuat media presentasi dan berani untuk tampil di depan. Apalagi di era teknologi seperti sekarang ini, dimana siswa kita disuguhi beragam aplikasi yang kesemuanya bisa mereka dapatkan bahkan bisa mereka pelajari secara gratis di dunia maya. Hal inilah yang saya alami belakangan sejak sembilan tahun yang lalu menginjakkan kaki di sebuah sekolah di pinggiran Kota Depok, yaitu SMP Negeri 14 Depok atau yang sering disebut oleh para siswa kami dengan sebutan Devlas. Sejak mengenal ICT atau TIK dari rekan saya sesama guru di sekolah tersebut semangat saya terlecut untuk semaksimal mungkin untuk memanfaatkan segala kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi komputer terutama untuk mengajak siswa saya ā€œKeluar dari Zona Nyamanā€. Caranya? Yaa…melalui kreasi dan inovasi berbagai media pembelajaran dengan memanfaatkan ICT.

Sekolah kami kebetulan bukanlah sekolah favorit di Kota Depok, apalagi input siswa kami tidak sebagus SMP lain yang berlabel SSN atau RSBI. Bahkan, sekolah kami masih saja berstatus RSSN sejauh ini. Namun demikian, kami tetap terus berusaha untuk mengā€™updateā€™ dunia ICT di bidang pembelajaran terutama lewat dunia maya, internet! Posisi sekolah kami yang cukup ā€œterpencilā€ dari hingar bingar jalan raya menambah ā€œketerpencilanā€ sekolah kami dari jangkauan masyarakat Kota Depok. Namun, sekali lagi ini tidak menciutkan nyali kami untuk terus mengikuti perkembangan.

Setelah mengembangkan Inovasi Pembelajaran berbasis ICT di tahun 2009 sampai sekarang, sudah beberapa kreasi yang coba kami kembangkan, antara lain, Media Kuis Interaktif dengan Power Point, Media Presentasi Pembelajaran dengan Autoplay Media Studio, Media Layar Sentuh (berbiaya murah), dan belakangan saya coba perkenalkan kepada para guru dan beberapa siswa untuk mengenal aplikasi untuk menyusun Media Pembelajaran Interaktif dengan memanfaatkan Lectora Inspire.

Dahsyatnya, baru beberapa hari saya perkenalkan ke beberapa pihak di sekolah kami, ada salah satu siswa saya yang secara mengejutkan mampu ā€œmenerjemahkanā€ ilmu yang saya berikan, yaitu Feby Dwi Kurnia (Kelas IX.2) yang ternyata dalam sekejap mampu untuk membuat sebuah media presentasi dengan memanfaatkan Lectora, digabung dengan Media Layar Sentuh yang saya kembangkan beberapa tahun terakhir di Kota Depok. Hebatnya lagi, siswa ini mampu berperesentasi layaknya seorang guru kepada para siswa di kelas, bahkan Feby mampu menggarap sendiri video hasil persentasinya dengan sangat baik sehingga cukup informatif bagi para ā€Viewernyaā€ di youtube.

Kebetulan, siswa ini sedang mendapatkan kesempatan langka dari sebuah web e-learning gratisan yang berpusat di ā€œKota Gudegā€ Yogyakarta yaitu Geschool. Sebuah media belajar online asli buatan anak negeri ini, yang nampaknya lebih ā€œPowerfullā€ dibanding facebook yang sejauh ini kurang mampu dimaksimalkan oleh para pelajar di Indonesia. http://www.geschool.net,Ā GCMĀ ednovationĀ school,Ā adalah website jejaring sosial yang berbasis edukasi. Geschool menyediakan fitur pertemanan dengan menggabungkan kemampuan berbagai jejaring sosial lainnya sehingga layak untuk menjadi media sosial baikĀ pelajar,Ā guru,Ā alumni,Ā orang tuaĀ dan masyarakat umum. Keutamaannya adalah tersedianya pembelajaran online yang lengkap danĀ GRATISĀ (Gebook,Ā Getop,Ā GetrolĀ danĀ Getube) yang dapat diakses oleh pengguna kapan saja dimana saja seiring aktivitas sosialnya. Secara khusus,Ā www.geschool.netĀ juga membangunkomunitas sekolahĀ baik dalam lingkup akademis maupun interaksi sosialnya. DanĀ www.geschool.netsiap menjadi jejaring sosial yang digunakan seluruh lapisan masyarkat, dan menjadiĀ one stop studying website for Indonesians students.

Kesempatan yang Feby Dwi Kurnia dapatkan adalah tawaran dari pengelola geschool untuk naik pangkat ke tingkat ā€œMagisterā€ sebuah level yang cukup wah di web tersebut (dua tingkat di bawah professor). Salah satu yang cukup berat adalah siswa ini diwajibkan untuk membuat media presentasi di depan siswa lainnya di sekolah yang mengangkat keunggulan e-learning geschool. Ternyata, tantangan itu mampu dijawab oleh siswa ini dengan cukup meyakinkan!

Rasa iri sekaligus bangga bercampur baur di hati saya selaku gurunya dan juga nampak di wajah adik kelas yang menjadi audience di presentasi Feby Dwi Kurnia. Harapan menyembul di hati sanubari saya yang berharap banyak siswa di Indonesia dengan segala keterbatasannya untuk tidak menyerah dengan kurangnya fasilitas. Semangat untuk terus belajar idealnya dimiliki oleh para siswa dan kita tentunya sebagai guru di Indonesia agar kita tidak ā€œdilewatiā€ oleh siswa kita sendiri. Sebuah kebanggaan sekaligus ā€œWarningā€ bagi kita sebagai guru!

Video saat Feby Dwi Kurnia berpresentasi layaknya seorang guru bisa disaksikan dibawah ini!

Maju terus siswa dan guru di Indonesia!!!

Salam Inovasi Pembelajaran!

Ini adalah gambar saat proses persiapan dan saat penampilan Feby Dwi Kurnia ‘menuju’ Magister di geschool.

Lumix11April 1327 Lumix11April 1329 Lumix11April 1334 Lumix11April 1335 Lumix11April 1336Lumix FEby 7.430 Lumix FEby 7.431 Lumix FEby 7.434 Lumix FEby 7.436 Lumix FEby 7.439 Lumix FEby 7.440 Lumix FEby 7.446

10 responses

  1. Wah mantap Pak Taufik, salam sukses untuk Feby

    1. Wahhh…Pak Heru! Apa kabar nih? Trims ya telah mampir lagi! šŸ™‚

    2. Ditunggu Geschooler dari NF Kota Depok

  2. Semoga banyak yang mengikuti jejak Feby dalam hal ketahanmalangan dalam meraih prestasi serta gemar ber-TIK baik siswa, terutama guru untuk terus upgrade tahunya dan bisanya

  3. […] satu siswa kami, Feby Dwi Kurnia telah berhasil menjadi Magister pertama di Indonesia, sebuah bentuk pangkat yang cukup tinggi yang […]

  4. […] karena saya kesulitan mencari link artikel tersebut di guraru ini maka saya kasih linknya disini saja. Nahh….kali ini saya akan membahas seputar bagaimana kondisi saat ini me nunjukkan bahwa […]

  5. […] karena saya kesulitan mencari link artikel tersebut di guraru ini maka saya kasih linknyaĀ disiniĀ saja. Nahhā€¦.kali ini saya akan membahas seputar bagaimana kondisi saat ini me nunjukkan bahwa […]

  6. […] Dahsyatnya, baru beberapa hari saya perkenalkan ke beberapa pihak di sekolah kami, ada salah satu siswa saya yang secara mengejutkan mampu ā€œmenerjemahkanā€ ilmu yang saya berikan, yaitu Feby Dwi Kurnia (Kelas IX.2) yang ternyata dalam sekejap mampu untuk membuat sebuah media presentasi dengan memanfaatkan Lectora, digabung dengan Media Layar Sentuh yang saya kembangkan beberapa tahun terakhir di Kota Depok. Hebatnya lagi, siswa ini mampu berperesentasi layaknya seorang guru kepada para siswa di kelas, bahkan Feby mampu menggarap sendiri video hasil persentasinya dengan sangat baik sehingga cukup informatif bagi para ā€Viewernyaā€ di youtube. Kisah lengkapnya bisa baca disini. […]

  7. […] Dahsyatnya, baru beberapa hari saya perkenalkan ke beberapa pihak di sekolah kami, ada salah satu siswa saya yang secara mengejutkan mampu ā€œmenerjemahkanā€ ilmu yang saya berikan, yaitu Feby Dwi Kurnia (Kelas IX.2) yang ternyata dalam sekejap mampu untuk membuat sebuah media presentasi dengan memanfaatkan Lectora, digabung dengan Media Layar Sentuh yang saya kembangkan beberapa tahun terakhir di Kota Depok. Hebatnya lagi, siswa ini mampu berperesentasi layaknya seorang guru kepada para siswa di kelas, bahkan Feby mampu menggarap sendiri video hasil persentasinya dengan sangat baik sehingga cukup informatif bagi para ā€Viewernyaā€ di youtube. Kisah lengkapnya bisa bacadisini. […]

  8. Maaf pak , bagaimana cara mendapatkan buku lectora dan sofware yang bisa digunakan terus (tidak crac) . Saya butuh buat media skripsi saya pak . Mohon bantuanya

Tinggalkan komentar